Company Profile: Pengertian, Fungsi, Isi, dan Tips Membuatnya

Company profile adalah suatu profil atau gambaran umum tentang sebuah perusahaan. Hal ini penting, karena company profile dapat memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas.

Tapi, sebetulnya apa itu company profile? Lalu seperti apa isi dari company profile? Untuk tahu jawabannya, yuk simak langsung informasi di bawah ini!

Apa itu Company Profile?

Company profile adalah informasi penting tentang gambaran umum perusahaan. Hal ini dipakai biasa dipakai sebagai bentuk perkenalan diri perusahaan kepada masyarakat umum.

Sebenarnya ada beberapa arti company profile menurut pendapat ahli. Setiap arti company profile ini menitikberatkan pada elemen atau isi company profile itu sendiri. Berikut beberapa contohnya.

  • Kasali (2005): Company profile adalah sebuah gambaran tertulis tentang sebagian fakta yang dimiliki suatu perusahaan karena perusahaan tersebut memiliki hak untuk memilih dan membatasi diri pada hal-hal yang ingin disampaikan di luar.
  • Kriyantono (2012): Company profile adalah sebuah dokumen yang dapat berupa tulisan praktisi public relations. Di dalamnya berisi berupa gambaran umum suatu perusahaan.
  • Ruslan (2014): Company profile adalah merupakan informasi berisi aspek historis perusahaan, susunan komisaris, jajaran direksi, jumlah kantor cabang, jenis produk atau jasa, nilai-nilai filosofi, struktur organisasi, dan manajemen yang dikemas dalam suatu format menarik.

Nah, untuk bentuknya company profile dapat dibuat dalam format tulisan, brosur, video, website, dan lainnya.

Namun, apapun formatnya, profil perusahaan mesti dibuat dengan desain yang menarik. Karena tujuan utama dalam pembuatan company profile adalah memberikan kesan atau citra positif terhadap perusahaan tersebut.

Selain dapat menarik perhatian masyarakat luas, harapannya company profile yang dibuat menarik juga bisa membuat para investor tertarik untuk berinvestasi ke perusahaan tersebut.

Baca juga: Contoh Website Perusahaan dan Toko Online Terbaik

Fungsi dan Manfaat dari Company Profile

Sebenarnya apa sih pentingnya company profile? Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dari company profile, yaitu:

1. Memberikan Gambaran Umum Tentang Perusahaan

Fungsi atau manfaat pertama dari company profile adalah mampu digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang suatu perusahaan. Hal ini karena di dalam company profile terdapat sejarah, visi, misi, alamat, dan informasi identitas perusahaan lainnya.

Ketika membaca company profile suatu perusahaan, masyarakat awam juga akan mendapat gambaran secara umum tentang bisnis atau usaha yang dijalani oleh perusahaan tersebut.

2. Memperkuat Branding Perusahaan

Company profile juga harus berisi kelebihan atau keunggulan yang dimiliki perusahaan tersebut dibandingkan dengan perusahaan kompetitor lainnya. Itulah mengapa company profile memiliki peranan yang penting dalam memperkuat branding perusahaan.

Tentu saja agar branding perusahaan terlihat lebih positif, company profile harus dibuat dengan desain yang menarik. Selain itu, pemilihan kata atau kalimat dalam company profile juga harus diperhatikan dengan baik.

3. Menjadi Media Marketing

Selain digunakan sebagai media branding, company profile juga bermanfaat sebagai media marketing atau pemasaran.

Sebab, profil perusahaan harus berisi tentang produk atau jasa yang ditawarkan atau dijual agar dapat berfungsi sebagai media pemasaran.

Dengan begitu, para calon konsumen atau bahkan investor dapat membaca informasi tentang produk dan jasa secara ringkas dalam company profile tersebut.

Baca juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Isi Company Profile

Company profile berisi berbagai informasi tentang suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa informasi penting yang wajib ada di dalam company profile, yaitu:

1. Identitas Umum Perusahaan

Isi atau informasi pertama yang harus ada di dalam company profile adalah informasi tentang identitas perusahaan. Informasi ini dapat berguna sebagai pengantar dalam company profile. Berikut ini informasi identitas perusahaan tersebut, yaitu:

  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Tanggal didirikan
  • Bidang usaha
  • Alamat website
  • Alamat email
  • Nomor telepon
  • Link media sosial

2. Detail Informasi tentang Perusahaan

Selain informasi tentang identitas umum perusahaan, company profile juga harus mengandung informasi perusahaan yang lebih detail. Beberapa informasi perusahaan yang dimaksud, yaitu:

  • Visi perusahaan
  • Misi perusahaan
  • Deskripsi produk atau jasa yang ditawarkan
  • Sejarah perusahaan
  • Informasi tentang tim atau manajemen perusahaan
  • Portofolio

3. Kelebihan atau Keunggulan Perusahaan

Informasi lainnya dalam company profile adalah kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh perusahan. Informasi ini sangat penting untuk disampaikan agar citra perusahaan dapat dinilai positif oleh orang-orang yang melihatnya.

Selain itu, keunggulan perusahaan juga sangat perlu disampaikan agar pelanggan dan investor tertarik dengan perusahaan tersebut. Informasi ini juga bisa menunjukkan kelebihan perusahaan tersebut dengan perusahaan kompetitor lainnya dalam bisnis serupa.

4. Pencapaian atau Prestasi Perusahaan

Selain kelebihan atau keunggulan perusahaan, company profile juga harus berisi tentang pencapaian atau prestasi yang pernah diraih perusahaan. Informasi ini dapat menjadi nilai tambah tersendiri dalam membangun citra perusahaan. Sehingga pelanggan dan investor lebih tertarik dan yakin memilih perusahaan tersebut.

Berikut ini beberapa isi tentang pencapaian perusahaan dalam company profile, yaitu:

  • Sertifikat
  • Penghargaan
  • Program khusus yang pernah dijalankan
  • Testimoni atau review dari pelanggan sebelumnya
  • Pengakuan dari media
  • Pencapaian atau prestasi perusahaan di tingkat nasional dan internasional juga bisa menjadi nilai lebih untuk perusahaan.

5. Berbagai Informasi Tambahan Lainnya

Selain beberapa informasi sebelumnya, company profile juga dapat berisi berbagai informasi tambahan. Berikut ini berbagai informasi tambahan yang dapat dimasukkan dalam company profile, yaitu:

  • Jumlah karyawan
  • Mitra yang bekerja sama
  • Bukti foto maupun video
  • Pertumbuhan perusahaan

Tips untuk Membuat Company Profile Berkualitas

Bagaimana ciri-ciri company profile yang baik? Company profile yang baik tentu saja berisi informasi detail tentang perusahaan. Informasi tersebut disampaikan dengan jelas dan memiliki desain menarik.

Nah, untuk membuat company profile dengan benar dan menarik, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan dan Gaya yang Ingin Digunakan

Tips pertama yang harus diperhatikan ketika membuat company profile adalah menentukan tujuan dan gaya yang ingin digunakan. Artinya, sesuaikan desain dan format company profile dengan tujuan dari pembuatan company profile tersebut.

Misalnya, company profile dapat dibuat dengan tampilan resmi, tradisional, kekinian, atau berbagai gaya lainnya sesuai tujuan perusahaan.

2. Ceritakan Visi dan Misi Perusahaan

Company profile yang baik dan informatif juga menyampaikan visi dan misi perusahaan di dalamnya. Visi dan misi perusahaan tersebut harus dibuat dengan storytelling atau kalimat-kalimat menarik agar tidak membosankan.

Cobalah cari ide atau inspirasi dari berbagai company profile perusahaan yang menarik agar bisa membuat penyampaian visi misi company profile juga terlihat menarik.

3. Perhatikan Format dan Urutan

Pastikan semua isi company profile ditampilkan atau dicantumkan sesuai dengan format yang tepat dan urutan yang benar.
Hal ini patut diperhatikan agar pelanggan dan investor bisa memahami company profile dengan lebih struktural dan sistematis.

4. Gunakan Kata-kata Penulisan yang Tepat

Tips lainnya dalam membuat company profile adalah menggunakan kata-kata atau kalimat penulisan yang tepat. Artinya, semua informasi tertulis yang ada dalam company profile harus singkat, jelas, dan padat. Tujuannya tentu saja agar company profile lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Selain itu, pastikan juga bahwa semua kata-kata yang ditulis dalam company profile tidak memiliki kesalahan penulisan.

5. Gunakan Desain yang Menarik dan Profesional

Company profile memang harus dibuat menarik agar dapat menarik perhatian pelanggan maupun investor. Selain dibuat menggunakan kata-kata yang menarik, desain company profile juga harus dibuat dengan menarik.

Kini sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat desain company profile menarik. Anda dapat menggunakan berbagai format atau template company profile yang bisa diperoleh dengan cara membeli maupun gratis di internet.

Pastikan desain company profile yang dibuat sesuai dengan karakteristik perusahan. Selain menarik, pastinya desain juga harus memiliki tampilan professional.

6. Perhatikan Kualitas Media yang Digunakan

Company profile tidak hanya berisi tentang tulisan atau kalimat-kalimat informatif saja, tetapi juga dapat diisi dengan berbagai media. Misalnya, foto dan video. Anda harus memastikan agar kualitas foto dan video yang ada di dalam company profile memiliki kualitas terbaik.

Hal ini juga sangat mempengaruhi kesan pelanggan atau investor yang melihat company profile tersebut. Media foto maupun video company profile yang berkualitas tentu saja bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan dan investor.

Selain itu pastikan juga isi dari foto dan video yang dibuat juga berkualitas dan informatif.

Sudah Siap Membuat Company Profile untuk Bisnis Anda?

Company profile adalah dokumen berisi gambaran umum tentang suatu perusahaan yang dibuat secara menarik dan dipublikasi menggunakan berbagai format.

Kegunaan dan manfaat dari company profile sangat banyak, sehingga company profile harus dibuat menggunakan cara yang tepat dan benar. Pastikan isinya tidak hanya lengkap dan informatif, tapi juga enak untuk dibaca.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk buat company profile untuk perusahaan Anda! Mulailah dengan membangun website company profile dengan jasa pembuatan website terpercaya seperti Niagaweb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog