Joomla vs WordPress, Ini Dia Perbedaan Keduanya!

joomla vs wordpress

CMS adalah software yang berfungsi untuk mengelola konten di dalam suatu website. Di luar sana ada banyak CMS yang populer, contohnya seperti WordPress dan Joomla. Lalu, apa sih bedanya Joomla dan WordPress

Perbedaan antara WordPress dan Joomla sering kali ditanyakan oleh orang-orang yang sedang memilih CMS untuk website-nya. Untuk itu, Anda bisa membaca artikel ini lebih dahulu untuk mengetahui rincian perbandingannya, sehingga Anda bisa memilih CMS yang tepat!

Apa itu Joomla?

Joomla adalah jenis CMS open source yang diluncurkan pada September 2005. Artinya Joomla dapat diperoleh, diunduh, di-install, dan bahkan disebarkan secara gratis. Inilah salah satu alasan yang membuat Joomla banyak digunakan.

Joomla bahkan sempat menjadi CMS paling populer kedua setelah WordPress. Tidak heran jika banyak situs yang diciptakan menggunakan Joomla. Misalnya, website The Fashion Spot, MTV Greece, Linux, dan berbagai website lainnya.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh CMS Joomla, yaitu:

  • Penggunaan robust visual dan code editor 
  • Tersedia berbagai extension untuk menambah fitur-fitur website
  • Template dapat digunakan untuk modifikasi tampilan situs
  • Terdapat fitur SEO untuk membantu menaikkan peringkat website di Google

Apa itu WordPress?

WordPress adalah CMS yang diluncurkan pada bulan Mei 2003 dan kini menjadi CMS paling populer yang digunakan. 

Meski cukup lawas dan sudah terbilang populer, jumlah pengguna WordPress semakin meningkat. Beberapa website populer pun menggunakan WordPress untuk membangun website. Misalnya, Techcrunch, BBC America, Sony Music, dan lain sebagainya.

Beberapa fitur unggulan WordPress, yaitu:

  • Pengelolaan menggunakan visual dan code editor yang sudah terinstal
  • Tersedia ribuan plugin untuk menambah fitur website
  • Tersedia ribuan theme untuk mengubah tampilan website
  • Dashboard yang menarik dan mudah digunakan

Perbedaan Antara Joomla Vs WordPress

Meskipun Joomla dan WordPress sama-sama merupakan CMS open source yang populer, keduanya tetap memiliki perbedaan. Apa perbedaan WordPress dan Joomla? Berikut di antaranya:

1. Kemudahan Penggunaan

Perbedaan WordPress dan Joomla yang pertama terletak pada kemudahan penggunaan. Sebenarnya WordPress maupun Joomla sama-sama merupakan CMS yang mudah dipelajari.

Namun, informasi yang tersebar di internet lebih banyak membahas tentang WordPress. Hal inilah yang membuat Joomla terkesan sulit untuk dipelajari.

Proses instalasi Joomla dan WordPress sama-sama dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas yang memungkinkan memasang aplikasi web dengan satu kali klik. Misalnya, Softaculous Installer.

Pada penggunaannya, Joomla dan WordPress memiliki perbedaan pada bagian post editor. CMS Joomla menggunakan post editor TinyMCE. Editor ini identik dengan tampilan Microsoft Office Word. Pengguna yang sudah familiar dengan Microsoft Office Word past akan merasa lebih mudah menggunakan Joomla.

Awalnya, WordPress juga menggunakan TinyMCE. Tetapi WordPress pada versi 5 sudah menggunakan Gutenberg Editor. Jenis editor yang satu ini memiliki prinsip drag-and-drop dengan semua elemen disebut dengan istilah block.

gutenberg editor

Setiap jenis elemen yang ada di WordPress memiliki block-nya sendiri. Pengguna WordPress hanya perlu memilih block yang dibutuhkan ketika akan membuat suatu post. Block-block yang sudah ada pun dapat dipindah-pindahkan dengan mudah.

Bagi pengguna yang belum terbiasa mungkin membutuhkan waktu untuk mempelajari Gutenberg Editor pada WordPress.

Pembuatan post di WordPress sangat mudah hanya dengan menekan pilihan klik Posts, kemudian Add New. Sementara pembuatan post di Joomla membutuhkan alur yang lebih panjang karena harus membuat kategori post terlebih dahulu.

2. Kemudahan dalam Mengubah Tampilan

Tampilan pada WordPress disebut dengan istilah theme, sementara tampilan pada Joomla disebut dengan template. Jenis template yang disediakan Joomla terbatas pada dua template bawaan. Anda bisa memilih template lainnya dengan membeli pada pihak ketiga, seperti ThemeForest atau JoomShopper.

Sementara itu, WordPress menyediakan lebih banyak pilihan theme. Bahkan jumlahnya hingga ribuan dan dapat digunakan secara gratis. Inilah salah satu keuntungan menggunakan WordPress yang menyediakan lebih banyak pilihan theme dibandingkan Joomla.

Selain ribuan theme gratis, pengguna WordPress juga dapat memilih theme berbayar yang disediakan oleh berbagai developer theme WordPress. 

3. Berbagai Fitur yang Digunakan

Joomla Vs WordPress sama-sama memperbolehkan penggunanya untuk menambahkan berbagai fitur menggunakan berbagai add-on. Istilah ini dikenal dengan nama extension pada Joomla. Sementara itu, WordPress menyebutnya dengan istilah plugin.

Namun, kedua CMS ini memiliki perbedaan pada jumlah plugin atau extension yang disediakan. Perbedaan juga terletak pada proses atau cara menambahkan berbagai fitur di dalam suatu website.

Joomla menyediakan ribuan extension yang cocok digunakan berbagai jenis website. Berbagai extension yang disediakan ada yang gratis tapi ada pula yang berbayar. 

Proses instalasinya pun mudah karena sudah ada menu Install Extension di bagian dashboard Joomla. Anda juga bisa memilih “Install from Web” untuk menginstal dengan cara lebih mudah.

WordPress menyediakan plugin yang lebih banyak dari Joomla bahkan mencapai lebih dari 50 ribu jenis plugin. Semua plugin yang disediakan oleh WordPress dapat digunakan secara gratis. Cara instalasinya juga mudah hanya perlu klik “Install Now” dan mengaktifkan plugin yang sudah di-install.

4. Faktor Keamanan

Perbedaan WordPress vs Joomla lainnya juga terletak pada faktor keamanan. Joomla menyediakan fitur otentikasi dua langkah sejak pertama kali digunakan. Selain itu, Joomla juga menyediakan extension keamanan, seperti jomDefender dan jHackGuard.

Sementara itu, WordPress menawarkan pembaruan sistem keamanan otomatis setiap di-update. Plugin keamanan juga dapat di-install di WordPress, seperti Sucuri Security dan WordFence. 

5. Kemudahan untuk Mendapat Bantuan

Informasi bantuan untuk penggunaan Joomla dan WordPress juga berbeda. Anda dapat dengan mudah menemukan informasi maupun bantuan WordPress di internet. Hal ini karena banyak orang yang membahas tentang WordPress.

Selain mempelajari WordPress dari berbagai situs, Anda juga bisa langsung mengunjungi situs resmi WordPress untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Di dalam situs tersebut terdapat berbagai artikel pengetahuan dasar tentang penggunaan WordPress.

plugin wordpress

Sebaliknya, informasi dan layanan bantuan untuk Joomla hosting lebih sedikit daripada WordPress. Meskipun jumlahnya terbatas, Anda tetap bisa mendapatkan informasi tersebut dari internet maupun sumber lainnya, seperti buku atau kursus. 

Anda juga bisa mempelajari lebih dalam tentang Joomla dengan mengikuti forum bantuan resmi dari Joomla. Selain itu, pengguna Joomla juga tergabung dalam berbagai komunitas bantuan online, seperti Youjoomla.

6. Search Engine Optimization atau SEO

Setiap website memerlukan Search Engine Optimization (SEO) agar dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencarian seperti Google. Untungnya, Joomla dan WordPress sama-sama memiliki fitur SEO.

Walau begitu,  keduanya memiliki perbedaan pada cara instalasi plugin atau extension-nya.

Pengguna Joomla dapat melakukan berbagai hal untuk membuat website optimal dengan fitur SEO. Beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Menyematkan nama website pada judul halaman
  • Melakukan optimasi URL halaman
  • Menambahkan keterangan .html di akhir URL
  • Menambahkan extension yang membantu penerapan SEO pada website, misal EFSEO.

Sementara itu, pengguna WordPress dapat mengoptimalkan SEO pada website dengan:

  • Mengubah permalink 
  • Memasukkan alt text pada setiap gambar
  • Menambahkan plugin untuk mendukung SEO di website, seperti Yoast SEO

Anda dapat melihat beragam indikator untuk menentukan tingkat optimalisasi SEO pada setiap postingan. Selain itu, plugin atau extension SEO juga memberikan berbagai saran perbaikan agar SEO pada suatu post lebih optimal.

Joomla Vs WordPress Bagus Mana?

Setelah mengetahui perbedaan antara Joomla dan WordPress, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah  manakah yang lebih baik antara Joomla vs WordPress? Jenis CMS manakah yang harus dipilih untuk membangun website?

WordPress dan Joomla memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Selain itu, Joomla atau WordPress juga memiliki kekurangannya masing-masing. Kini, tergantung pilihan Anda untuk menentukan CMS mana yang akan digunakan.

Namun, pastikan untuk tetap memilih CMS yang menurut Anda paling mudah untuk dioperasikan dan memberikan lebih banyak keuntungan. Anda juga harus mempelajari lebih dalam tentang CMS yang digunakan agar kinerjanya lebih optimal dan memberikan efek positif pada website.

Jika Anda masih bingung pilih mana dan tidak bisa membangunnya sendiri, kini ada banyak jasa membuat website yang memfasilitasi kedua CMS tersebut. Anda juga bisa meminta tolong penyedia jasa untuk merekomendasikan yang terbaik.

Jadi, Pilih Joomla atau WordPress?

Joomla dan WordPress merupakan CMS populer yang memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan keduanya dapat Anda pakai sebagai pertimbangan untuk menentukan mana CMS yang akan Anda gunakan. 

Intinya, apa pun jenis CMS yang dipilih, pastikan Anda memilih CMS yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan website Anda. Semoga sukses, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog