7 Website Builder Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

WordPress website builder

Perlu website, tapi tidak menguasai bahasa pemrograman? Tak perlu khawatir. Kini, website dengan tampilan user-friendly bisa Anda miliki dengan menggunakan website builder atau aplikasi pembuat web.

Ada banyak web builder yang bisa kamu gunakan. Untuk lebih lengkapnya, simak terus ulasan di bawah ini.

Apa Itu Website Builder?

Website builder merupakan program yang digunakan untuk membuat situs web. Menariknya, program ini tak mengharuskan penggunanya untuk menguasai bahasa pemrograman. Jadi, siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah.

Cara kerja dari platform web building hanya terdiri dari tiga langkah saja.

Pertama, Anda bisa memilih template website. Kedua, edit template sesuai dengan kebutuhan menggunakan fitur-fitur yang ada. Terakhir, website siap dipublikasikan bila dirasa sudah cocok dengan preferensi Anda.

Terdapat dua jenis program pembuat web, yakni online dan offline. Pilihan yang pertama membutuhkan akses internet, sedangkan yang kedua harus diinstal ke komputer.

Namun dalam pembahasan kali ini kita hanya akan mengulas website builder berbasis online. Sebab, Anda bisa langsung mempublikasikan situs Anda bila menggunakan online web builder.

7 Rekomendasi Website Builder Terbaik

Kini saatnya Anda menentukan mana website builder yang cocok dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini sudah kami rangkum tujuh aplikasi web builder terbaik, yaitu:

  1. WordPress
  2. Zyro
  3. Squarespace
  4. Wix
  5. Webnode
  6. Weebly
  7. Shopify

Inilah ulasan lengkap masing-masing web builder tersebut!

1. WordPress

WordPress website builder

Rekomendasi pertama datang dari software open source paling populer, yakni WordPress. Platform satu ini sangat populer karena bisa membantu siapapun untuk membuat blog dengan mudah.

WordPress memang tidak pas dikategorikan sebagai website builder murni. Namun, platform ini memiliki plugin website builder, seperti Beaver Builder dan Elementor dengan fitur yang cukup lengkap.

WordPress juga mendukung kemudahan dalam kustomisasi. Itulah sebabnya platform ini menjadi andalan bagi para pemula. Untuk bisa menggunakannya sebagai situs web, Anda terlebih dahulu harus memiliki domain dan hosting.

Fitur

  • Memiliki ratusan koleksi tema gratis dan premium.
  • Memiliki fitur built-in social sharing untuk membagikan konten ke sosial media.
  • Memiliki aplikasi khusus mobile dan desktop untuk memudahkan pengguna mengedit konten.

Harga

  • WordPress merupakan platform gratis. Anda hanya perlu membayar biaya domain dan hosting, serta tema dan plugin premium apabila menggunakannya.

2. Zyro

zyro website builder

Rekomendasi website builder terbaik selanjutnya datang dari anak perusahaan Hostinger, yakni Zyro.

Platform ini dirancang untuk mempermudah Anda membuat situs web hanya dalam hitungan menit. Bukan hanya itu, Zyro juga menawarkan semua yang Anda perlukan untuk mendesain logo.

Fitur pembuat logo yang ditawarkan oleh Zyro sangat lengkap dan simpel. Mulai dari pilihan warna, ikon, huruf, hingga tata letak logo, semua ada di Zyro. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur drag-and-drop untuk membuat logo yang apik.

Nah, logo yang telah dibuat nantinya bisa Anda tambahkan pula ke tampilan website Anda.

Fitur

  • Memiliki template yang didesain secara profesional untuk semua jenis website.
  • Memiliki fitur-fitur eCommerce, seperti fitur untuk mengelola stok produk, melacak pengiriman, mencatat pesanan, dan lain sebagainya.
  • Paket yang Anda pilih sudah termasuk layanan domain dan hosting gratis.
  • Mendukung optimalisasi mesin pencari dan perangkat mobile.

Harga

  • Anda bisa menggunakan Zyro untuk membuat website dengan harga mulai dari Rp39.000 hingga Rp230.000 per bulan.

3. Squarespace

squarespace

Squarespace merupakan salah satu website builder yang bisa Anda andalkan untuk membuat berbagai jenis web. Mulai dari situs blog pribadi, bisnis toko online, hingga undangan pernikahan digital, semua bisa Anda lakukan dengan Squarespace.

Platform ini juga menawarkan SSL security, unlimited storage dan bandwidth, fitur custom domain gratis, dan layanan pelanggan selama 24 jam. Semua layanan ini ada di semua paket yang disediakan oleh Squarespace.

Fitur

  • Fitur blogging tools untuk mempermudah Anda dalam memposting, mengklasifikasikan, dan mengatur jadwal publikasi konten.
  • Terdapat fitur analytics untuk membantu Anda mengawasi perkembangan situs dalam bentuk grafik.
  • Fitur email marketing tools untuk mempermudah Anda membuat email pemasaran.
  • Memiliki fitur social media tools untuk menghubungkan website dengan akun-akun sosial media Anda.
  • Memiliki aplikasi mobile yang kompatibel dengan Android dan iOS.

Harga

  • Anda bisa menggunakan Squarespace secara gratis selama 14 hari (free trial). Setelah itu, Anda harus berlangganan mulai dari $12 hingga $14 per bulan.

4. Wix

Wix website builder

Wix merupakan website builder yang ramah pengguna, terutama bagi para pemula. Selain gratis, Wix menawarkan berbagai fitur menarik. Di antaranya seperti template yang beragam, tampilan yang mobile-friendly, dan fitur drag-and-drop builder.

Meski gratis, Anda harus menyertakan .wixsite sebagai nama subdomain pada alamat situs Anda. Namun Anda bisa menghapusnya dengan cara berlangganan paket premium yang disediakan Wix. Bila Anda menggunakan layanan berbayar, otomatis kapasitas penyimpanan situs Anda juga akan bertambah.

Fitur

  • Memiliki fitur editing yang lengkap, seperti scroll effects dan media galleries.
  • Memiliki fitur Wix ADI untuk mempercepat pembuatan website.
  • Memiliki platform open development.
  • Menyediakan layanan free hosting.

Harga

  • Wix bisa digunakan secara gratis. Wix juga menyediakan layanan premium mulai dari $4.50 hingga $24.50 per bulan.

5. Webnode

Webnode website builder

Webnode termasuk salah satu aplikasi web builder terbaik dengan fitur yang cukup memadai. Fitur editornya memungkinkan Anda untuk membuat web dalam waktu yang relatif singkat.

Tak hanya itu, varian tema template yang dihadirkan juga cukup luas, seperti blog, eCommerce, portfolio, dan lain sebagainya.

Sama seperti Wix, Webnode bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, Anda harus menggunakan layanan premiumnya bila ingin menggunakan custom domain.

Fitur

  • Memiliki fitur website bisnis, seperti form builder, SEO tools, dan membership registration.
  • Menyediakan fitur untuk mendukung kegiatan eCommerce.
  • Memiliki fitur blog untuk mempermudah publikasi konten.

Harga

  • Anda bisa menggunakan Webnode secara gratis. Namun untuk melakukan upgrade, Anda harus membeli paket premium mulai dari $3.95 hingga $19.95 per bulan.

6. Weebly

Weebly

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan website builder satu ini. Benar, Weebly memang termasuk website builder paling populer dengan lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia. Sama seperti Wix dan Webnode, Weebly juga dapat digunakan secara gratis.

Dengan fitur editornya, Anda bisa mengelola berbagai jenis konten dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu, Anda pun bisa mempublikasikan website Anda dengan gratis menggunakan layanan hosting Weebly.

Fitur

  • Memiliki fitur editor yang sangat lengkap untuk memasukkan berbagai jenis elemen.
  • Dilengkapi dengan fitur eCommerce, seperti halaman checkout, shopping cart, dan inventory tracking.
  • Memiliki desain yang responsif dan dapat diakses melalui perangkat mobile.

Harga

  • Gratis, namun Anda juga bisa menggunakan layanan premiumnya mulai dari $5 hingga $25 per bulan.

7. Shopify

Shopify

Shopify adalah website builder yang cocok untuk eCommerce. Nah, bila Anda berencana membuat toko online dan kebetulan memiliki produk yang beragam, Shopify bisa menjadi pilihan yang ideal.

Shopify memiliki hampir semua fitur untuk mendukung kegiatan eCommerce. Di antaranya seperti fitur untuk melakukan pemasaran, pengiriman, dan pembayaran. Tak hanya itu, Shopify juga dilengkapi dengan fitur untuk membuat logo. Jika kebetulan Anda belum memiliki logo, Anda bisa memanfaatkan fitur gratis ini.

Fitur

  • Memiliki dashboard yang intuitif untuk mempermudah pengelolaan pemesanan, pengiriman, dan pembayaran produk.
  • Fitur super lengkap untuk bisnis eCommerce, seperti fitur pencarian produk dan Point of Sale hardware.
  • Memiliki fitur untuk membuat nama bisnis dan logo.

Harga

  • Shopify dapat digunakan secara gratis selama 14 hari (free trial). Setelah masa free trial habis Anda harus berlangganan mulai dari $29 hingga $299 per bulan.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Website Builder

Ada banyak pilihan website builder di atas. Namun, tak semua bisa memenuhi kebutuhan Anda. Untuk mengetahui mana yang paling tepat, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan.Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memberikan Kemudahan Bagi Pengguna

Website builder diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi siapa pun untuk membuat situs web. Dengan kata lain, Anda harus memilih website builder yang benar-benar memudahkan pengguna.

Salah satu indikator mudah atau tidaknya penggunaan website builder dapat dilihat dari fitur yang disajikan. Bila fitur esensial seperti website editor dan drag-and-drop builder saja tidak ada, hindari platform tersebut.

Selain dari fitur, perhatikan pula letak menu dan fitur-fiturnya. Pastikan elemen-elemen tersebut mudah untuk ditemukan. Usahakan untuk tidak memilih website builder dengan tampilan menu atau fitur yang membingungkan.

2. Fitur yang Lengkap

Masing-masing website builder memiliki fitur yang beragam. Ada yang lebih mengunggulkan fitur editing, ada pula yang lebih fokus pada tampilan yang mobile-friendly. Tak jarang pula website builder menawarkan fitur-fitur tambahan untuk mempermudah proses pembuatan web.

Lalu, website builder dengan fitur seperti apa yang harus Anda pilih? Semuanya harus Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan. Pastikan Anda memang membutuhkan fitur yang ditawarkan.

3. Koleksi Template

Faktor selanjutnya yang harus dipertimbangkan saat memilih website builder adalah koleksi template yang ditawarkan. Pilihlah platform yang menawarkan template untuk semua jenis website. Di antaranya, template untuk website korporat, toko online, maupun untuk web pribadi.

Website builder dengan template yang lengkap tak akan membuat Anda kehabisan pilihan. Selain dari jumlah koleksi, kualitas template juga harus diperhatikan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar teliti dan selektif.

4. Kemudahan untuk Mempublikasikan Web

Siapa sih yang tidak ingin situs webnya segera tampil di jagat maya? Bila Anda ingin membuat website yang bisa segera diakses, pastikan untuk memilih web building yang menawarkan domain dan web hosting.

Beberapa orang biasanya sudah pernah memiliki nama domain dan hosting. Jika Anda termasuk salah satunya, coba pastikan apakah Anda bisa menghubungkan hosting dan domain yang lama dengan website Anda yang baru.

5. Customer Support

Proses pembuatan website tak akan bisa lepas dari yang namanya masalah. Solusi paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan segera menghubungi kontak customer support dari website builder yang Anda pilih.

Website builder yang dapat diandalkan tentu akan memberikan akses customer support yang memadai. Di antaranya seperti kontak telepon, email, dan live chat yang selalu online selama 24 jam.

Tak hanya itu, kemampuan dan keramahan tim customer support dalam memberikan pelayanan juga harus menjadi pertimbangan. Untuk mengetahui seperti apa pelayanan yang diberikan, coba cek ulasan-ulasan yang sudah diberikan oleh pengguna website builder tersebut.

6. Harga Website Builder

Berbicara soal harga berarti berbicara skala bisnis yang Anda kelola. Bila Anda adalah pebisnis pemula yang kebetulan tidak memiliki modal besar, sebaiknya Anda memilih website builder yang terjangkau atau bahkan gratis.

Sebaliknya, bila Anda memiliki bisnis berskala besar, memilih website builder dengan layanan yang lengkap bisa jadi pilihan. Meskipun harganya bisa lebih mahal.

Terlepas dari skala bisnis yang Anda kelola, pastikan Anda tidak memilih website builder dari fitur-fiturnya saja, tapi juga dari harga yang ditawarkan sesuai anggaran yang Anda siapkan.

Sudah Siap Menggunakan Website Builder Terbaik?

Itu tadi rekomendasi website builder yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Bila kebetulan Anda tidak memiliki waktu untuk membuat website sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan web seperti Niagaweb. Dengan Niagaweb, Anda bisa mendapatkan website dengan kualitas terbaik untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog