WordPress Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Featured image WordPress adalah

Kalau ingin membuat website dengan mudah, WordPress adalah platform yang paling direkomendasikan.

Kenapa begitu? Platform ini ramah pengguna sehingga cocok bagi pemula. Belum lagi, banyak fitur canggih untuk membuat website terbaik yang Anda inginkan.

Nah, di artikel ini, kami mengajak Anda untuk mengenali apa itu WordPress, manfaatnya, dan website apa saja yang bisa dibuat menggunakannya.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sebuah content management system (CMS). Dengan platform ini, Anda bisa membuat website tanpa perlu melakukan pemrograman sendiri.

Itulah kenapa WordPress sangat cocok digunakan oleh pengguna pemula yang awam tentang hal teknis.

Namun, jangan salah pilih ya. Pada penggunaannya, ada dua jenis WordPress untuk kebutuhan yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com adalah layanan untuk membuat website dengan platform WordPress. Anda cukup membuat akun di layanan tersebut. Setelah itu website sudah siap online dengan hosting dan domain yang disediakan.

Anda bisa memilih versi gratis atau berbayar di WordPress.com.

Sedangkan, WordPress.org adalah website yang menyediakan platform WordPress secara gratis. Setelah mendownload WordPress, Anda bisa membeli layanan hosting dan domain, lalu memulai instalasi platform tersebut.

Lalu, apakah dua versi WordPress tersebut membedakan jenis website yang Anda bangun? Tentu tidak.

Yuk, simak jawaban lengkapnya di bawah ini.

WordPress Cocok Digunakan untuk Website Apa Saja?

WordPress adalah CMS yang bisa digunakan untuk beragam jenis website, termasuk:

1. Blog

Membangun sebuah blog adalah hal mudah jika Anda menggunakan WordPress. Sebab, platform itu menawarkan fitur-fitur bawaan yang cocok untuk blog, seperti pengelompokkan jenis posting, halaman editor konten yang simpel, dan kolom komentar.

Ingin menambahkan fitur di WordPress? Bisa, dan caranya sangat mudah.

Misalkan ingin memasang tombol share ke media sosial untuk menambah jumlah pengunjung blog, Anda cukup menginstal plugin media sosial sebagai fungsi tambahan.

2. Website Perusahaan

WordPress adalah platform yang tepat untuk membuat website perusahaan. Dengan menggunakannya, Anda bisa menampilkan informasi tentang perusahaan secara leluasa.

Contohnya, Anda tinggal membuat page yang diinginkan, seperti profil, daftar produk atau layanan, kontak, dan testimoni klien dengan mudah

Untuk mengatur tampilan website perusahaan, Anda tinggal memilih tema yang sesuai. Bahkan, Anda masih bisa menata tampilannya menggunakan page builder. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menentukan letak berbagai elemen di halaman website dengan klik dan geser.

Baca Juga: Perlukah Membuat Blog untuk Website Perusahaan?

3. Website Portofolio

Fungsi lainnya dari WordPress adalah membangun portofolio. Misalnya, untuk menampilkan hasil pekerjaan seperti website digital agency berikut:

Contoh website portofolio - wordpress adalah

 

Web portofolio cocok untuk desainer, developer, seniman, dan profesi kreatif lainnya. Dengan menggunakannya, Anda bisa menampilkan karya terbaik untuk menarik perhatian calon klien.

4. Toko Online

WordPress juga bisa menangani website kompleks seperti toko online. Sebab, platform itu menawarkan fitur pendukung yang lengkap. Di antaranya, fitur untuk mengatur halaman, kategori produk, dan postingan blog.

Selain itu, Anda bisa menambahkan fitur untuk mengelola pesanan, menghitung biaya pengiriman, dan menawarkan pilihan metode pembayaran di WordPress. Semua fitur tersebut harus ada di toko online untuk memberikan pelayanan yang baik.

Baca Juga: Contoh Website Perusahaan dan Toko Online Terbaik

5. Forum Online

Anda ingin membangun website komunitas seperti Kaskus? WordPress juga mendukung jenis website tersebut. Biasanya, Anda perlu menginstal plugin forum seperti bbPress karena memang tidak disertakan di versi defaultnya.

Setelah website forum siap, pengunjung website Anda bisa membuat akun dan ruang percakapan, sehingga bisa berkomunikasi dengan satu sama lain.

Nah, Anda sudah tahu WordPress cocok digunakan untuk website apa saja, kan? Sekarang, mari simak manfaat WordPress di bawah ini.

Baca Juga: Manfaat Website Secara Umum & Untuk Bisnis Perusahaan

Manfaat WordPress

Ada banyak manfaat WordPress untuk membantu Anda membangun website yang baik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Fleksibel untuk Berbagai Kebutuhan Online

WordPress adalah platform yang fleksibel. Buktinya, Anda bisa menggunakannya untuk membangun jenis-jenis website yang tadi dibahas.

Mau membangun blog pribadi? Fitur bawaan WordPress sudah siap untuk kebutuhan itu. Ingin menjadikannya identitas online bagi bisnis? Tentu bisa.

Mulai dari website toko online bagi pelaku UKM, hingga website perusahaan yang besar, WordPress bisa menjadi platform pilihan.

2. Mudah Digunakan

Anda tidak perlu memahami coding untuk mulai menggunakan WordPress. Sebab, semuanya bisa Anda lakukan dengan klik berbagai menu yang tersedia.

Misalnya, untuk menginstal WordPress, cukup jalankan installernya. Untuk menggunakan versi terbaru, cukup klik menu update yang tersedia di dashboard WordPress setiap ada pesan pembaruan.

Tidak semua CMS memiliki kemudahan seperti itu. Beberapa di antaranya peru proses instalasi dan update yang panjang secara manual.

3. Panduannya Mudah Ditemukan

Ingin mengulik lebih dalam WordPress agar sesuai kebutuhan Anda? Atau sekadar ingin menambah fitur tapi belum tahu harus melakukan apa?

Jangan khawatir. Anda bisa menemukan banyak sekali panduan tentang CMS ini. Mulai dari yang berbentuk artikel maupun panduan audio visual.

Coba saja lakukan pencarian tutorial WordPress di Google atau YouTube. Pasti Anda akan menemukan beragam website dan video yang membahas hal tersebut.

4. Banyak Pilihan Tema

WordPress memiliki ribuan tema yang bisa Anda instal dengan gratis. Tema-tema tersebut juga mudah dimodifikasi, sehingga Anda bisa mengatur tampilan website.

Apabila ingin menggunakan tema yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, ada banyak tema berbayar yang bisa dipilih. Anda bisa mendapatkannya dari pihak ketiga dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Banyak Pilihan Plugin untuk Menambah Fitur

Banyaknya plugin untuk menambah fungsi di website adalah manfaat WordPress lainnya.

Ingin plugin untuk membuat toko online? Ada. Butuh plugin yang bisa menambahkan galeri untuk memajang karya foto? Ada juga.

Plugin juga tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Jika baru mulai membuat website, plugin gratis sudah cukup memberikan fungsi dasar sesuai kebutuhan. Tapi, jika ingin fitur yang lebih canggih, Anda bisa mencoba plugin berbayar.

6. Mendukung Integrasi Layanan Pihak Ketiga

Manfaat WordPress selanjutnya adalah mendukung integrasi dengan layanan pihak ketiga. Hal itu memungkinkan Anda untuk semakin memperkaya fitur website.

Misalnya, Anda bisa menghubungkan layanan email marketing seperti Mailchimp untuk mengirimkan newsletter dan email promo ke banyak pengunjung sekaligus.

Di samping itu, ada juga layanan pihak ketiga untuk membantu mengevaluasi efektivitas website, seperti Google Analytics. Layanan tersebut menyajikan data aktivitas dan asal pengunjung website, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas website.

7. Memudahkan Optimasi Mesin Pencarian

WordPress adalah platform yang tepat untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. Kalau berada di peringkat teratas, website Anda akan mudah ditemukan, sehingga didatangi banyak pengunjung.

Nah, website yang dibuat dengan WordPress sudah ramah mesin pencarian karena ringan dan memiliki koding yang rapi. Dua hal tersebut membantu mengoptimalkan website Anda di mesin pencarian.

Tidak hanya itu, WordPress memudahkan optimasi mesin pencarian (SEO). Ada beberapa fasilitas bawaan untuk menerapkan SEO, seperti mengubah permalink agar alamat postingan lebih ramah pengguna.

Selain itu, ada banyak plugin SEO yang bisa Anda install secara cuma-cuma. Contohnya, Yoast SEO.

Baca Juga: Mencari Jasa SEO Murah dan Efektif? Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dahulu!

8. Ramah Perangkat Mobile

WordPress adalah platform yang ramah perangkat mobile. Dengan begitu, website Anda dapat tampil rapi apapun perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya.

Selain itu, halaman website juga lebih cepat diakses di browser mobile. Jadi, tidak akan membuat pengunjung lama dan akhirnya malah pergi, kan?

Selain itu, website yang tidak ramah perangkat mobile akan sulit naik peringkatnya di Google. Sebab, kecepatan website di mobile merupakan salah satu faktor rangking Google.

9. Aman karena Selalu Diperbarui

Platform website yang mendapat pembaruan rutin itu penting. Jika tidak, website akan memiliki banyak celah keamanan. Titik lemah itulah yang dimanfaatkan hacker untuk menyusup ke website Anda.

Nah, Anda tidak perlu takut akan hal itu kalau menggunakan WordPress. Sebab, CMS tersebut selalu diperbarui.

Baca Juga: Cara Mengelola Website Bagi Pemula

Buat Website Menggunakan WordPress!

Demikianlah penjelasan apa itu WordPress, manfaatnya, dan jenis website yang bisa Anda buat dengannya. Sekarang Anda sudah tahu kalau WordPress adalah platform yang patut digunakan, kan?

Dengan menggunakan WordPress, Anda akan mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini:

  1. Mudah membuat website sesuai kebutuhan online
  2. Mudah menemukan panduan teknis bagi pemula
  3. Banyak pilihan tema dan plugin
  4. Didukung integrasi layanan pihak ketiga
  5. Optimasi SEO yang mudah
  6. Ramah untuk perangkat mobile
  7. Memiliki keamanan yang baik

Namun, bagaimana kalau Anda perlu website segera, tapi belum punya waktu untuk mempelajari WordPres?

Nah, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website Niagaweb.

Di Niagaweb, Anda bisa memesan berbagai jenis website sesuai kebutuhan dengan platform WordPress. Mulai website perusahaan, toko online, dan lainnya.

Setelah website jadi, Anda hanya tinggal melanjutkan mengelola website dengan mudah.

Soal harga, jangan khawatir. Cukup terjangkau, kok. Mulai dari Rp1,5 juta saja. Nah, tunggu apa lagi? Siap membuat website Anda sekarang!

Saya Ingin Dibuatkan Website di Niagaweb

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog