Email Bisnis: Pengertian, Cara Membuat dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda [Terlengkap]

Email Perusahaan

Email merupakan hal yang tak terpisahkan dari jagat maya. Faktanya, pengguna email di seluruh dunia hampir mencapai 4 miliar pengguna (Statista). Maka dari itu, bila Anda mempunyai bisnis online, email merupakan aspek yang harus Anda perhatikan.

Utamanya, Anda tak boleh menggunakan email personal gratis seperti @gmail.com atau @yahoo.com untuk kepentingan bisnis. Melainkan, Anda harus menggunakan email bisnis yang memang ditujukan bagi pengusaha. 

Lalu, apa itu email bisnis? Kenapa bisnis harus menggunakan email bisnis? Bagaimana cara membuat email bisnis? Tenang, kami akan membahas semuanya dengan lengkap di artikel ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai!

Apa Itu Email Bisnis?

ilustrasi pengertian email bisnis

Seperti namanya, email bisnis adalah email yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Berbeda dari email personal, email bisnis mempunyai alamat email yang khas sesuai bisnis Anda. Misalnya, alih-alih [email protected], Anda bisa menggunakan alamat email seperti [email protected]

Coba bayangkan, sebagai konsumen, mana email yang terlihat lebih profesional dan terpercaya di mata Anda? Pasti email [email protected], kan? Oleh karena itu, sudah saatnya Anda berhenti menggunakan email personal untuk kepentingan bisnis. Jangan sampai calon konsumen Anda mengurungkan niat membeli karena melihat alamat email personal Anda.

Manfaat Email Bisnis

Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat email bisnis yang bisa Anda rasakan:

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen — Berdasarkan survey Verisign, 65% pelanggan lebih percaya email bisnis dibanding email dengan domain personal seperti Gmail dan Yahoo. Alhasil, dengan email bisnis maka konsumen akan lebih percaya untuk membuka email yang Anda kirim. 
  • Sarana Branding Anda — Dikarenakan email bisnis menggunakan nama bisnis atau perusahaan Anda, maka bisa membantu branding Anda secara tak langsung, lho. Efeknya, bisnis Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang.
  • Keamanan yang Lebih Baik — Email bisnis biasanya mempunyai sistem keamanan yang lebih canggih dibanding email personal. Jadi, Anda akan terlindung dari malware, virus, atau hacker yang berusaha mencuri data melalui email.
  • Kaya Fitur — Selain fitur keamanan, email bisnis juga memiliki fitur yang lebih lengkap. Misalnya, mengirim email ke ribuan orang per hari, fitur mengirim pesan ke puluhan orang sekaligus, atau lampiran yang berukuran lebih besar.

Cara Membuat Email Bisnis

Setelah Anda tahu pengertian dan manfaat email bisnis, berikut empat cara membuat email bisnis. Anda bisa mencoba salah satu cara yang menurut Anda paling cocok dengan kebutuhan.

1. Google Workspace

Cara pertama adalah menggunakan layanan email bisnis dari Google yaitu Google Workspace atau yang dulunya bernama G Suite. Bila Anda menggunakan layanan ini, Anda dapat memakai nama email bisnis dengan user interface Gmail. 

Oh ya, Google Workspace ini merupakan layanan berbayar. Namun, Anda bisa mencoba gratis selama 14 hari. Setelah itu, Anda harus membayar mulai dari $ 4.20 per bulan untuk melanjutkan layanan Google Workspace

Lalu, bagaimana cara membuat email bisnis dengan Google Workspace? Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, kunjungi website Google Workspace di https://workspace.google.com/intl/id/, lalu klik Mulai Uji Coba Gratis.

klik mulai uji coba gratis pada google workspace

Selanjutnya, isi kolom sesuai keterangan. Mulai dari nama bisnis Anda, jumlah karyawan, hingga negara dimana bisnis Anda dibuka. Setelah itu, klik BERIKUTNYA.

isi keterangan email bisnis Anda pada google workspace

Kemudian, Anda akan diminta memasukkan data diri seperti nama lengkap, alamat email pribadi Anda, hingga nomor telepon bisnis. Bila Anda sudah mengisi semuanya, klik BERIKUTNYA.

Lalu, Anda akan ditanya apakah bisnis Anda sudah memiliki nama domain website sendiri. JIka sudah memiliki, Anda pilih Ya.

Selanjutnya, masukkan nama domain website bisnis Anda di kotak yang tersedia, lalu klik BERIKUTNYA.

masukkan nama domain email bisnis Anda di Google Workspace

Kemudian, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi apakah nama domain tersebut memang benar. Jika memang sudah benar, klik BERIKUTNYA.

Anda akan ditanya apakah Anda bersedia dikirim newsletter dari Google. Pilih salah satu opsi untuk melanjutkan.

Langkah terakhir, Anda harus mengisi nama pengguna dan sandi yang nantinya digunakan untuk login ke email bisnis tersebut. Jika sudah, klik SETUJU DAN LANJUTKAN. Selamat, Anda sukses membuat email bisnis menggunakan Google Workspace!

2. Email di cPanel

Apakah Anda sudah berlangganan hosting dan domain? Sebab, Anda bisa dengan mudah membuat email bisnis melalui cPanel yang sudah termasuk dengan paket hosting Anda. Bagaimana caranya?

Pertama, login ke cPanel melalui alamatwebsiteanda.com/cpanel. Lalu, klik Email Accounts pada menu EMAIL.

Lalu, klik Create seperti gambar di bawah ini:

Selanjutnya, isi kolom yang disediakan sesuai keterangan. Mulai dari username email Anda, password, kapasitas penyimpanan email, dan sebagainya. Bila sudah, klik Create. Selesai! Anda sudah berhasil membuat email bisnis melalui cPanel.

3. Email Hosting

Cara membuat email bisnis yang terakhir adalah dengan berlangganan email hosting. Terutama, bila Anda harus mengirim ribuan email setiap harinya. Sebab, Google Workspace maupun cPanel membatasi email yang Anda kirim per hari sekitar dua ribu email saja.

Lalu, berapa email yang bisa dikirim oleh email hosting setiap harinya? Nah, hal tersebut tergantung layanan email hosting yang Anda pilih. Misalnya, email hosting Niagahoster memungkinkan Anda untuk mengirim email hingga 9600 email per hari.

contoh email hosting niagahoster untuk membuat email bisnis

Tak hanya itu, tapi email hosting Niagahoster juga memungkinkan Anda untuk mengirim ke 50 penerima dalam sekali kirim. Ini tentu saja akan menghemat waktu Anda karena tak perlu mengirim satu-satu. 

Semua kelebihan tersebut bisa Anda dapatkan mulai dengan 80 ribu rupiah per bulan, lho! Tertarik menggunakan email hosting dari Niagahoster? Klik saja tombol di bawah ini ya!

Cek Email Hosting Murah Niagahoster Sekarang

Siap Gunakan Email Bisnis?

Ternyata, email bisnis mempunyai banyak manfaat untuk bisnis Anda, kan? Selain terlihat profesional, alamat email Anda juga lebih terpercaya sehingga konsumen kemungkinan besar membuka email Anda.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sistem keamanan yang lebih canggih dibanding email gratis biasa. Alhasil, Anda dan konsumen akan aman dari percobaan spam, malware, maupun hacker yang jahil.

Nah, membuat email bisnis pun juga tak sulit. Anda bisa menggunakan Google Workspace, membuat email bisnis melalui cPanel, hingga berlangganan email hosting. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan.

Bila Anda mempunyai pertanyaan seputar email bisnis, Anda bisa meninggalkannya di kolom komentar di bawah ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Niagaweb Blog