Manfaat Website Secara Umum & Untuk Bisnis Perusahaan [Terlengkap]

manfaat website .

Website sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tak Heran karena website memberikan banyak sekali manfaat di zaman serba online ini. Baik manfaat secara umum, pada bisnis, pendidikan, hingga ke masyarakat sekalipun.

Lalu, apa saja sih manfaat-manfaat website tersebut? Nah, Anda bisa menemukan penjelasan lengkapnya di artikel ini! Penasaran, kan? Yuk, simak sampai selesai!

Sejarah Website

ilustrasi sejarah manfaat website

Sebelum kami jelaskan tentang berbagai manfaat website, perlu Anda ketahui dulu mengenai sejarah singkat website.

Sejarah website bisa dikatakan lahir dari seorang ilmuwan asal Inggris bernama Tim Berners-Lee. Ia lah sosok yang menemukan World Wide Web atau WWW di tahun 1989 saat bekerja di CERN.

Nah, pada awalnya website hanya digunakan untuk bertukar informasi antar ilmuwan di berbagai universitas maupun institusi di seluruh dunia. Tapi, pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim mulai membuka akses website untuk masyarakat luas.

Sejak saat itu, perkembangan website sangat masif. Di tahun 1994 saja —tiga tahun setelah dibuka ke publik— jumlah website yang aktif mencapai 2.738 website. Sekarang, di tahun 2021 jumlah website aktif ada di angka 1,8 miliar website. Wow!

Baca juga: Jenis-jenis Website dan Contohnya

Manfaat Website Secara Umum

ilustrasi manfaat website secara umum

Berikut dua manfaat website secara umum yang bisa Anda rasakan:

1. Bisa Menyebarkan Informasi dengan Cepat 

Manfaat website secara umum yang pertama adalah sebagai media yang bisa menyebarkan informasi dengan sangat cepat. 

Penyebaran informasi ini bahkan bisa langsung tersebar di berbagai negara pada waktu bersamaan. Alhasil, informasi mengenai apapun dan dimanapun bisa Anda ketahui dalam hitungan menit, bahkan detik.

Bayangkan masa dimana belum ada website. Informasi biasanya butuh beberapa jam, hingga hitungan hari untuk sampai ke telinga Anda. Cukup lama, bukan?

2. Sumber Informasi yang Mudah Diakses

Website tak hanya menyebarkan informasi dengan cepat, tapi informasi tersebut juga sangat mudah diakses oleh siapapun, lho.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan alamat website portal berita atau mengetikan topik tertentu di Google. Dengan cepat, Anda akan langsung mendapatkan informasi yang Anda inginkan.

Manfaat Website Menurut Para Ahli

Lalu, bagaimana manfaat website menurut para ahli? Ada beberapa ahli yang menyampaikan pendapatnya tentang hal ini.

Pertama, ada seorang ahli bernama Sibero yang berpendapat bahwa website adalah suatu sistem yang berguna atau bermanfaat sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, dan berbagai jenis multimedia lainnya pada jaringan internet.

Manfaat website menurut para ahli selanjutnya datang dari Hakim Lukmanul. Beliau berpendapat bahwa website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan berbagai dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

Nah, berdasarkan kedua pendapat di atas, bisa Anda simpulkan bahwa manfaat website menurut para ahli adalah sebagai penghubung antar dokumen baik lokal maupun jarak jauh. Lalu, dokumen tersebut memuat teks, gambar, dan berbagai multimedia lainnya untuk kemudian bisa diakses oleh masyarakat luas.

Manfaat Website Untuk Bisnis dan Perusahaan

manfaat website untuk bisnis

Sedangkan dari sisi bisnis dan perusahaan, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan:

1. Sebagai Toko Online

Manfaat website untuk bisnis pertama adalah website bisa Anda jadikan sebagai toko online. Dengan kata lain, website Anda menjadi tempat aktivitas jual-beli antara Anda dan konsumen. Mulai dari transaksi, melayani pembeli, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Menariknya lagi, berbeda dari toko biasa, toko online di website Anda buka 24 jam! Artinya, konsumen bisa bebas melakukan pembelian kapanpun mereka inginkan. Hal ini tentu saja bisa memperbesar potensi pendapatan Anda, kan?

2. Sarana Promosi Bisnis di Google

Tahukah Anda kalau 81% konsumen melakukan riset informasi dahulu secara online sebelum melakukan pembelian? Riset tersebut utamanya mereka lakukan di Google untuk melihat foto barang, review pembeli, fitur-fitur, dan sebagainya. Anda juga pasti pernah melakukannya saat hendak membeli sesuatu, bukan?

Nah, bayangkan bila bisnis Anda tak memiliki website.

Tanpa website, bisnis Anda tak akan bisa muncul di Google. Dengan kata lain, informasi produk, review konsumen, dan informasi lain yang dibutuhkan tak akan bisa ditampilkan. Efeknya, website Anda tak bisa melakukan promosi di Google dan Anda bisa kehilangan banyak pembeli potensial. Duh, cuan menurun deh.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Menurut survey, 84% konsumen menganggap bahwa website dapat membuat suatu bisnis lebih terpercaya. Apalagi, bila dibandingkan dengan bisnis yang hanya mengandalkan media sosial untuk berjualan. Kenapa?

Website dengan nama domain bisnis Anda sendiri tentu jauh terpercaya dan lebih baik dari sisi branding. Misalnya, www.websitebisnisanda.com.

Selain itu, beberapa layanan website juga menyediakan email hosting yang memungkinkan Anda menggunakan alamat email khas. Misalnya, [email protected] tentu lebih terpercaya dibanding [email protected], bukan?

Baca juga: Kenali Fungsi & Manfaat Email Perusahaan Untuk Bisnis Anda

4. Sumber Informasi dari Bisnis Anda

Manfaat website bagi perusahaan atau bisnis selanjutnya adalah sebagai informasi dari bisnis atau perusahaan Anda. 

Di website, Anda bisa memasang berbagai informasi lengkap mengenai bisnis Anda. Mulai dari jam operasional, keterangan produk, foto, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut tentu saja memudahkan konsumen karena mereka bisa mendapatkan semua informasi di satu tempat yang sama.

Manfaat Website Pribadi

Berikut beberapa manfaat website pribadi bagi Anda. Apa saja?

1. Meningkatkan Personal Branding

Personal branding merupakan bagaimana cara Anda mempromosikan diri sendiri. Nah, salah satu manfaat website pribadi adalah bisa memperkuat personal branding Anda.

Melalui website, Anda bisa menampilkan berbagai informasi lengkap tentang Anda di satu tempat. Hasilnya, orang lain akan lebih mudah mengenal Anda lebih jauh. Plus, akan lebih banyak orang lain yang mengenal diri karena jangkauan website yang luas.

2. Sebagai Portofolio Online

Website pribadi bisa Anda manfaatkan sebagai portofolio yang berfungsi sebagai ajang Anda menunjukan berbagai keahlian dan latar belakang. Anda bisa menampilkan karya-karya terbaik Anda di website, sehingga memperbesar peluang Anda direkrut oleh calon klien atau perusahaan idaman.

Terutama, apabila Anda membuat website pribadi dengan usaha sendiri, maka Anda juga bisa menunjukkan bahwa Anda bisa membuat website. Ini tentu saja bisa menjadi nilai plus sebagai web developer karena menunjukan bahwa Anda mampu membuat website yang baik.

3. Sumber Pendapatan Online

Manfaat website pribadi yang terakhir adalah bisa menjadi sumber pendapatan online Anda, lho. 

Misalnya, Anda bisa menjadi blogger dan mempromosikan produk-produk tertentu untuk endorse. Atau Anda juga menjadi freelance content writer. Bahkan, bila website Anda ramai, Anda juga bisa memasang iklan dan mendapatkan penghasilan rutin dari sana. Menarik, bukan?

Manfaat Website Sekolah

Bagi sekolah, website juga memiliki berbagai manfaat, lho.

Website bisa digunakan sebagai tempat yang menampung berbagai informasi sekolah. Artinya, semua warga sekolah termasuk siswa, guru, hingga para pegawai bisa mengetahui info terbaru melalui website dengan cepat.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan website, tentunya hal ini akan sangat membantu segala kegiatan dan pengelolaan sekolah tersebut, kan?

Sebelum adanya website, sekolah harus mencetak surat selebaran untuk memberikan pengumuman. Lalu, selebaran tersebut ditempelkan pada papan pengumuman yang belum tentu akan dilihat oleh semua warga sekolah.

Hadirnya website bagi sekolah tentu menjadi solusi permasalahan tersebut. Sebab, setiap warga sekolah bisa mencari tahu berbagai hal terkait sekolah melalui website tanpa harus datang langsung ke sekolah.

Manfaat Website Bagi Masyarakat

Ternyata, website juga bermanfaat bagi masyarakat, lho. Manfaat website bagi masyarakat utamanya adalah sebagai sarana informasi modern yang cepat dan mudah diakses. Umumnya, informasi mengenai layanan publik. Seperti administrasi, pendaftaran KTP, SIM, BPJS, dan banyak lainnya.

Selain itu, website juga mampu menjadi sumber hiburan bagi masyarakat. Hiburan yang ditawarkan website dapat berupa bacaan, video, hingga musik. 

Menariknya lagi, setiap website bisa menawarkan hiburan yang berbeda. Jadi, bila masyarakat bosan dengan satu website, mereka bisa mencoba mengecek website lain untuk hiburan yang lebih unik lagi.

Yuk, Bikin Website Sekarang!

Siapa sangka kalau website memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh berbagai lini. Mulai dari pribadi, bisnis, sekolah, hingga masyarakat umum. Maka tak mengejutkan kalau website menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki website? Tenang, Anda tak perlu khawatir akan bingung membuatnya. Sebab, Niagaweb siap membuatkannya untuk Anda. Niagaweb menyediakan jasa pembuatan website dengan biaya super murah dengan fitur yang lengkap.

Yuk, Cek Biaya Pembuatan Web Murah di Niagaweb!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog