7+ Inilah Manfaat Instagram Untuk Bisnis Anda [Terlengkap]

Manfaat Instagram Untuk Bisnis Anda

Tak hanya mengukuhkan diri sebagai salah satu media sosial terpopuler, Instagram saat ini juga telah menjadi sebuah alat bisnis yang sangat mumpuni, lho. Sebagai pebisnis, And tak boleh melewatkan platform yang satu ini. Sebab, ada cukup banyak manfaat Instagram untuk bisnis Anda. Apa saja?

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan dengan lengkap manfaat Instagram untuk bisnis Anda. Mulai dari mempermudah promosi, membantu pemasaran, dan masih banyak lainnya. Penasaran, kan? Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

7+ Manfaat Instagram Untuk Bisnis

Berikut ini beberapa manfaat instagram untuk bisnis yang akan Anda rasakan.

1. Mempermudah Proses Promosi Produk

ilustrasi manfaat instagram untuk bisnis yang bisa mempermudah proses promosi produk

Manfaat pertama yang bisa langsung Anda rasakan ketika menggunakan Instagram untuk bisnis adalah mempermudah proses promosi. Faktanya, ada beberapa cara promosi yang bisa Anda terapkan di Instagram. Mulai dari promosi melalui postingan Anda, bekerjasama dengan influencer, hingga menggunakan Instagram Ads.

Bagi Anda yang masih asing, Instagram Ads adalah layanan iklan online dari Instagram. Jadi, Anda bisa membayarkan sejumlah uang agar postingan Anda bisa menjangkau pengguna yang jauh lebih luas lagi. Alhasil, akan semakin banyak orang yang tahu dengan produk yang ditawarkan meski mereka tidak mengikuti akun bisnis Anda.

2. Menjadi Lebih Tampak Profesional

Ketika bisnis memiliki akun Instagram, maka para pengguna lain melihatnya sebagai sebuah bisnis yang profesional dan lebih terpercaya. Kenapa? Ada dua alasannya:

Pertama, berbagai informasi bisnis Anda bisa dilihat oleh orang lain melalui akun tersebut. Mulai dari daftar produk Anda, alamat, nomor telepon, dan sebagainya. Jadi, pelanggan Anda tak akan kesulitan menemukan informasi yang dibutuhkan.

Kedua, melalui akun bisnis calon konsumen bisa menghubungi Anda dengan mudah. Jadi, bila ada pertanyaan atau keluhan, Anda bisa langsung menjawabnya dengan cepat sehingga meningkatkan reputasi Anda di mata pembeli.

3. Menentukan Strategi Pemasaran Selanjutnya

ilustrasi manfaat instagram untuk bisnis yang bisa membantu menentukan strategi pemasaran selanjutnya

Pada Instagram bisnis, ada fitur yang bernama Insight yang berfungsi untuk memberikan detail informasi mengenai performa akun Anda. Mulai dari jumlah followers, jumlah orang yang mengklik link, tingkat jangkauan postingan, jumlah orang yang melihat post Anda, dan masih banyak lagi. 

Menariknya lagi, Instagram Insight juga bisa memperlihatkan orang yang mengunjungi profil Anda berdasarkan gender, usia, dan wilayah. Alhasil, Anda langsung bisa memasang dan menentukan bagaimana strategi pemasaran yang akan dilakukan berikutnya. 

Contohnya, Anda menjual sebuah produk dan ternyata lebih banyak wanita yang melihat akun bisnis tersebut. Sehingga untuk konten yang akan di posting berikutnya bisa lebih difokuskan membuat para wanita jadi tertarik membelinya. Sangat berguna, bukan?

4. Bisa Memilih Waktu Pemasaran Terbaik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di dalam Instagram Insight terdapat banyak sekali informasi mengenai para pengguna yang melihat akun bisnis Anda. Nah, termasuk jam berapa saja followers Anda sangat aktif menggunakan Instagram.

Setelah mengetahui datanya, Anda bisa merencanakan jam berapa postingan akan mulai tayang. Jadi, ketika postingan sudah tayang, maka bisa segera dilihat oleh para followers Anda dan tidak tenggelam oleh akun lainnya.

5. Pemasaran yang Lebih Terarah

Ketika Anda melihat iklan tradisional di televisi, baliho, dan semacamnya biasanya tema iklan tersebut hanya satu saja, kan? Dengan kata lain, iklan tersebut ditargetkan ke semua orang. Mereka tidak bisa melihat siapa saja calon konsumen dan apakah mereka suka dengan konten iklan tersebut atau tidak.

Hal tersebut bisa membuat iklan menjadi tidak begitu efektif dan bisa membuang banyak biaya. Nah, dengan memanfaatkan Instagram bisnis, Anda bisa membuat sebuah konten iklan untuk pemasaran yang lebih terarah. Artinya, iklan Anda memang menyasar orang yang tepat sehingga mereka akan lebih tergoda untuk membeli produk Anda.

6. Membantu Orang Mengenal Bisnis Anda dengan Mudah

Salah satu manfaat Instagram untuk bisnis Anda adalah kemudahan mengenalkan bisnis Anda ke pengguna lain. Sebab, pada akun Instagram versi bisnis, sudah tersedia banyak bagian yang bisa diisi dengan informasi bisnis yang Anda jalankan. 

Informasi yang bisa Anda isi bisa mengenai nama bisnis, lokasi, kontak, hingga kategori bisnis yang sedang dijalankan. Ini tentu saja akan mempermudah para pengguna Instagram untuk mengetahui dan mengenal bisnis Anda dengan mudah.

7. Menarik Trafik ke Website Anda

Manfaat Instagram untuk bisnis adalah Anda bisa menarik trafik ke website toko online Anda. Jadi, website Anda akan semakin ramai sehingga kemungkinan profit meningkat sangat tinggi, bukan?

Baca juga: Manfaat Website Secara Umum & Untuk Bisnis Perusahaan [Terlengkap]

Nah, pada Instagram untuk bisnis, Anda bisa memasukkan link website pada bio. Dengan begitu, followers Anda yang penasaran atau ingin mendapatkan informasi lebih lengkap akan mengklik link tersebut ke website Anda.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki website bisnis. Sayang sekali bukan bila Anda tak memanfaatkan sepenuhnya potensi trafik yang bisa didapat dari Instagram? Bila Anda belum memiliki website untuk bisnis, tak perlu khawatir! Sebab, Niagaweb akan membuatkannya untuk Anda. 

Saya Ingin Membuat Website untuk Bisnis Sekarang

Fitur Instagram Bisnis

Nah, agar bisa menggunakan Instagram lebih maksimal, maka Anda juga harus bisa memahami fitur-fitur yang ada di dalamnya. Tanpa pemahaman fitur ini, Anda akan kesulitan untuk memaksimalkan Instagram untuk bisnis.

1. Insight

Pertama, ada fitur yang sudah dibahas beberapa kali, yaitu Instagram Insight. Ini merupakan fitur yang paling utama dan memiliki segudang manfaat untuk bisnis Anda. Baik bagi bisnis yang baru berjalan maupun yang sudah beroperasi cukup lama.

Singkatnya, Insight akan menampilkan berbagai data yang berguna untuk merancang strategi pemasaran dan juga melakukan evaluasi. Data tersebut beberapa diantaranya adalah jumlah kunjungan orang, statistik followers, jangkauan postingan, jumlah klik, aktivitas pengikut, dan masih banyak lagi.

2. Instagram Ads

Seperti yang sudah disinggung di atas, Instagram Ads menjadi salah satu fitur yang sangat ampuh untuk mempromosikan produk Anda. Sebab, walaupun pengguna tidak follow akun Anda, mereka akan tetap melihat iklan ini.

Namun, pastikan Anda sudah merencanakan dengan matang sebelum menggunakan Instagram Ads, ya. Sebab, ini adalah fitur berbayar sehingga Anda harus menyiapkan budget yang cukup.

3. Quick Replies

Fitur Instagram untuk bisnis selanjutnya yaitu balas cepat atau Quick Replies. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menyimpan template jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan. Misalnya, ketersediaan produk, jadwal pengiriman, dan sebagainya.

Selain berguna menjawab pertanyaan konsumen dengan lebih mudah dan cepat, Quick Replies juga bisa untuk memberikan pesan perkenalan di awal percakapan, lho. Efeknya, akun Instagram Anda akan memiliki penilaian personal yang lebih hangat dan akrab di mata konsumen.

4. Instagram Shopping

Fitur Shopping ini termasuk yang terbaru dari aplikasi Instagram. Seperti namanya, fungsi fitur ini  adalah untuk memberikan penanda pada setiap postingan Anda sebagai produk yang sedang dijual.

Jadi, dengan keberadaan fitur ini para konsumen bisa melihat secara langsung informasi lengkap dari produk yang Anda tawarkan. Ini tentu saja memudahkan karena mereka tak perlu menghubungi Anda terlebih dahulu dan bisa langsung melakukan transaksi.

5. Swipe Up Instagram Story

Anda pasti tak asing dengan fitur yang satu ini. Swipe up di Instagram Story akan mempermudah pengunjung mengakses website Anda hanya dengan geser ke atas di story.

Memang fitur ini mungkin tidak akan secara langsung memberikan dampak bagi kemajuan bisnis. Namun, bisa mempermudah Anda untuk mencantumkan tautan atau link tertentu pada Story Instagram. Sayangnya, fitur swipe up pada Instagram Story ini baru bisa Anda gunakan kalau sudah punya follower di atas 10 ribu.

Siap Gunakan Instagram untuk Bisnis?

Wah, ternyata Instagram untuk bisnis mempunyai segudang manfaat, ya? Mulai dari mempermudah promosi, membantu Anda menentukan strategi pemasaran, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, terdapat pula fitur-fitur penunjang bisnis yang tak ada di Instagram biasa. Misalnya, Insight, Quick Replies, dan sebagainya. Semua fitur-fitur ini bisa mempermudah Anda menjalankan bisnis di Instagram sehingga mendapatkan cuan maksimal.

Nah, agar profit bisnis Anda semakin meningkat, kami sarankan Anda tak hanya memanfaatkan Instagram untuk bisnis. Melainkan, terapkan juga strategi pemasaran digital lainnya. Dengan begitu, bisnis Anda bisa menjangkau semua orang yang menggunakan berbagai macam platform. 

Terdengar menarik, kan? Anda bisa membaca panduan lengkapnya di → Belajar Digital Marketing: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Strategi Ampuhnya

Bila Anda sedang membutuhkan jasa membutuhkan jasa pembuatan website Bogor maupun di seluruh wiliyah Indonesia bisa menghubungi  kami Niagaweb via online.

Buat Website Mu Sekarang Gratis Domain di Niagaweb
 
0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog