Usaha Sampingan Online Tanpa Modal & Unik

Usaha Sampingan Online Tanpa Modal & Unik

Usaha sampingan online menjadi pilihan agar tetap bisa bertahan di masa pandemi yang belum kunjung berakhir. Meski niat awal untuk mendapat penghasilan tambahan, tetapi tidak jarang usaha sampingan yang dijalankan memberi keuntungan besar. Malah hasilnya bisa lebih menjanjikan dibanding gaji bulanan yang mulai dipotong karena jam kerja yang juga berkurang.

Asal memiliki tekad kuat, siapa saja bisa memulai usaha sampingan. Baik untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa, ibu rumah tangga, atau pekerja kantoran sekalipun. Tidak harus keluar modal besar, karena banyak pula usaha sampingan online tanpa modal yang bisa kamu rintis mulai dari sekarang juga. 

Pada kesempatan kali ini akan diberikan beberapa usaha sampingan yang bisa kamu coba. Kira-kira apa saja usaha sampingan yang cocok dilakoni di masa pandemi seperti sekarang, mau tahu? Yuk simak lebih lanjut!

Usaha Sampingan Online Tanpa Modal

Pandemi kali ini berdampak pada semua orang. Karenanya memulai usaha baru tanpa modal nyaris seperti hal yang sulit dilakukan. Namun, jangan pesimis terlebih dulu. Sulit bukan berarti mustahil karena pada kenyataannya ada usaha sampingan yang dapat kamu jalankan tanpa modal seperti rekomendasi berikut :

  • Jual Baju Bekas Branded

Usaha sampingan online pertama yang bisa kamu coba yaitu menjual baju bekas. Mungkin kamu punya baju-baju branded yang sudah tidak dipakai karena tidak muat. Daripada harus menumpuk baju di lemari, mengapa tidak mencoba menjualnya di media sosial?

Baju bekas atau second stuff khususnya yang branded sekarang memiliki pangsa pasar tersendiri. Peminatnya cukup banyak karena bagi mereka itu adalah kesempatan mendapat barang bermerek dengan harga miring. 

Jangan biarkan barang branded kamu hanya bertumpuk. Ambil foto baju bekas kamu dengan sudut yang menarik lalu beri keterangan terkait baju yang dijual lengkap dengan harga yang kamu tawarkan. Unggah di media sosial yang kamu miliki seperti Instagram, Facebook, atau lainnya. Hal ini juga berlaku untuk barang branded lainnya tak hanya baju.

  • Menjadi Dropshipper

Bila modal menjadi kendala kamu, tidak perlu khawatir. Kamu bisa membuka usaha sampingan menjadi dropshipper atau menjual produk milik orang lain. Sistem ini mirip seperti reseller tetapi kamu tidak diharuskan menyetok barang sendiri.

Sistem kerja dropshipper yaitu kamu menjalin kerjasama dengan supplier atau produsen langsung. Kamu melakukan pemasaran seperti berjualan online biasanya. Kamu bisa memanfaatkan semua media sosial yang dimiliki. Saat ada pembeli kamu bisa menghubungi supplier untuk mengirim barang langsung ke pembeli atas nama kamu sebagai penjual.

Keuntungan seorang dropshipper biasanya berupa selisih penjualan. Dimana supplier akan memberikan harga khusus atau potongan khusus. Meski usaha sampingan online 2021 ini tidak membutuhkan modal, tetapi nyatanya bisa sangat menghasilkan.

  • Membuka Jasa Titip (Jastip)

Usaha sampingan lain tanpa modal adalah membuka jasa titip pembelian barang. Usaha ini bisa kamu lakukan dari mana saja. Kamu bisa mulai membuka jastip untuk pembelian barang yang tengah trend atau barang kebutuhan tertentu. 

Dalam kondisi pandemi mungkin akan terasa sulit untuk membeli barang titipan. Namun, sebenarnya sekarang banyak toko online dan jasa kurir yang bisa kamu andalkan. Terlebih adanya sistem Open Order yang memungkinkan kamu memesan barang terlebih dulu. 

Dengan bekal jaringan internet dan laptop atau smartphone kamu bisa membuka usaha sampingan online jastip dari beberapa toko online. Jasa titip sendiri diminati karena tidak semua orang bisa melakukan pembelian online mungkin karena keterbatasan perangkat atau waktu. Sehingga lebih praktis ikut jastip.

Umumnya fee jastip dihitung per item yang dibeli. Rentang fee jastip relatif berbeda, kamu bisa menyesuaikan dengan jenis produk. Karena tidak lucu bukan jika fee jastip lebih mahal daripada harga produk? 

  • Menjadi Admin Media Sosial

Satu usaha sampingan online tanpa modal yang tidak kalah mudah yaitu menjadi admin media sosial. Sekarang ini banyak pelaku usaha yang memiliki media sosial untuk pemasaran produknya. Bisa jadi seorang pengusaha tidak hanya memiliki satu akun medsos yang artinya dibutuhkan banyak bala bantuan admin untuk memudahkan pengelolaan. 

Di sinilah kamu bisa tampil sebagai admin medsos. Tidak dibutuhkan modal uang, melainkan kemampuan komunikasi yang baik serta bisa mengoperasikan medsos secara baik. Kamu hanya perlu dukungan gadget dan internet yang lancar. Selebihnya semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah kecuali kamu diharuskan datang ke kantor usaha.

  • Ikut Afiliasi

Apa itu afiliasi? Afiliasi merupakan suatu program yang akan memberi bonus komisi untuk kamu setelah selesai menjual produk yang ditentukan. Singkatnya program ini termasuk program berbagi pendapatan atau revenue sharing.

Di era digital sekarang ini banyak perusahaan yang membuka program afiliasi. Sistem kerja yang diterapkan relatif sederhana. Kamu cukup mendaftar pada program afiliasi yang disediakan, mendapat kupon, lalu menjual produk menggunakan kupon yang didapat. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula komisi yang bisa didapat.

Baca juga : Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Usaha Sampingan dengan Minim atau Skill Dasar

Selain usaha sampingan online gratis, ada juga usaha sampingan yang mengharuskan kamu menyediakan modal dana atau setidaknya memiliki keahlian tertentu. Bila kamu memang memiliki bakat atau skill tentu ada baiknya memilih usaha yang dapat sekaligus dimanfaatkan untuk mengembangkan skill tersebut, seperti rekomendasi berikut ini:

  • Jadi Penulis Freelance

Bila kamu memiliki hobi menulis, maka sebaiknya kamu menjadikannya usaha sampingan menjadi penulis lepas. Baik menjadi penulis buku, artikel blog, caption deskripsi, dan lainnya semua sangat menjanjikan. Seperlu meyakinkan klien, sebaiknya kamu mengelola blog yang dapat menunjukkan kemampuan menulis kamu.

Sekarang ini juga banyak penyedia jasa penulis lepas yang bisa kamu ikuti. Ada banyak keuntungan bila kamu bergabung menjadi penulis freelance di penyedia jasa. Salah satunya kamu tidak perlu repot mencari klien sendiri dan tinggal mengerjakan pesanan artikel yang masuk.

  • Jadi Freelancer Desain Grafis

Mirip dengan menjadi penulis lepas, menjadi freelancer desain grafis juga usaha sampingan online menjanjikan. Hanya saja kamu butuh modal keahlian mendesain dan mengoperasikan aplikasi membuat desain grafis.

Pendapatan yang diperoleh seorang freelancer desain grafis terbilang lumayan. Hal ini karena kamu memiliki andil besar mulai dari pembuatan desain, penentuan konsep, hingga desain grafis selesai. Pesanan desain grafis yang bisa kamu terima diantaranya pembuatan logo, undangan online, atau lainnya.

  • Jadi Pengisi Data Entry

Bila modal dan kemampuan menjadi kendala kamu, tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa mengumpulkan pemasukan tambahan dengan menjadi pengisi data entry. Adapun kamu hanya perlu gadget yang memadai untuk mengisi data online sesuai permintaan.

Di era serba online sekarang ini banyak pelaku bisnis online membutuhkan jasa seorang data entry. Untuk jenis job desk atau tugas pengisi data entry cukup beragam. Sebut saja mulai dari mengetik, melakukan transkrip, hingga merekam suara sesuai kebutuhan klien. 

  • Membuka Kursus Online

Jika kamu memiliki keahlian khusus, kamu bisa membuka kursus online sebagai usaha sampingan. Keahlian khusus yang dimaksud tidak harus melulu di bidang pelajaran, tetapi bisa juga keahlian memasak, DIY, membuat desain, programming, atau lainnya. Tidak perlu mencari usaha sampingan online karena kamu bisa membukanya sendiri.

Buka kursus online sesuai kemampuan kamu dan tentukan target pasarnya. Kelola dengan baik agar memberi hasil memuaskan. Sebagai contoh misal kamu memiliki keahlian membuat roti dengan resep anti gagal. Kamu bisa membuka kelas online memakai Zoom Meeting atau teknologi lain dengan sistem berbayar kepada peserta kursus. 

  • Jadi Pengisi Survey Online

Untuk menjadi pengisi survey online kamu perlu mendaftar pada platform survey online terlebih dulu. Tidak sulit menemukan platform survey online, dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan mesin pencari.

Kirim lamaran pengisi survey online terlebih dahulu. Bila lamaran kamu diterima, kamu akan mendapat email survey yang mesti dilengkapi. Selanjutnya kamu akan memperoleh poin perhitungan yang menjadi pendapatan sampingan.

  • Membuka Toko Online

Sekarang ini sangat mudah untuk membuka toko online sendiri. Dengan membuat toko online sendiri kamu bebas menentukan strategi marketing yang sesuai. Hanya saja untuk usaha sampingan online 2021 ini kamu membutuhkan domain dan hosting.

Dengan memiliki web khusus, kamu akan terlihat lebih profesional di mata konsumen. Kamu bisa mendesain web, menyusun pengaturan display produk, dan lainnya sesuai gaya kamu. Jelas hal ini tidak akan kamu dapatkan bila berjualan di media sosial atau marketplace. Meski tidak dipungkiri media sosial dan marketplace dapat meningkatkan peluang penjualan. 

Untuk membuka usaha sampingan online toko kamu juga membutuhkan modal. Karena kamu perlu menyetok barang dan melakukan pengelolaan web. Dengan pengelolaan yang baik kamu bahkan bisa meraup untung besar dari produk yang dijual. 

Baca juga : Contoh Website Perusahaan dan Toko Online Terbaik

  • Jadi Sosial Media Evaluator

Seorang sosial media evaluator memiliki tugas utama mengevaluasi akun sosial media. Evaluasi diberikan untuk konten tulisan, gambar, ataupun video yang diunggah. Bagi pemula dianjurkan untuk bergabung dengan agensi ternama. Bila sekiranya sudah berpengalaman kamu bisa melakukan promosi jasa sosial media evaluator sendiri.

Untuk menjadi sosial media evaluator kamu perlu mengikuti trend di masyarakat. Pastikan pula kamu selalu update informasi dan perkembangan di media sosial. Kamu juga harus fasih berbahasa inggris terutama secara tertulis, pasalnya agensi yang banyak membutuhkan jasa ini merupakan agensi asing.

  • Jadi Penerjemah Bahasa

Bila bahasa asing menjadi kemampuan yang kamu miliki, maka menjadi penerjemah bahasa layak kamu coba. Banyak pihak membutuhkan jasa penerjemah, mulai dari industri hiburan hingga perusahaan.

Secara umum penerjemah bahasa yang dibutuhkan adalah penerjemah bahasa inggris. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula dibutuhkan penerjemah untuk bahasa asing yang lain seperti bahasa korea atau lainnya. 

Bila kamu gemar menonton Kdrama kamu bisa menjadi penerjemah serial drama korea atau variety show. Pendapatan dari menerjemah acara populer cukup menjanjikan. Bila kamu memiliki kemampuan bahasa asing kamu bisa mempromosikan keahlian di platform yang membutuhkan jasa penerjemah.

Panen Pendapatan Tambahan dari Usaha Sampingan Online

Ternyata banyak juga usaha sampingan yang bisa dipilih untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Beberapa diantaranya bisa kamu lakukan tanpa modal uang atau kemampuan khusus seperti yang disebut di atas. Besar pemasukan terbilang lumayan, meski memang untuk mendapat hasil lebih ada kemampuan khusus yang harus kamu miliki.

Karenanya memang penting mengasah keahlian dan kemampuan diri. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bila kamu bisa memperoleh pendapatan tambahan dengan menerapkan kemampuan atau skill dasar. Meski hanya usaha sampingan online tetapi bila ditekuni dengan benar akan memberi panen pemasukan yang menyelamatkan terlebih di masa pandemi seperti sekarang. 

0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Niagaweb Blog