Pengertian Iklan Online Contoh dan Jenis Jenisnya

Apakah pernah menemukan iklan yang terkadang muncul pada saat menonton video di Youtube atau aplikasi yang menyediakan layanan untuk streaming film secara online dengan gratis lainnya yang biasa digunakan sehari-hari? Iklan yang muncul tersebut dapat dikenal dengan nama dan merupakan salah satu dari berbagai jenis iklan online yang ada memang secara sengaja dipasang di tempat itu.

Penggunaan dari jenis iklan online ini sendiri tidak dilakukan secara sembarangan dan biasanya juga memiliki tujuan tertentu. Seperti apa bentuk dari iklan satu ini dan juga apa saja contoh yang dapat ditemukan sehari-hari? Simak penjelasannya seperti yang ada di artikel bawah yang satu ini.

Pengertian Iklan Online dengan Jelas dan Menyeluruh

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pengertian iklan online, akan lebih baik jika mengenal terlebih dahulu dan memahami pengertian dari jenis iklan satu ini. Di tengah kondisi zaman seperti saat ini, penggunaan internet sudah menjadi hal yang biasa dan bisa dibilang kebutuhan utama bagi banyak pihak. Maka dari itu, banyak pula yang memanfaatkan penggunaan iklan online ini sendiri.

Pengertian dari iklan online adalah bentuk dari sebuah informasi yang penyampaiannya dilakukan kepada publik menggunakan media internet sebagai aktivitas yang dilakukan untuk  promosi. Maka dari itu, iklan ini biasanya banyak dilihat melalui perangkat seperti HP dan laptop.

Semakin pesatnya perkembangan yang dimiliki oleh teknologi saat ini, iklan ini juga mengalami berbagai jenis perubahan yang ada menyesuaikan dengan perubahan. Saat ini, para pengguna dari internet semakin mudah untuk bisa menemukan iklan ini selama dirinya memiliki akses internet dan perangkat elektronik yang tersambung dengan jaringan itu sendiri.

Tujuan Penggunaan Dari Adanya Iklan Online

Setelah memahami bentuk dari iklan online, maka selanjutnya yang perlu untuk dipahami yaitu berkaitan dengan apa tujuan yang dimiliki oleh penggunaan promosi ini sendiri. Biasanya iklan ini biasa digunakan demi kepentingan untuk melakukan promosi. Misalnya yaitu seperti promosi untuk produk jualan, layanan, kampanye, donasi, bahkan hingga juga pesta politik.

Banyak yang memilih untuk menggunakan iklan online ini sendiri dikarenakan internet akan lebih mudah untuk menjangkau banyak orang dengan lebih luas. Strategi satu ini dinilai akan lebih efektif untuk digunakan dalam sebuah bisnis atau usaha. Cara ini akan semakin meningkatkan pasar yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Jenis-jenis Website dan Contohnya

Kumpulan Dari Jenis dan Contoh Iklan Online Paling Banyak Digunakan

Mengingat bahwa platform yang dimiliki dan banyak digunakan dengan internet ini cukup luas, maka para penggunanya juga bisa menemukan berbagai jenis iklan online yang ada. Dari berbagai jenis ini, maka para pengguna iklan ini dapat lebih menyesuaikan dengan kebutuhan promosi yang dimilikinya.

Tidak hanya melihat jenisnya saja, tetapi juga mengetahui apa saja contoh yang dimiliki oleh iklan online ini perlu juga untuk dilakukan. Hal ini agar lebih memperdalam pengetahuan serta pemahaman yang dimiliki berkaitan dengan iklan ini. Simak penjelasannya seperti yang akan dibahas pada bagian yang ada di bawah ini.

  • Self-service Advertising

Jenis pertama dari iklan online yang akan dibahas yaitu sesuai dengan nama yang dimilikinya yaitu penggunaannya disesuaikan dengan kehendak yang dimiliki oleh pengiklan itu sendiri. Nantinya, isi dari ide, desain, informasi, hingga penempatan iklan sendiri akan diatur dengan maksimal agar dapat menjangkau kelompok yang dijadikan sebagai target iklan itu sendiri.

Keunggulan yang dimiliki oleh jenis iklan satu ini yaitu bagi pengiklan akan lebih dapat dengan leluasa mengendalikan aktivitas yang perlu untuk dilakukan dalam promosi ini sendiri. Contoh dari jenis iklan self-service advertising yang banyak dan dapat dengan mudah pula untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu layanan Google Ads.

  • Sponsorship atau Direct Advertising

Jenis kedua yang akan dibahas pada iklan online kali ini yaitu iklan yang biasanya akan disematkan pada berbagai media online yang ada, salah satunya yaitu seperti website. Pihak dari pengiklan dan juga pemilik dari media tersebut biasanya akan melakukan kerja sama terlebih dahulu untuk bisa melakukan pemasangan iklan ini.

Dari pihak pengiklan sendiri biasanya akan lebih banyak memilih website dengan nilai traffic yang tinggi untuk dijadikan sebagai tempat untuk promosi. Harga yang dipatok untuk pemasangan promosi iklan ini akan menyesuaikan dengan layanan yang dibutuhkan. Ada banyak jenis website yang menerapkan jenis iklan ini untuk dipasang di dalamnya.

  • Contextual Advertising

Jenis ketiga dari iklan online kali ini  yaitu terdapat contextual advertising dengan target yang digunakan yaitu melalui kemunculan dari iklan ini pada sebuah situs web atau media lainnya yang sejenis. Misalnya, yaitu bisa saja seperti bentuk konten yang biasanya ditampilkan pada bagian di browser yang digunakan pada smartphone.

Sistem yang mengatur terkait iklan ini sendiri menggunakan cara yang otomatis sehingga cara untuk pemilihan iklan yaitu dengan bergantung pada konteks yang sedang dicari oleh pengguna dari ponsel tersebut. Iklan yang dimunculkan memang sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Misalnya ketika mencari baju, maka pada web browser akan muncul iklan penjualan baju dan lain sebagainya.

  • Search Engine Marketing

Pada kali ini terdapat pemasaran yang menggunakan iklan online dengan memanfaatkan kata kunci tertentu agar dapat muncul pada bagian teratas ketika dicari oleh penggunanya. Mesin pencarian yang digunakan memanfaatkan sistem dengan program algoritma untuk bisa menemukan mana halaman dari website  yang dapat  muncul berdasarkan kata kunci yang ada.

Misalnya yaitu ketika menggunakan Google atau Yahoo dan sedang mencari informasi menggunakan kata kunci laptop terbaru. Maka, pada bagian mesin pencarian nantinya ketika kata  kunci tersebut digunakan, hasilnya paling atas akan menampilkan halaman web yang berisi  kata kunci laptop terbaru tadi. Web tersebut bisa jadi berisi penjualan atau sejenisnya.

  • Social Media Marketing

Jenis dari iklan online yang lainnya yaitu dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh siapa saja dari seluruh penjuru dunia. Adanya pengguna aktif dalam jumlah yang cukup banyak ini, maka media sosial ini kemudian menjadi sebuah alat atau sarana yang memiliki kualitas bagus untuk dilakukan promosi apa saja.

Hingga saat ini, ada begitu banyak produk yang cukup laris jika dipasang untuk iklan promosi pada berbagai platform media sosial yang ada. Misalnya yaitu seperti media sosial Instagram yang bahkan hingga saat ini juga memiliki kolom menu khusus yang berisi fungsi memudahkan pengguna untuk berbelanja produk.

  • Email Marketing

Jenis lain dari iklan online yang terbilang cukup banyak pula digunakan yaitu email marketing yang sama dengan namanya, cara satu ini memanfaatkan media email sebagai sarana untuk mengirimkan pesan terkait dengan promo yang ada. Media email ini sendiri dapat menjadi sebuah tempat yang sangat tepat untuk bisa melakukan edukasi dan promosi terkait berbagai produk.

Cara pemasaran satu ini biasanya dilakukan dengan mengumpulkan alamat email yang kemudian ditindaklanjuti dengan mengirimkan informasi serta pesan promosi yang diinginkan. Salah satu media contoh iklan online yang menggunakan dan menyediakan layanan promosi satu ini yaitu seperti Kirim Email dan juga seperti layanan Mailchimp.

  • In-text Advertising

Selanjutnya yaitu terdapat jenis iklan online yang terbilang juga cukup banyak dilakukan yaitu dengan menggunakan in-text advertising atau juga inline advertising. Strategi promosi untuk yang satu ini menggunakan cara yaitu  dengan monetisasi dari kata-kata yang terdapat dalam sebuah website tertentu dengan konten yang masih relevan satu dengan yang lainnya. 

Cara yang digunakan yaitu dengan menyoroti kata-kata tertentu yang dianggap sebagai kunci dari tulisan yang ada di dalam artikel itu sendiri. Penawaran yang dilakukan yaitu dapat dibilang cukup luas dan juga variatif bergantung pada produk yang ingin untuk dijual. Contohnya yaitu seperti keluarnya jendela pop-up setelah mengetik link yang ada pada website.

  • Video Advertising

Jenis dari iklan online yang dapat dibilang sangat kreatif dan juga cukup interaktif sehingga dapat menjadi sebuah cara yang cukup efisien serta efektif untuk digunakan yaitu melalui video. Dalam hal ini, pembuat dari iklan sendiri  akan lebih mengedepankan dari sisi visual sehingga dapat ditonjolkan dan memanfaatkan emosi dari penonton atau sasaran pasar produk yang ada.

Cara untuk menggunakan iklan satu ini dapat dibilang cukup efektif untuk digunakan dan biasanya diterapkan jika ingin berjualan dengan cara yang lebih halus atau soft selling. Inti dari cara iklan ini yang perlu untuk diperhatikan yaitu informasi dikemas dengan visual yang menarik.

  • RSS Advertising

Mungkin jenis iklan online untuk yang satu ini cukup jarang terdengar di telinga dan bahkan banyak yang belum tahu mengenai RSS Advertising itu sendiri. Jenis iklan satu ini merupakan sebuah cara yang lebih banyak dilakukan dan iklan yang dipasang nantinya hanya akan dapat ditampilkan untuk konten yang ada di RSS Feed.

Tentu saja kekurangan yang dimiliki oleh jenis konten satu ini yaitu berkaitan dengan tidak banyak orang yang bisa untuk melihat iklan yang dipasang. Namun, keunggulan yang dimilikinya yaitu berkaitan dengan target dari konsumen sudah tertata dengan baik dan bisa jadi lebih loyal. Contoh yang dapat dilihat yaitu misalnya  yang ada pada antaranews.com/rss atau  juga rss.kontan.co.id.

  • Forum Advertising

Jenis terakhir yang ada untuk iklan online kali ini yaitu dinamakan dengan forum advertising yang biasanya lebih memiliki kecenderungan pada forum tertentu yang ada di internet. Forum ini sendiri menjadi sebuah media perantara yang utama untuk pemasangan iklan yang diinginkan tersebut. Biasanya target pasar yang diinginkan untuk penggunaan cara ini lebih cenderung luas.

  • Website Sendiri

Contoh dari penggunaan jenis iklan dengan pemasangan melalui advertising ini yaitu seperti yang biasa dilakukan dengan berbagai macam channel.  Untuk iklan online lebih maksimal tentunya perlu membuat website sendiri baik itu website perusahaan maupun website toko online.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan yang berkaitan dengan pengertuian iklan online itu sendiri yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan maupun pelaku bisnis. Cara pemasangan iklan ini dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Semoga dapat bermanfaat.

Buat Website Mu Sekarang Gratis SSL di Niagaweb
 

Leave a Comment