Cara Uninstall WordPress di cPanel [Cepat dan Mudah!]

Tampilan cPanel dalam panduan cara uninstall WordPress

Anda mungkin sedang mencari cara uninstall WordPress di cPanel karena berbagai alasan, entah itu ingin beralih ke CMS lain atau mungkin karena mengalami error.

Apapun alasannya, sebetulnya cara menghapus WordPress di cPanel sangat mudah, kok. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan, yaitu melalui Softaculous dan manual. Yuk simak pembahasannya di bawah!

Penyebab Pentingnya Uninstal WordPress

Bagi Anda yang masih ragu untuk uninstall WordPress, Anda mungkin ingin tahu apa yang membuat orang-orang terdorong untuk uninstall WordPress di websitenya.

Salah satu alasan yang kerap muncul adalah karena website WordPress-nya dibobol oleh hacker. Sehingga websitenya mengalami error yang tidak bisa diselesaikan dengan mudah.

Jadi, opsi terbaiknya adalah dengan cara uninstall WordPress di cPanel dan instalasi ulang. Dengan begitu, WordPress akan dimulai dari awal lagi dan bisa menghilangkan semua kesalahan atau error yang terjadi sebelumnya.

Selain karena hacker dan error, alasan uninstall WordPress lainnya adalah karena ingin mengganti ke CMS lain. Meksi WordPress dianggap sebagai CMS terbaik, tetapi mungkin Anda lebih tertarik memakai CMS lainnya karena memiliki keunggulan lain daripada WordPress.

Untuk itu, Anda perlu melakukan penghapusan WordPress agar datanya hilang dan tidak dicuri hacker.

Nah, bagi Anda yang ingin membangun website yang berkualitas agar tidak perlu bolak balik instal ulang, Anda bisa menggunakan jasa website murah terpercaya seperti Niagaweb!

Syarat Uninstall WordPress

Untuk uninstall WordPress, Anda perlu memenuhi beberapa syarat berikut:

Punya hosting berbayar. WordPress dapat dihapus jika sudah terinstal di hosting langganan Anda (berbayar). Dengan menggunakan hosting tersebut, Anda bisa mudah mengontrol WordPress termasuk menghapusnya. Berbeda jika memakai WordPress gratisan, maka menghapusnya tidak bisa dilakukan.

Bisa login cPanel. Syarat untuk menghapusnya yaitu tidak lain harus melewati cPanel. Baik itu dengan Softaculous atau manual, semua harus mendapatkan akses cPanel terlebih dahulu.

Cara Uninstall WordPresss di cPanel Via Softaculous

Metode pertama dalam cara menghapus WordPress di cPanel yaitu memakai Softaculous yang bisa diakses via cPanel.

Softaculous sendiri merupakan auto installer yang berfungsi untuk menginstal berbagai aplikasi CMS gratis atau aplikasi open source dengan praktis dan mudah. Berikut cara uninstall WordPress di cPanel lewat Softaculous:

1. Login ke cPanel

Langkah pertama adalah masuk ke cPanel terlebih dahulu. Anda bisa mencobanya dengan memasukkan nama domain Anda disertai diikuti dengan /cpanel. Contohnya seperti ini: namadomain.com/cpanel.
Setelah dimasukkan ke kolom browser, Anda sudah dapat mengakses cPanel dengan memasukkan username dan password untuk login.

Halaman Login cPanel

Nantinya, akan muncul halaman dashboard yang berisi berbagai tools dan perintah yang bisa Anda manfaatkan.

2. Cari Menu Softaculous

Cara menghapus WordPress di cPanel berikutnya adalah masuk ke Softaculous Apps Installer. Letaknya ada di bagian Software pada dashboard Anda.

Cara Uninstall WordPress di cPanel dengan software Softaculous

3. Cari Website WordPress Anda

Setelah masuk ke Softaculous, ada berbagai CMS yang dapat Anda temukan. Cari menu WordPress untuk cara uninstall WordPress di cPanel.

Setelah memilih WordPress yang ingin dihapus, lanjut dengan mencari Installations yang berfungsi untuk melihat berbagai daftar WordPress yang sudah diinstal sebelumnya.

Menu Installations WordPress yang ada di Softaculous

4. Hapus Instalasi WordPress

Langkah terakhir untuk uninstall WordPress di cPanel adalah dengan memilih ikon tempat sampah di sisi paling kanan dari website WordPress tersebut.

Ikon tempat sampah untuk uninstall WordPress

Kemudian, Anda akan dibawa ke halaman berikutnya untuk meneruskan proses cara uninstal WordPress di cPanel. Berikan centang pada semua opsi yaitu remove directory, remove database, dan remove database user.

Setelah memberikan centang, lanjut dengan menekan tombol Remove Installation.

Dengan menggunakan cara uninstal WordPress di cPanel via Softaculous ini, Anda bisa melakukannya lebih mudah dibandingkan manual. Tak jarang, banyak orang yang lebih memilih cara ini karena lebih praktis.

Cara Uninstall WordPress di cPanel Via Manual

Selain cara uninstal WordPress di cPanel lewat software Softaculous, Anda juga bisa melakukannya secara manual. Cara ini sedikit lebih rumit dibandingkan sebelumnya karena Anda perlu menggunakan script tertentu.

Mari kita simak!

1. Akses Menu File Manager

Sama seperti sebelumnya, yang perlu dilakukan pertama kali dalam cara uninstall WordPress di cPanel adalah dengan masuk ke cPanel terlebih dahulu. Setelah masuk, pilih menu File Manager yang ada di File pada dashboard.

Setelah File Manager terbuka, cari folder public_html yang ada di sebelah kiri layar. Klik dua kali untuk membukanya.

Folder public_html yang dibutuhkan dalam langkah cara uninstall WordPress

2. Buka File wp-config.php

Apabila folder public_html berhasil dibuka, silahkan cari file wp-config.php. Klik kanan dan klik View.

Setelah terbuka, akan ada sederet kode yang perlu diperhatikan. Untuk menghapusnya, cari database WordPress dengan script: define(‘DB_NAME’,…);

File wp.config

Bagian titik-titik dalam kurung tersebut memuat database WordPress yang perlu Anda catat.

3. Hapus Database WordPress

Setelah mengingat dan mencatat nama tersebut, langkah berikutnya adalah dengan kembali ke dashboard Anda dan klik menu MySQL Databases. Menu ini ada di bagian Databases.

Jika sudah terbuka, Anda tinggal klik tombol Delete pada database WordPress yang diinginkan. Dengan begitu, semua data yang tersimpan di WordPress sudah hilang.

Cara Uninstall WordPress dengan Menghapus data di database

4. Hapus File WordPress

Setelah menghapus database, saatnya Anda menghapus semua file WordPress agar hilang secara permanen. Langkah ini dilakukan dengan cara kembali ke File Manager. Selanjutnya, buka folder public_html.

Di dalam folder tersebut, pilih Select All supaya memudahkan Anda dalam menghapus semua file dan tidak satu-persatu.

Nantinya, akan muncul tombol Delete, tekan tombol tersebut. Dan terakhir, akan muncul jendela konfirmasi. Klik confirm untuk cara hapus WordPress di cPanel secara manual, dan selesai!

Panduan cara uninstall WordPress dengan cPanel dengan klik Delete

Siap untuk Uninstall WordPress di cPanel?

Setelah tahu cara uninstall WordPress di cPanel, ternyata langkahnya tidak terlalu sulit, bukan? Untuk mencegah penghapusan WordPress karena mengalami masalah, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan web dari Niagaweb.

Dengan begitu, CMS yang Anda gunakan tidak bermasalah karena kena hack atau salah dalam konfigurasi. Anda pun tak perlu repot-repot melakukan penghapusan atau instalasi ulang website.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog