Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Mengelola bisnis, baik bisnis toko online, toko, kafe, ataupun bisnis yang lainnya, Anda harus untuk selalu cari cara menarik konsumen supaya bisnis tetap dapat berjalan lancar, tetap hidup dan bisa berkembang. Nah, supaya Anda bisa untuk menarik konsumen yang tepat, Anda membutuhkan marketing atau strategi pemasaran yang juga tepat. 

Nah, pada artikel ini akan mengulas tentang mengenai pengertian strategi pemasaran dan beberapa strategi yang efektif untuk diterapkan pada bisnis. 

Pengertian Strategi Pemasaran 

Anda masih belum paham tentang strategi marketing atau pemasaran? Strategi pemasaran adalah rencana yang dirangkai untuk bisa menjangkau target pasar serta mengubah mereka jadi konsumen produk yang bisnis atau perusahaan hasilkan. 

Jadi, Anda tak serta merta bisa untuk pasarkan produk ke semua orang. Anda membutuhkan strategi yang tepat dalam marketing untuk dapat mengubah atau membuat target pasar jadi konsumen. Selain mempunyai fungsi untuk mendapatkan konsumen yang tepat, strategi marketing pun berguna untuk memudahkan Anda dalam berkoordinasi dengan tim.  Tentunya tidak hanya memikirkan strategi pemasaran yang umum perlu untuk memikirkan strategi pemasaran yang efektif.

Strategi Pemasaran yang Efektif

Ada cukup banyak strategi marketing atau promosi yang bisa untuk Anda terapkan pada bisnis UKM yang dimiliki. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Menentukan Tujuan serta Anggaran 

Di dalam strategi marketing, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan tujuan pemasaran serta susun anggaran untuk bisa capai tujuan. Misalnya saja tujuan meningkatkan revenue, meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan conversion. Tujuan strategi marketing pada bisnis bisa saja berbeda tergantung pada situasi bisnis masing-masing. 

Selain tujuan, Anda pun perlu untuk susun anggaran. Kenapa? Itu karena anggaran nantinya Anda gunakan untuk promosi melalui platform iklan online, seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak bisa berpikir jika posting melalui media sosial saja sudah cukup untuk melakukan pemasaran atau promosi. 

Memanfaatkan postingan media sosial tak cukup untuk menarik para calon konsumen. Apalagi alogaritma media sosial yang berubah terus hingga membuat postingan Anda menjadi terlewat oleh para calon konsumen. 

Tak hanya itu, biaya iklan dapat untuk Anda sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Pasalnya kebanyakan dari platform online terapkan sistem pay per click, yang mana Anda bisa untuk atur anggaran iklan yang sesuai dengan kemampuan dari bisnis serta sesuai luas jangkauan target pasar. Jadi, Anda tidak akan terbebani biaya mahal. 

  • Memanfaatkan Fitur Googel Bisnisku

Google Bisnisku merupakan strategi marketing yang efektif selanjutnya. Fitur ini untuk para pemilik bisnis yang memiliki fungsi untuk memudahkan calon konsumen di dalam mengetahui informasi yang lengkap mengenai bisnis. Mulai dari nama bisnis, alamat dari perusahaan, kontak perusahaan, alamat email, website, jam operasional sampai ulasan dari pelanggan. 

Dengan Anda mendaftarkan bisnis pada Google Bisnisku, perusahaan, kantor, restoran, kafe, toko dan lainnya akan secara otomatis muncul pada Google Maps. Pelanggan yang ingin untuk datang ke tempat bisnis Anda bisa dengan mudah menuju lokasi karena bantuan dari Google Maps. 

Walaupun kelihatannya sepele, tapi fitur Google Bisnisku punya banyak sekali manfaat. Misalnya mulai dari bisnis Anda dapat muncul di Google Maps, review pelanggan, sampai pada media komunikasi untuk para pelanggan. Maka dari itu, pastikan bisnis Anda terdaftar pada fitur Google Bisnisku. 

Baca jugaCara Daftar Di Google Bisnisku

  • Menentukan Media Sosial yang Utama

Media sosial adalah strategi pemasaran 4p yang efektif berikutnya. Ada banyak pilihan media sosial saat ini, seperti Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Tidak perlu aktif pada semua media sosial, pilih saja yang menurut Anda paling bagus untuk promosi bisnis. 

Anda bisa saja mempromosikan bisnis melalui media sosial Facebook, Instagram serta Twitter. Sementara bisnis milik orang lain, mungkin hanya memerlukan memakai media sosial Instagram. Mungkin juga bisnis yang lainnya lagi perlu untuk melakukan pemasaran melalui media sosial Twitter, LINE, dan LinkedIn.

Lalu bagaimana cara Anda untuk menentukan media sosial yang cocok bagi bisnis milik Anda? Tentu saja, Anda harus melakukan riset audiens. Salah satu cara yang efektif untuk ini adalah dengan teknik Bulls Eye guna memetakan strategi marketing pada media sosial. Teknik Bulls Eyes yang disusun Gabriel Weinberg dan Justin Mares terdiri dari lima bagian yakni Brainstorming, Rank, Prioritize, Test, serta Focus On. 

Baca juga : Apa Itu Media Sosial? Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

  • Email Marketing

Email marketing untuk beberapa orang dianggap sebagai spam yang mempunyai potensi mengganggu konsumen. Namun, ternyata penggunaan dari email marketing belakangan ini terus meningkat. 

Mckinsey and Company melakukan sebuah studi yang menunjukkan jika email marketing lebih efektif dalam dapatkan konsumen hingga 40 kali dibandingkan dengan Twitter dan Facebook. Ini karena bisnis atau perusahaan bisa untuk menjangkau konsumen pada area personal, kotak masuk email. 

Selain itu, konsumen sebanyak 59% mempunyai kesediaan berlangganan email marketing apabila ada penawaran diberikan, seperti diskon spesial atau kupon. Berdasarkan sebuah penelitian, 65% konsumen dapatkan kupon diskon di email marketing. Tentunya ini menunjukkan jika email marketing berhasil mendorong konsumen untuk belanja secara online ataupun datang langsung ke toko. 

  • Menerapkan Content Marketing

Strategi pemasaran berikutnya adalah menggunakan content marketing. Content marketing sendiri merupakan teknik marketing di mana libatkan pembuatan serta distribusi konten relevan, konsisten, dan penting guna menarik audiens untuk mengonversinya menjadi konsumen. 

Anda bisa memakai blog sebagai salah satu media dalam menjalankan content marketing. Blog dapat berguna untuk dapatkan trafik yang tinggi lewat organic search atau pencarian organik. Blog perusahaan merupakan tempat bagi Anda untuk tunjukkan pada calon pelanggan yang potensial jika Anda memanglah ahli pada bidang industri yang dijalankan dan digeluti. 

Lalu, Anda pun bisa untuk pakai microsite, website mini, yang berguna untuk membantu Anda dalam membuat kampanye pemasaran yang unik dan lebih fokus. 

  • Membagikan Konten Penting, Relevan, serta Konsisten

Konten yang dibagikan oleh Anda haruslah memenuhi syarat-syarat, seperti penting, relevan, dan konsisten. Pertama, pastinya Anda harus buat konten relevan dengan bisnis. Contoh strategi pemasaran ini misal jika Anda jalankan bisnis restoran, maka konten yang dibuat berkaitan dengan makanan dan minuman. 

Lalu kedua, Anda pun perlu pertimbangkan konten tersebut apakah penting atau sebaliknya untuk target audiens ketahui. Anda harus membuat skala prioritas yang sisinya mengenai topik-topik relevan bagi target audiens. Urutkan saja dari yang paling penting sampai ke yang kurang penting. 

Kemudian terakhir, Anda harus membuat banyak konten agar akhirnya Anda bisa untuk rasakan manfaat dari konten pemasaran tersebut bagi bisnis Anda. 

  • Riset Kata Kunci

Hal ini mempunyai fungsi untuk tentukan kata kunci yang relevan bagi website atau blog bisnis. Tepat memilih kata kunci penting karena nantinya berpengaruh ke performa dari website atau blog Anda pada hasil mesin pencarian. Setiap penulis website maupun blog haruslah mengetahui hal-hal penting yang orang-orang cari pada mesin pencari supaya konten yang ditulis bermanfaat dan relevan bagi para pencari. 

  • Optimasi SEO

Supaya calon pelanggan lebih mudah menemukan di Google, website bisnis Anda harus untuk berada pada halaman satu hasil pencarian. Anda harus bersaing dengan puluhan ribu wensite yang lainnya untuk dapatkan peringkat yang pertama di Google. Nah, supaya website Anda masuk ke halaman pertama mesin pencarian, Anda bisa terapkan optimasi SEO. 

Optimasi SEO terbagi jadi dua, yakni SEO on page yang merupakan optimasi diterapkan di konten yang terbit, serta SEO off page yang adalah optimasi diterapkan pada balik layar, misal backlink. 

  • Memanfaatkan Paid Search

Anda bisa manfaatkan paid search seperti Yahoo, Google, serta Bing. Namun, Google merupakan platform paling besar untuk paid search lewat Google Ads. Dengan Google Ads, Anda dapat untuk mengatur jangkauan serta spesifikasi dari target audiens. 

  • Memakai Media Sosial Ads

Jangkauan dari media sosial tak hanya bisa Anda dapatkan lewat jangkauan organik. Anda pun bisa untuk manfaatkan layanan iklan atau ads dari platform media sosial untuk tingkatkan jangkauan postingan Anda. Apalagi timeline media sosial seperti Facebook dan Instagram terapkan sistem yang acak dan bukan lagi menurut waktu dari postingan. Hal ini bisa untuk sebabkan konten media sosial jadi terlewat. 

Anda dapat atasi itu dengan memakai layanan ads. Untuk itu, Anda dapat untuk manfaatkan layanan ads sekarang. 

  • Memanfaatkan Situs Kupon

Ada cukup banyak situs kupon yang terpercaya di Indonesia. Situs ini tak hanya punya fungsi untuk konsumen dalam cari kupon diskon, namun juga berguna sekali untuk para pemilik bisnis dalam promosikan bisnisnya. 

Tujuan utama tempatkan kupon pada situs adalah untuk tingkatkan brand awareness. Semakin diskon yang Anda tawarkan menarik, maka semakin banyak orang yang memakai kupon Anda. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang coba produk bisnis Anda. Apabila Anda berhasil untuk puaskan konsumen, maka mereka bisa tak memerlukan kupon lagi. 

  • Membangun Relasi

Tak hanya membantun strategi marketing pada berbagai platform di atas, Anda pun perlu untuk membangun relasi. Anda perlu bangun relasi dengan orang di industri yang sama. Maka bergabunglah pada Facebook atau grup Facebook yang mempunyai kaitan dengan bisnis Anda. 

Jadilah sponsor atau pembicara pada acara dan seminar yang punya kaitan dengan industri. Dengan demikian, Anda bisa untuk dapatkan informasi tentang perkembangan dari industri. 

  • Memaksimalkan Alat-Alat Promosi atau Pemasaran Cetak

Walaupun sekarang ini strategi marketing secara online telah dilakukan para pebisnis, tapi masih banyak juga promosi offline yang sampai sekarang masih aktif. Misalnya saja dengan Anda maksimalkan alat-alat promosi cetak seperti brosur, kartu nama dan lain sebagainya. Alat promosi ini membantu dalam tingkatkan brand awareness serta tingkatkan reputasi dari perusahaan Anda. Pasalnya, tak semua orang bisa akses internet, serta pastinya dengan adanya alat promosi cetak dapat membuat bisnis yang Anda jalankan lebih terpercaya. 

Nah, itulah beberapa strategi pemasaran yang efektif untuk diterapkan pada bisnis Anda. Dengan strategi marketing yang tepat tentunya akan mendatangkan calon pelanggan dan pelanggan lebih banyak. Lalu dengan itupun, keuntungan yang bisnis Anda dapatkan bisa lebih besar lagi. Kemudian bisnis Anda bisa tetap hidup dan berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Buat Website Mu Sekarang Gratis Hosting di Niagaweb
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog