Perbedaan Plugin dan Theme pada WordPress

Perbedaan plugin dan theme pada WordPress

WordPress memiliki banyak daya tarik, di antaranya adalah adanya plugin dan theme. Sebab, kedua komponen ini bisa membuat website Anda lebih komplit secara fungsi dan tampil menarik. Tapi, sebetulnya apa sih perbedaan plugin dan theme pada WordPress?

Di artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa perbedaan plugin dan theme. Nah, tanpa  perlu berlama-lama, yuk simak selengkapnya!

Apa itu Plugin WordPress?

Plugin adalah komponen yang berfungsi untuk menambahkan fitur ke dalam website. Ada fungsi spesifik yang berbeda di setiap jenis plugin. Itulah kenapa setiap plugin memiliki fitur yang berbeda-beda.

Untuk memanfaatkannya, Anda hanya perlu menginstal dan memasang plugin dari direktori plugin WordPress. Prosesnya sangat mudah, dan ada banyak pilihan plugin yang bisa Anda aktivasi.

Tampilan plugin directory pada pembahasan perbedaan plugin dan theme WordPress

Contoh penggunaan plugin adalah ketika Anda memiliki sebuah website toko online, Anda akan membutuhkan beberapa menu di dalam tampilan web. Misalnya. form pemesanan, keranjang toko online, kontak atau beberapa menu lainnya.

Nah, untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut, Anda bisa menginstal plugin tanpa harus menambahkan coding secara manual. Proses pemasangannya pun tidak rumit. Umumnya, kurang dari 5 menit.

Apa itu Theme WordPress?

Theme adalah tema yang bisa dipasang di website WordPress Anda sehingga tampilannya bisa menjadi lebih menarik.

Pemilihan theme pada sebuah website menjadi sangat penting. Itulah alasan banyak pengembang WordPress yang menyediakan banyak theme keren dan menarik yang dapat Anda gunakan. 

theme directory pada perbedaan plugin dan theme WordPress

Jika boleh diibaratkan, theme WordPress adalah sebuah kostum. Dengan menggunakan kostum tertentu, maka nilai karakter serta branding suatu website akan terbangun. 

Itulah mengapa ketelitian dalam memilih tema itu penting bagi sebuah website WordPress.

Cara untuk melakukan perubahan tema pada platform WordPress juga sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke dashboard dan memilih menu Appearance, lalu ke sub menu Themes. Di sana ada banyak pilihan tema yang dapat digunakan. 

Perbedaan Plugin dan Theme WordPress

Dari uraian di atas, apakah Anda sudah paham apa saja yang menjadi perbedaan plugin dan theme pada WordPress? Agar tak salah menyimpulkan, berikut adalah seluruh perbedaan plugin dan theme pada website WordPress:

Plugin adalah sebuah komponen yang digunakan untuk menambah fungsi atau fitur suatu website.

Jadi misalkan tadinya di halaman utama website hanya terdapat satu fitur, dengan pengunduhan plugin, Anda bisa menambah fitur lainnya di halaman tersebut.

Akan tetapi perubahan yang terjadi adalah perubahan fungsionalnya saja. Tampilan juga ikut berubah karena merupakan efek samping dari munculnya tambahan menu pada halaman web saja.

tampilan theme WordPress

Theme adalah sebuah tema yang bisa Anda pasang di website WordPress Anda. Dengan memasang tema, tampilan website Anda akan menjadi lebih menarik.

Jadi, yang diubah di sini hanyalah tampilannya saja, sedangkan fungsi maupun fitur-fitur yang ada di website Anda tidak akan terkena pengaruhnya.

Sudah Tahu Perbedaan Plugin dan Theme pada WordPress?

Bagaimana? Tentunya sekarang Anda sudah paham berbagai perbedaan Plugin dan Theme pada WordPress, kan?

Dengan memahami perbedaannya, sekarang Anda tak perlu bingung lagi untuk memutuskan akan menginstal plugin atau theme pada website WordPress Anda. 

Demikian penjelasan tentang perbedaan Plugin dan Theme pada WordPress. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk ikuti terus artikel di blog jasa pembuatan web terbaik, Niagaweb!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog