Apa Itu SEO? Pengertian & Manfaat untuk Bisnis Anda

Banyak orang beranggapan SEO adalah cara agar website bisa mencapai peringkat teratas di mesin pencari, seperti Google. Hal itu benar, tapi konsep tersebut hanya kulit luarnya saja.

Kenyataannya, SEO adalah sebuah upaya yang menyeluruh untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic sebuah website dan blog.

Dengan upaya SEO yang baik, Anda tidak hanya sekadar akan meningkatkan branding tapi juga mendongkrak transaksi penjualan.

Nah, pastinya Anda semakin tertarik untuk belajar apa itu SEO melihat hasil yang ditawarkan, bukan?

Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Di sini, kami akan mengulas tentang SEO secara tuntas dan jelas.

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan sebuah teknik untuk mengoptimalkan website agar bisa mendapatkan ranking teratas pada hasil pencarian di Google.

Dengan melakukan upaya SEO, situs Anda akan mudah ditemukan, sehingga mempunyai potensi untuk memiliki lebih banyak traffic.

seo adalah - ilustrasi memantau traffic website

Hal yang sering menjadi pertanyaan banyak orang adalah ada banyak sekali mesin pencarian seperti, Bing, Yahoo!, Amazon dan lain sebagainya: “Lalu, mengapa harus mengutamakan SEO pada Google?”

Jawabannya cukup sederhana. Google merupakan search engine paling favorit para pengguna internet.

Setidaknya setiap hari ada sekitar 3,5 miliar pencarian yang dilakukan dengan menggunakan Google. Tak heran, Google mampu menguasai sekitar 90% pasar mesin pencarian.

Itulah kenapa upaya SEO Google akan cukup menentukan keberhasilan sebuah website untuk ditemukan.

Dengan adanya search engine optimization yang baik, website lebih mampu untuk menjaring lebih banyak potensi traffic. Setidaknya, 53% traffic pada website berasal dari pencarian organik SEO.

Apa Perbedaan SEO dan SEM?

Walaupun sekilas terdengar mirip, SEO sebetulnya berbeda dari SEM (Search Engine Marketing).

Perbedaan SEO vs SEM terletak pada fokusnya. SEO fokus untuk meningkatkan performa dari website, sedangkan SEM fokus untuk menjaring hasil, baik traffic atau penjualan yang instan.

SEO SEM
Pengertian Sebuah upaya untuk mengoptimasi website supaya menempati posisi paling atas dalam mesin pencarian.  Merupakan sebuah strategi marketing untuk mengiklankan situs pada hasil teratas di halaman pencarian.
Biaya yang dibutuhkan SEO itu gratis sampai berbayar. Hal ini menyesuaikan dengan tools yang digunakan. Berbayar, contohnya Anda bisa memulai dengan biaya ratusan ribu. 
Tampilan pada mesin pencarian Tidak ada embel- embel “iklan”. Nantinya akan menampilkan label “iklan” maupun “AD”.
Tools yang dipakai Bisa juga menggunakan tools riset keyword, analisis backlink dan lainnya. Memerlukan Google Ads, Google Keyword Planner dan lainnya.
Hasil  Website harus bisa berada di rangking paling atas. Website bisa lebih cepat dalam menduduki rangking paling atas di mesin pencarian Google.
Jenis traffic Organic traffic, yaitu trafik yang didapatkan dari website yang muncul pada hasil pencarian dengan cara alami. Organic traffic dan juga paid search. Paid search sendiri adalah kunjungan audiens yang timbul karena adanya iklan berbayar. 
Performa Jangka panjang, rangking website tidak akan turun dengan mudah, bergantung dari optimasi SEO-nya. Jangka pendek, setelah durasi dari iklan habis, rangking website akan kembali seperti semula.

SEM memang mampu mendatangkan hasil secara instan, tapi SEO tidak kalah efektif. Buktinya, 70% – 80% orang mengabaikan hasil pencarian berbayar dan jauh lebih memilih konten organik yang biasanya dari blog atau website resmi.

Alasannya, bisa karena masih banyak orang yang merasa malas untuk mengklik konten dengan embel – embel iklan.

Apa Saja Manfaat SEO?

Berikut adalah manfaat SEO :

1. Memudahkan Para Audiens untuk Menemukan Website

SEO merupakan sebuah strategi untuk lebih memudahkan target audiens menemukan website Anda.

Itulah mengapa SEO memungkinkan website yang Anda miliki berada di halaman pertama pencarian.

ilustrasi pencarian google

Berada di halaman pertama Google akan mempengaruhi traffic sebuah website. Alasannya, 75% orang malas untuk scrolling pada halaman kedua dan seterusnya.

2. Menjaring Target Audiens yang Paling Tepat

Selain membantu audiens menemukan sebuah website, SEO Google juga memungkinkan Anda menjaring target audiens yang tepat.

Caranya, Anda dapat membidik kata kunci yang sesuai dengan search intent atau tujuan dari audiens ketika menelusuri keyword tertentu.

3. Membangun Brand Awareness

Cara paling mudah untuk menemukan produk yang diinginkan adalah mencarinya di mesin pencarian Google.

Terbukti, 63% orang lebih memilih mencari produk yang ada di Google dan situs review. Itulah kenapa Google bisa menjadi tempat strategis untuk memperkenalkan produk dan membangun brand awareness.

Semakin sering website Anda tampil di halaman pertama Google untuk kata kunci yang relevan, semakin besar brand awareness yang bisa Anda dapatkan.

4. Investasi Jangka Panjang

Upaya SEO website juga dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang.

SEO mampu memperbesar kesempatan berbisnis. Terutama, untuk hasil pencarian yang relevan dapat mempengaruhi 39% keputusan para calon pembeli.

5. Meningkatkan Penjualan dan Juga Konversi

SEO mampu meningkatkan penjualan karena bisa menjangkau target audiens yang lebih luas. Berbeda dengan channel marketing lainnya seperti Instagram, Facebook, dan Youtube.

Penggunaan Google juga lebih banyak jika dibandingkan dengan platform yang lain. Artinya semakin mudah sebuah artikel SEO yang ada pada website ditemukan dan semakin besar juga peluang untuk menarik traffic.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Cara kerja SEO terdiri dari tiga tahapan yang nantinya harus dilakukan oleh search engine untuk bisa mengumpulkan, mengolah dan menampilkan berbagai macam informasi. Berikut adalah cara kerjanya :

1.Crawling

Mesin pencarian seperti Google mempunyai web crawler, atau biasanya disebut dengan spiderbots atau bots. Fungsinya, mencari dan mengumpulkan berbagai macam informasi supaya halaman yang ada di website bisa diindeks.

2. Indexing

Di tahapan ini, berbagai informasi yang sudah terkumpul oleh website crawler akan dicatat. Misalnya, kata kunci dan konten apa yang sudah diperbarui, ataupun belum.

Setelah itu, halaman website akan ditambahkan ke dalam index pencarian. Nantinya, saat kata kunci diketikkan di browser, mesin pencarian akan mengambil informasi sesuai website yang sudah diindeks.

3. Ranking

Hasil pencarian akan memberikan tampilan website yang sudah tersimpan di dalam index pencarian. Urutannya akan dimulai dari yang paling relevan baru menuju ke yang tidak relevan.

Kemudian SEO akan menentukan performa dalam website di mesin pencarian.

Mengenal Jenis-jenis SEO

Ada 3 jenis SEO, yaitu on page, off page dan technical. Walaupun sama – sama memiliki tujuan menaikkan rangking website, fokus ketiga jenis SEO tersebut berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya :

1.SEO on Page

Tujuannya untuk mengoptimasi konten pada website sehingga lebih mudah ditemukan target audiens.

SEO on Page berfungsi untuk mengoptimalkan SEO pada bagian konten website.

Beberapa aspek yang dimaksimalkan adalah permalink, judul konten, struktur konten, gambar konten, sebaran keyword, kualitas konten, internal link dan elemen SEO.

Dengan adanya SEO on Page, konten Anda nantinya akan jauh lebih mudah berada di peringkat pertama Google.

Semakin relevan isi konten dengan keyword yang dituju, maka kebutuhan para audiens juga akan terjawab dan Google akan menaikkan rangking pada website Anda.

2. SEO Off Page

Tujuan dari jenis SEO ini adalah membantu Google untuk memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten Anda untuk orang lain. Jadi SEO Off Page adalah upaya untuk mengoptimalkan SEO di luar website.

Berikut adalah aspek-aspek yang harus ditingkatkan :

  • Link Building : Aktivitas untuk bisa mendapatkan link dari sebuah website yang lainnya atau backlink.
  • Peningkatan DA : Domain authority, skor yang digunakan untuk memprediksi peluang rangking pada website di Google.
  • Peningkatan PA : Page authority, skor yang akan menunjukkan peluang sebuah halaman website berada pada rangking teratas di mesin pencarian Google.
  • Guest Blog : Kegiatan untuk memasang sebuah artikel yang berkualitas milik Anda dalam sebuah website yang lainnya di dalam terdapat sebuah backlink ke dalam situs Anda..

3. Technical SEO

Technical SEO akan mengoptimasi struktur pada website sehingga performanya menjadi lebih maksimal dan juga dapat diterima oleh Google.

Jenis SEO ini merupakan sebuah usaha untuk mengoptimasi SEO pada bagian dalam website. Contohnya, kecepatan website, struktur website, XML sitemap, keamanan situs, tema responsive, layout website dan navigasi.

Dengan menggunakan technical SEO, website Anda akan mempunyai struktur yang baik dan mudah untuk dibaca oleh search engine.

4 Indikator SEO yang Wajib Diketahui

4 Indikator SEO ini adalah berbagai hal yang dinilai oleh Google agar bisa memutuskan apa halaman website tersebut layak untuk mendapatkan ranking teratas dalam SERP.

Berikut adalah indikator SEO yang harus Anda ketahui :

1. Domain Factor

Domain adalah alamat sebuah website, sedangkan domain factor adalah hal – hal yang berkaitan dengan domain yang mempunyai dampak ke dalam performa SEO Anda nantinya.

Domain factor yang akan menjadi indikator SEO adalah ejaan yang jelas dan mudah untuk diketik, ukuran domain, usia domain dan sejarah domain.

2. Desain dan Struktur Pada Website

Struktur website adalah susunan halaman penting di dalam website termasuk juga elemennya. Misalnya, susunan isi, navigasi, link, layout konten dll.

Struktur website harus SEO friendly dan seharusnya lebih mudah di akses, cepat, rapi, menu navigasi jelas, dan sejenisnya.

3. Keamanan Website/SSL – TLS

SSL/TLS adalah protokol keamanan untuk bisa melindungi secara pertukaran data dalam website. Website yang menggunakan SSL/TLS pasti mempunyai tanda gembok di URL pada address bar.

4. Kecepatan Pada Website

Kecepatan website terbaik menurut Google itu sekitar dua detik.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan pada website adalah dengan menggunakan hosting yang menggunakan server terbaik.

LiteSpeed Web Server merupakan server web yang performanya 50% jauh lebih cepat dibandingkan dengan server lainnya.

Niagaweb adalah layanan yang sudah didukung Litespeed web server sehingga bisa memaksimalkan performa website pelanggannya. Jadi, Anda tak perlu takut dengan website yang lemot.

Jadi, Apakah Anda Tertarik Menerapkan Search Engine Optimization?

SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimasi website agar bisa berada di halaman pertama Google.

Dengan menerapkan SEO website yang tepat, Anda bisa kebanjiran traffic dan mendapatkan manfaat yang banyak seperti brand awareness, transaksi yang lebih baik, dan keberlangsungan bisnis.

Daripada Anda mengejar algoritma Google yang terus berubah, lebih baik Anda fokus menyajikan konten website yang bermanfaat untuk audiens. Dengan begitu, website Anda akan lebih banyak pengunjung dan lebih mudah naik ke peringkat teratas Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog