Apa Itu Disk Space? Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya!

Disk space adalah kapasitas penyimpanan komputer atau server

Disk space adalah kapasitas penyimpanan yang ada di komputer. Pada hosting, disk space juga berfungsi untuk mengecek kapasitas penyimpanan. Bedanya, penyimpanan tersebut dilakukan oleh server.

Fungsi disk space pada hosting umumnya adalah untuk menyimpan semua data. Baik itu aplikasi, video, gambar, sampai dengan file backup.

Lalu, apa itu disk space dalam web hosting? Mari kita lihat penjelasan lebih detail lagi di artikel berikut!

Apa itu Disk Space?

Disk space adalah komponen penting dalam web hosting. Sebab, disk space adalah tempat penyimpanan semua database yang membantu website untuk bisa diakses online.

Jadi, apabila tidak ada disk space, maka data website tidak bisa tersimpan.

Nama lain dari disk space adalah storage atau web space. Kedua istilah tersebut merujuk pada wadah kosong pada server untuk menyimpan berbagai konten website.

Disk space adalah penyimpanan yang bisa dilakukan oleh komputer atau server

Disk space di hosting memiliki peranan yang besar. Analoginya seperti sebuah koper yang mampu menampung berbagai barang di dalamnya. Jadi, fungsi disk space pada hosting yaitu untuk memastikan informasi di dalam website terjaga dengan baik.

Sebagai contoh, informasi yang berupa postingan blog, gambar, sampai logo website.

Dengan kata lain, disk space adalah kunci bagi kesuksesan website. Tanpa memiliki penyimpanan dengan kapasitas yang cukup serta aman, performa website bisa terganggu.

Untuk bisa mendapatkan disk space sesuai kebutuhan website Anda, Anda bisa menggunakan jasa web yang terpercaya.

Apa Unlimited Disk Space Memang Tersedia?

Setelah mengetahui apa itu disk space hosting, hal menarik yang banyak ingin diketahui para pemilik website adalah apakah unlimited disk space memang benar-benar ada?

Pertanyaan ini muncul karena banyak penyedia yang menyatakan memiliki penawaran unlimited disk space.

Unlimited disk space adalah kapasitas penyimpanan yang seharusnya tidak ada batasan penggunaan.

Namun, apabila penyimpanan ke disk space hostingnya sudah berlebihan, perusahaan hosting dapat menyarankan untuk mengurangi penggunaan. Selain itu, bisa saja direkomendasikan untuk melakukan upgrade jenis hosting ke VPS atau dedicated server.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pernyataan unlimited disk space disini bukan merujuk penggunaan tanpa batas. Akan tetapi, lebih kepada cara penyedia layanan untuk mengelola resource yang diberikan kepada pelanggan. Dengan begitu, setiap penggunanya bisa memenuhi kebutuhan websitenya dengan baik.

Cara Untuk Menilai Kebutuhan Disk Space dan Menghematnya

Sekarang saatnya melihat kebutuhan disk space website Anda. Dengan begitu, Anda mampu memilih hosting yang tepat untuk menyimpan berbagai file website.

Untuk memperhitungkannya, ada beberapa poin penting yang mempengaruhi kapasitas space hosting. Berikut di antaranya:

1. Perhatikan Kebutuhan Gambar, Video , dan Audio

Untuk memperhitungkan kebutuhan website, Anda perlu memprediksi gambar, video, dan audio yang akan digunakan. Sebab, seluruh konten tersebut berpengaruh besar pada kebutuhan ruang penyimpanan.

Meski gambar dan video membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, Anda masih bisa mengelolanya dengan baik. Caranya dengan mengubah dan mengoptimalkan ukuran gambar tersebut sebelum diunggah.

Disk space adalah kapasitas penyimpanan yang terkait aset di website

Selain itu, Anda bisa juga melakukan embed video dibanding mengunggahnya langsung.

Disk space yang penuh juga mempengaruhi kecepatan akses website sehingga sering mengakibatkan lemot.

2. Penggunaan Untuk Toko Online

Website yang khusus untuk toko online umumnya lebih membutuhkan banyak ruang. Jadi, disk space yang besar harus tersedia.

Disk space untuk toko online membutuhkan disk space untuk menyimpan berbagai gambar produk dan multimedia pendukung lainnya.

Tampilan toko online yang membutuhkan disk space besar

Ini berbeda dengan situs pribadi yang biasanya memiliki kebutuhan aset media yang lebih kecil. Walau begitu, situs pribadi bisa saja meningkat kebutuhannya seiring berjalannya waktu dan jumlah pengunjung yang masuk.

Dengan begitu, pilihlah penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan website. Contohnya seperti VPS yang memiliki kemampuan untuk melakukan upgrade sehingga lebih fleksibel.

3. Kebutuhan Email yang Membutuhkan Space

Penting diketahui bahwa email untuk website juga bisa membuat disk space penuh. Apalagi jika jumlah akunnya banyak. Email juga bisa meningkatkan memori disk space apabila penggunaannya yang besar.

Awalnya mungkin penyimpanan email hanya butuh space dengan ukuran kecil. Namun, ketika email tersebut semakin banyak, maka kebutuhannya juga lebih besar. Untuk mengelolanya lebih baik, Anda bisa menghapus email yang tidak penting.

Cara Cek Disk Space Dalam Hosting

Untuk mengetahui berapa banyak disk space yang sudah terpakai pada hosting Anda, Anda hanya perlu masuk ke control panel. Selanjutnya, lihat di bagian Statistic dan pada kolom Disk Usage.

Setiap penyedia hosting akan memberikan tampilan dasbor yang membuat pelanggannya dapat melihat konsumsi dari penggunaan sumber daya. Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan berbagai konfigurasi untuk meningkatkan performa website.

Perbedaan Disk Space dan Bandwidth

Disk space dan bandwidth sering dikaitkan bahkan dianggap sama. Padahal, disk space dan bandwidth jelas berbeda.

Disk space adalah kapasitas penyimpanan atau ruang untuk menyimpan data yang ada di server. Sedangkan bandwidth adalah kuota data situs yang dikoneksikan dari pengunjung.

Jadi, bandwidth bertugas dalam mengelola lalu lintas data yang diakses oleh pengunjung, yang mana dapat mempengaruhi kecepatan loading website.

Jenis Disk Space

Disk space terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • HDD atau Hard Disk Drive. Jenis yang berbentuk piringan cakram dan terdapat data yang bisa dibaca.
  • SSD atau Solid State Drive. Jenis yang lebih modern dimana dapat memproses data dalam hal booting, transfer file, dan perawatan dengan lebih cepat.

Yuk Cek Kebutuhan Disk Space Website Anda!

Demikian penjelasan lengkap apa itu disk space. Intinya, Disk space adalah wadah untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan website.

Pemilihan disk space yang tepat akan mempengaruhi keberlanjutan website Anda karena jumlah pengunjung yang tinggi tentunya membutuhkan disk space yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog