13+ Ide Bisnis Online yang Menjanjikan [Terbaru]

Ide Peluang Bisnis Online

Anda pasti menyadari bahwa keberadaan bisnis online saat ini semakin menjamur. Baik anak muda maupun orang tua berbondong-bondong terjun untuk memulai bisnis online. Alasannya? Selain karena mudah dijalankan, jangkauan pasar bisnis online pun sangat luas. 

Bayangkan, calon konsumen Anda tak hanya terbatas pada kota tempat Anda berjualan. Melainkan, seluruh warga Indonesia yang punya akses ke internet, yaitu sekitar 212 juta (Katadata). Wow! Sangat cuan, bukan?

Nah, apakah Anda tertarik mencoba bisnis online, tapi bingung ingin berbisnis apa? Tak perlu khawatir, di artikel ini kami akan membahas berbagai ide bisnis online yang menjanjikan dengan modal kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

ilustrasi kelebihan dan kekurangan menjalankan ide bisnis online

Eitss, tunggu dulu! Sebelum membahas mengenai ide bisnis modal kecil yang bisa dijalankan secara online, mari ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari bisnis online. Apa saja?

Kelebihan

  • Tak memerlukan tempat khusus — Saat Anda membuka usaha offline, Anda perlu menyediakan tempat. Sedangkan pada bisnis online, Anda bisa menjalankannya dari mana saja sesuai kebutuhan.
  • Buka 24 jam — Usaha offline biasanya juga mempunyai jam operasional tertentu. Misalnya, buka jam 9 pagi dan tutup jam 8 malam. Sementara bisnis online buka nonstop 24 jam, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak pembeli.
  • Modal relatif kecil — Bisnis online tak mengharuskan Anda menyewa tempat yang tentu saja juga termasuk listrik, air, dan semacamnya. Jadi, modalnya relatif lebih kecil dibanding usaha offline.
  • Jangkauan pasar yang luas — Selama ada koneksi internet, siapapun dan dimanapun konsumen Anda berada, mereka bisa melakukan pembelian. Bahkan, Anda juga bisa menjangkau pasar luar negeri, lho!
  • Transaksi lebih cepat — Walaupun pembeli Anda berada ribuan kilometer jauhnya, transaksi pembayaran tetap cepat. Bahkan, proses verifikasi hanya beberapa detik saja. Ini tentu saja menguntungkan bagi Anda dan pembeli.

Kekurangan

  • Harus selalu belajar strategi baru — Persaingan bisnis online begitu ketat, sehingga pengetahuan dasar mengenai bisnis online belum cukup untuk membesarkan usaha Anda. Anda harus selalu belajar strategi baru agar bisa memenangkan persaingan.
  • Marak penipuan — Anda pasti sudah tak asing lagi dengan penipuan bisnis online di Indonesia. Baik pembeli maupun penjual juga sama-sama rentan menjadi korban. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati.
  • Internet masih belum menjangkau seluruh Indonesia — Harus diakui bahwa penggunaan internet di Indonesia belum merata, terutama di daerah pedesaan yang terpencil dan jauh dari pusat kota. 
  • Biaya ongkir — Ongkos kirim ke tempat yang jauh atau daerah-daerah terpencil biasanya mahal. Hal ini juga bisa menjadi kendala dan membuat calon konsumen berpikir dua kali untuk membeli dari Anda.

Ide Bisnis Online Modal Kecil

Setelah Anda tahu kelebihan dan kekurangan bisnis online, berikut beberapa ide bisnis online yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil.

1. Dropshipping

ilustrasi ide bisnis online dengan dropshipping

Sederhananya, dropshipping merupakan bentuk bisnis yang dilakukan dengan menjual produk orang lain. Dengan kata lain, Anda hanya perlu mempromosikan produk tanpa perlu menyediakan stok produk tersebut. Lalu, ketika ada pembeli, Anda menyetor uang kepada supplier sekaligus memberi alamat pembeli supaya barang bisa dikirimkan. 

Lalu, darimana keuntungan yang Anda dapatkan?

Keuntungan dropshipper diperoleh dari perbedaan harga yang dibayarkan oleh pembeli dengan harga yang disetor ke supplier. Misalnya, harga produk dari supplier adalah 50 ribu rupiah dan Anda menjualnya seharga 55 ribu rupiah. Artinya, Anda untung lima ribu setiap produk terjual. Jadi, harga barang yang Anda jual tentunya harus lebih tinggi dari harga supplier supaya tidak rugi. 

Ide bisnis online dropshipping ini mudah untuk memulainya, kok. Anda cukup menjalin kerja sama dengan supplier dan memasarkan produknya melalui berbagai platform. Mulai dari media sosial, website, promosi di WhatsApp, dan sebagainya.

2. Penulis Artikel

Semakin ramainya bisnis online membuat banyak pebisnis yang sadar pentingnya content marketing. Utamanya, melalui artikel blog yang mampu menarik trafik dan meningkatkan kepercayaan calon pembeli ke bisnisnya.

Namun, tidak banyak pengusaha yang memiliki keterampilan menulis artikel yang menarik. Plus, mereka juga tak memiliki banyak waktu untuk membuat artikel berkualitas secara rutin. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai salah satu ide bisnis online untuk menambah pemasukan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya calon klien bisa menemukan Anda. Pertama, Anda bisa mendaftar di platform freelancer dan memilih pekerjaan sesuai keahlian. Misalnya, Sribulancer, Projects.co.id, dan semacamnya.

Kedua, Anda buat website portofolio untuk menampilkan keterampilan Anda. Jangan lupa sisipkan halaman kontak untuk memudahkan calon klien saat ingin menghubungi Anda. Tak tahu cara membuat website? Tak perlu khawatir, Niagaweb siap membantu keperluan pembuatan website Anda.

Saya Ingin Dibuatkan Website Terbaik

3. Kursus Online

ilustrasi menerapkan ide bisnis kelas online

Seperti yang Anda ketahui, pembelajaran secara jarak jauh sedang naik daun akhir-akhir ini. Maka dari itu, membuka kursus online bisa menjadi ide bisnis menjanjikan untuk dicoba. Apalagi, selain siswa, karyawan perusahaan juga banyak yang butuh mengasah skill melalui kursus online.

Bagi Anda yang belum familiar, kursus online merupakan website yang menyediakan beragam materi pengetahuan yang dapat diakses secara berbayar. Baik menggunakan sistem berlangganan atau sekali beli materi tersebut. 

Nah, Anda bisa membuka kursus online di platform e-learning yang sudah banyak bertebaran. Atau Anda juga bisa membuat kursus online sendiri menggunakan WordPress. WordPress menyediakan cukup banyak plugin LMS (Learning Management System) untuk membantu Anda membuat kelas hingga mengelola pembayaran.

4. Jasa Pembuatan Website

Apakah Anda mempunyai keahlian di bidang coding atau sudah terbiasa membuat website? Bila iya, ide bisnis online sebagai jasa pembuatan website bisa Anda coba, lho. 

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

Peluang bisnis ini terhitung menjanjikan karena di zaman sekarang, orang-orang mulai sadar pentingnya keberadaan website. Bahkan, jumlah website di seluruh dunia sudah mencapai angka 2 miliar, lho! (internetlivestats).

Namun, walaupun mereka sudah sadar, tapi mereka belum bisa membuatnya sendiri. Jadi, kadang mereka meminta bantuan orang lain yang sudah paham cara membuat website. Nah, inilah peluang yang bisa Anda manfaatkan. 

Anda bisa mengawali bisnis ini dengan membangun website yang unik sebagai branding dan media promosi jasa Anda. Lalu, lakukan riset terkait target pasar dan sesuaikan tarif jasa yang ditawarkan.

5. Jasa Penerjemah

Bila Anda mahir berbahasa selain bahasa Indonesia, ide bisnis online ini juga patut dicoba, lho. Alasannya, meski akses informasi sudah sangat mudah didapatkan melalui internet, tapi masih ada banyak sekali informasi penting yang hanya tersedia dalam bahasa asing. Utamanya, dalam bahasa Inggris.

Selain itu, untuk orang yang ingin mengenalkan karyanya kepada dunia, biasanya harus dibuat dalam bahasa Inggris dulu. Tak lain karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang paling banyak digunakan. Sayangnya, tools seperti Google Translate seringnya tak bisa diandalkan.

Nah, Anda bisa mengubah kesempatan di atas menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana caranya? 

Pertama, pastikan Anda melengkapi sertifikasi yang dibutuhkan sebelum menawarkan jasa sebagai penerjemah, misalnya sertifikat TOEFL atau IELTS. Lalu, bergabung ke website freelance. Terakhir, Anda coba juga untuk bergabung ke komunitas penerjemah untuk meluaskan koneksi dan mencari calon klien.

6. Berjualan Makanan

Berjualan makanan bisa menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan di zaman sekarang. Alasannya pasti sudah bisa Anda tebak. Yup, siapa sih yang tak butuh makan?

Nah, selain berjualan makanan besar populer seperti nasi goreng, soto, bakso, dan semacamnya. Anda juga bisa berjualan makanan kering ringan seperti sale pisang, keripik,roti kering, dan kacang telur. Asal disimpan dengan baik, makanan kering seperti itu tentu bisa tahan lebih lama dibandingkan makanan basah.

Atau, Anda juga bisa berjualan frozen food alias makanan beku. Frozen food ini sedang ngetren akhir-akhir ini, lho. Sebab, menawarkan kepraktisan dengan harga yang bersahabat. Jadi, Anda juga bisa mencoba ide bisnis ini.

7. Menjual Berbagai Produk Kecantikan

Saat ini banyak orang yang terbukti memperoleh banyak uang dari penjualan produk kecantikan. Baik itu makeup maupun skincare lain yang dijual secara online. Mulai dari berjualan di media sosial, marketplace, di website sendiri, dan banyak lainnya.

Varian produk kecantikan yang Anda jual juga bisa sangat beragam. Bisa produk lokal maupun impor. Bisa lipstik, lip balm, lip thin, dan sebagainya. Kebebasan ada di tangan Anda. Namun perlu diingat, pastikan Anda menjual produk kecantikan yang terdaftar BPOM dan tidak palsu ya.

Nah, supaya tidak bingung berjualan apa, sebelum memulai berjualan, Anda bisa mencari tahu tentang tren produk kecantikan terbaru. Caranya, Anda cek review dari beauty influencer yang terpercaya di media sosial. 

8. Menjual Produk Fashion

Sama seperti berjualan makanan, penjualan produk untuk keperluan fashion memang tidak akan pernah mati. Baik itu pakaian, sepatu, tas, dan aksesoris, pasti selalu ada yang mencari setiap harinya. Alasannya juga sama: siapa sih yang tidak pakai baju?

Terlebih lagi, produk fashion tidak akan kadaluarsa dan mudah dikemas. Maka, tidak heran jika produk ini memenuhi berbagai marketplace dan media sosial. Anda juga pasti sering menemukannya, bukan?

Maka dari itu, menjual produk fashion tentu menjadi ide bisnis online yang bagus untuk diterapkan. Anda juga bebas menjual produk fashion impor atau produk fashion lokal yang diproduksi oleh orang Indonesia. Toh, saat ini sudah banyak produk fashion lokal yang bagus dan kualitasnya tidak kalah dari produk impor. 

9. Jasa Desain Grafis

Hampir mirip dengan jasa penulis artikel, jasa desain grafis juga sedang tinggi peminatnya.  Pasalnya, selain tulisan untuk promosi, desain grafis juga sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Entah itu untuk logo, kemasan produk, brosur, dan desain lainnya. 

Apalagi, semakin banyak tempat usaha yang dibuka, maka kebutuhan desainer grafis tentu semakin meningkat. Ladang cuan banget, kan?

Nah, menyediakan jasa desain grafis dapat menjadi ide bisnis rumahan untuk Anda yang memiliki keterampilan desain yang baik. Seperti halnya penulis artikel, Anda bisa memperoleh klien dari berbagai platform freelancer. Nantinya, kalau nama Anda sudah cukup besar, Anda bisa membuat sebuah website portofolio agar semakin meyakinkan.

10. Jasa Edit Video

Apakah Anda mempunyai keahlian atau hobi mengedit berbagai macam video? Bila iya, ide bisnis jasa edit video juga merupakan peluang bisnis menarik di zaman sekarang, lho.

Pasalnya, jumlah YouTuber semakin meningkat, sehingga permintaan untuk jasa edit video alias video editor juga bertambah. Selain itu, banyak bisnis yang juga mulai menerapkan video marketing sebagai upaya digital marketing mereka.

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai mempromosikan jasa Anda melalui platform-platform freelance. Lalu, jangan lupa juga untuk mempromosikannya melalui berbagai media sosial Anda. Pastikan Anda menampilkan contoh karya atau portofolio video Anda agar lebih menarik.

11. Berjualan Ebook

Berkat perkembangan teknologi, orang-orang semakin mudah jika ingin membaca buku. Kenapa demikian?

Sebab, adanya buku digital alias ebook yang bisa diakses melalui berbagai perangkat. Jadi, mereka bisa membaca kapanpun dan dimanapun tanpa perlu ribet membawa banyak buku. Maka dari itu, tidak heran jika sekarang banyak toko buku yang tak hanya menjual buku cetak, tapi juga ebook.

Jika Anda tertarik dengan peluang bisnis online ini, Anda perlu memiliki keterampilan menulis dan membuat ebook yang menarik. Mulai dari layouting, desain ilustrasi sederhana, dan sebagainya.

Setelah itu, Anda bisa mulai berjualan ebook yang Anda tulis melalui toko buku digital, seperti Google Play Store. Bila pembelinya sudah banyak, Anda bisa mulai membuat blog atau website untuk memasarkan karya ebook Anda.

12. Menjual Aksesoris Gadget

Ide bisnis modal kecil selanjutnya adalah menjual aksesoris gadget. Sebab, seperti yang Anda ketahui, berjualan handphone ataupun gadget lain pasti membutuhkan modal yang cukup besar. Apalagi, semakin banyak orang yang memiliki gadget, tentu permintaan akan aksesorisnya juga ikut meningkat.

Nah, ada banyak aksesoris gadget yang bisa Anda jual. Mulai dari charger, case, headphone, earphone, kable USB, tempered glass, dan masih banyak lainnya. Anda bisa mengecek tren aksesoris gadget apa yang sedang diminati pada marketplace. 

Oh ya, untuk charger, biasanya memang sudah ada bersama handphone. Namun tentunya charger itu tidak bisa dipakai selamanya dan bisa rusak sewaktu-waktu. Apalagi sekarang tren handphone tanpa charger juga semakin meningkat.

13. Usaha Catering Makanan

Usaha catering makanan bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan untuk Anda yang gemar memasak. Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa memperoleh penghasilan dari hobi itu. Enak, bukan?

Jika rumah Anda berjarak dekat dengan daerah perkantoran, Anda bisa menawarkan usaha ini pada pegawai kantor itu. Coba buat menu yang menarik dan bervariasi setiap harinya. Sehingga kantor-kantor tersebut tak ragu berlangganan catering dengan Anda.

Lalu, bagaimana jika rumah Anda jauh dari perkantoran? Tak perlu khawatir! Meski tidak dekat perkantoran, Anda tetap bisa menjalankan usaha ini, kok. Misalnya, usaha catering untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, dan semacamnya.

14. Bergabung Afiliasi

Ide bisnis online terakhir yang bisa Anda coba adalah bergabung afiliasi. Afiliasi adalah kegiatan mempromosikan bisnis orang lain dan Anda akan mendapatkan komisi bila ada yang membeli dari Anda. 

Dengan kata lain, tugas Anda hanya promosi saja dan sudah bisa mendapatkan cuan. Jadi, selama Anda terhubung ke internet, Anda berpotensi mendapatkan penghasilan. Walaupun Anda melakukannya sambil rebahan di kasur sekalipun.

Nah, jumlah komisi yang ditawarkan setiap afiliasi tentunya berbeda-beda. Mulai dari 30%, 50%, hingga 70% seperti Program Afiliasi Niagahoster. Anda tinggal pilih saja mana produk yang Anda sukai dan komisinya sesuai kebutuhan Anda.

Mana Ide Bisnis Online Pilihan Anda?

Itulah tadi beberapa ide bisnis online menjanjikan dengan modal sedikit yang bisa Anda coba. Tenang saja, walaupun modalnya tak banyak, tapi Anda berpotensi meraih keuntungan berkali-kali lipat, lho! Maka dari itu, mana ide bisnis online pilihan Anda?

Bila Anda mempunyai ide bisnis online modal sedikit lainnya, tak perlu sungkan meninggalkannya di kolom komentar di bawah ya! Semoga sukses menerapkan ide bisnis online di atas ya.

0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog