10 Keunggulan Domain Berbayar untuk Website Anda

Keunggulan domain berbayar

Domain dapat mempengaruhi perkembangan website ke depannya, itulah mengapa website bisnis sebaiknya menggunakan domain berbayar. Belum lagi, keunggulan domain berbayar tentu lebih banyak dibanding domain gratisan.

Contohnya, keamanan yang lebih baik, alamat website yang lebih profesional, dan masih banyak lagi. Masih penasaran apakah domain berbayar cocok untuk website Anda? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Domain Berbayar?

Domain bisa disebut sebagai alamat dari website Anda. Contohnya seperti “niagaweb.co.id”, “google.com”, dan lain sebagainya. Domain sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu domain gratis dan domain berbayar.

Ciri khas dari domain gratis adalah nama ekstensi yang lebih panjang dengan embel-embel platform websitenya di akhir tautan. Contohnya, namadomain.blogspot.com atau namadomain.wordpress.com.

Contoh website yang belum menggunakan keunggulan domain berbayar

Sedangkan, domain berbayar adalah nama domain yang ekstensinya lebih pendek, seperti namadomain.com, namadomain.co.id, dan lain-lain. Anda bebas menentukan nama domain dan ekstensinya, dan untuk menggunakannya, Anda harus membeli nama domainnya dulu.

Keunggulan domain berbayar adalah pada keunikan yang ditawarkan

Tentunya domain berbayar memiliki keunggulan dari sisi layanan dan fitur dibanding versi gratisnya. Untuk lebih mengenal lebih dalam tentang keunggulan domain berbayar, Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

10 Keunggulan Domain Berbayar

Meskipun harus merogoh uang lebih banyak, domain berbayar memberi manfaat yang setimpal. Hal ini karena banyaknya keunggulan domain berbayar yang bisa diperoleh. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Alamat yang Lebih Profesional

Domain berbayar dapat mengundang stigma positif dari para pengunjungnya. Hal ini karena jenis domain ini lebih memperlihatkan keseriusan dari pemiliknya dalam mengelola website.

Banyak website gratis yang digunakan hanya untuk melampiaskan hobi dan bukan untuk berbisnis. Domain gratis pun memiliki kesan buruk karena mudah dibuat oleh siapa saja sehingga bisa dimanfaatkan untuk spam, penipu, dan sejenisnya.

Itulah yang membuat domain berbayar lebih menarik. Dengan domain berbayar, Anda bisa membuat domain resmi yang terlihat profesional seperti namadomain.com.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain

2. Tidak Perlu Khawatir Website Dihapus

Keunggulan yang dimiliki domain berbayar berikutnya yaitu tidak perlu cemas dengan risiko penghapusan website. Sebab, Anda dapat terhindar dari risiko di mana website Anda dapat dihapus secara sepihak oleh pemilik platform, seperti WordPress atau Blogger.

Apabila Anda menggunakan domain gratisan, maka ada batasan pengguna yang ketat untuk dipatuhi. Salah satunya tidak boleh menggunakan website untuk bisnis.

Apabila aturan tersebut dilanggar, maka dampaknya bisa membuat website dihapus. Ini akan membuat usaha Anda sia-sia, terutama jika websitenya sudah dibangun dengan baik dan diisi banyak konten juga.

Oleh karena itu, jika Anda memang ingin membuat website untuk bisnis dan branding, lebih baik Anda menggunakan domain berbayar dari awal.

3. Pilihan TLD yang Lebih Beragam

Keunggulan domain berbayar berikutnya adalah dapat akses yang luas ketika memilih TLD. Ada banyak TLD (Top Level Domain) yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Mulai dari country code (.id, .uk, .in, dll.), institusi (.gov, .sch, dll.), hingga yang bersifat umum (.com, .net, dll.).

Ekstensi untuk domain berbayar dan keunggulannya

Pilihan TLD yang sangat banyak ini tentu memudahkan pengunjung untuk mengingat alamat websitenya. Hal ini berbanding terbalik dengan domain gratisan yang memiliki TLD yang terbatas.

Dari TLD, pengunjung juga bisa langsung mengenal jenis websitenya. Contoh .com biasanya digunakan untuk website komersial, .id menunjukkan website dari Indonesia, dan sebagainya.

4. Kapasitas Penyimpanan Besar

Kapasitas storage yang besar juga termasuk keunggulan yang dimiliki domain berbayar.

Oleh sebab itu, pemilik website bisa mengisi websitenya dengan banyak konten. Selain itu, banyaknya kapasitas penyimpanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menginstal aplikasi dan mendapatkan fitur yang diinginkan.

5. Sarana Investasi

Jika Anda ingin berbisnis dalam jual beli domain, maka domain berbayar tentu bisa menjadi sumber penghasilan. Sudah banyak juga orang yang membuat nama domain sebagai sarana investasi mereka.

Keunggulan yang dimiliki domain berbayar ini terjadi ketika nama domain Anda unik dan mudah diingat. Sehingga, banyak pengembang website yang mencari nama domain tersebut dengan menawarkan harga yang besar atau berkali-kali lipat.

Dengan kata lain, apabila punya domain bagus, Anda bisa menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

6. Meningkatkan Performa SEO Lebih Baik

Domain berbayar juga dapat membantu memaksimalkan strategi SEO dalam hal peningkatan trafik. Contohnya ketika Anda mengincar target pembaca orang Indonesia, maka Anda bisa menggunakan TLD untuk website Indonesia, yaitu .id.

Dengan memakainya, pengunjung website akan tahu apakah website tersebut berbahasa Indonesia atau tidak.

Selain itu, domain berbayar yang terlihat lebih profesional dapat menarik banyak pengunjung dan meningkatkan kepercayaan mereka. Apabila pengunjung banyak, tentu performa SEO menjadi lebih baik.

Nah, apabila Anda ingin membangun website yang sudah pasti SEO-friendly, Anda bisa gunakan jasa pembuatan website terbaik dari Niagaweb!

Halaman depan niagaweb

7. Fitur Domain Lengkap

Penyedia layanan domain berbayar biasanya memberikan kendali kepada penggunanya lewat member area. Di sini, Anda bisa melakukan pengaturan untuk domain. Diantaranya seperti:

  • Membuat email bisnis menggunakan domain website. Tujuannya adalah agar bisnis yang Anda jalankan lebih terlihat profesional karena menggunakan alamat domain. Ini juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan dari pengunjung.
  • Menyediakan fitur Domain Lock yang berfungsi untuk mencegah domain dialihkan ke web hosting lain. Jadi, Anda perlu menggunakannya agar domain yang dipakai bisa seterusnya menjadi milik Anda.
  • Meningkatkan keamanan dengan fitur WHOIS. Hal ini membuat privasi lebih terproteksi dengan baik.
  • Transfer domain ke layanan lain.
  • Mendapatkan DNS Management. Tujuannya agar dapat menggunakan domain untuk berbagai layanan.
  • Membuat name server menggunakan nama domain sehingga lebih eksklusif.

Berbagai keunggulan ini tentu tidak bisa didapatkan jika Anda menggunakan domain gratisan.

8. Adanya Bantuan Teknis dari Penyedia Domain

Ketika menggunakan domain gratisan, ada risiko bahwa pemakaiannya tidak permanen atau kadaluarsa. Bisa juga risiko domain tidak bisa diakses karena diblokir oleh penyedia layanan.

Namun, ini berbeda ketika Anda menggunakan domain berbayar. Sebab, domain berbayar dapat mengurangi kemungkinan error hingga kehilangan website. Tak hanya itu, penyedia domain berbayar pun biasanya menyediakan layanan bantuan untuk para pelanggannya.

Layanan tersebut digunakan untuk menolong Anda saat mengalami masalah pada website. Nantinya tim customer support akan memberikan saran dan solusi saat ada pelanggan yang mengalami masalah pada domain website.

9. Meningkatkan Penjualan

Keunggulan yang dimiliki domain berbayar berikutnya adalah dapat meningkatkan penjualan. Layanan bisnis yang dioperasikan lewat situs pasti membutuhkan domain dan hosting terbaik. Contohnya saja website toko online untuk menjajakan produk jualannya.

Di mata konsumen, website dengan domain yang sesuai dengan produk yang dijual akan membuatnya terlihat lebih terpercaya.

Berbeda jika menggunakan domain gratisan yang membuat konsumen ragu untuk membelinya bahkan dipandang sebagai penipuan. Citra domain berbayar bersifat positif yang membuat branding produk menjadi lebih baik.

Pada akhirnya, ini akan memberikan penjualan produk lebih tinggi. Nama domain yang sesuai dengan produk atau brand perusahaan juga dapat memudahkan konsumen untuk mengingat produk atau brand Anda.

Baca Juga: Perbedaan Hosting dan Domain

10. Meningkatkan Kredibilitas di Mata Mitra Kerja

Keunggulan terakhir dari domain berbayar yaitu meningkatkan potensi kerja sama antara client dengan pemilik website. Contohnya, kerja sama antara perusahaan dengan pemilik blog personal.

Untuk mengiklankan produk perusahaan, tentu mereka akan mencari website-website yang memiliki domain berbayar yang jelas lebih terpercaya dan menguntungkan.

Oleh karena itu, saatnya mulai tingkatkan kredibilitas website Anda dengan menggunakan domain berbayar!

Yuk Gunakan Domain Berbayar untuk Website Anda!

Sudah tahu kan bedanya domain berbayar dan gratisan? Dari penjelasan di atas, keunggulan domain berbayar cukup banyak dan bisa memperkuat identitas website Anda. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan domain berbayar dibandingkan yang gratisan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih domain yang tepat. Jika Anda ingin info menarik lainnya tentang website, bisnis, dan juga digital marketing, yuk pantengin terus artikel-artikel di blog Niagaweb!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog