Cara Menggunakan Google Ads

Google adwords merupakan fitur Google yang digunakan untuk menampilkan iklan berbayar pada hasil pencarian Google. Jika menggunakan Google adwords maka Anda dapat menampilkan iklan pada hasil pencarian Google pada kata kunci tertentu yang relevan dan berhubungan dengan bisnis Anda. 

Google telah mengubah nama platform iklan dari Google menjadi Google Ads sejak tanggal 24 Juli tahun 2018. Jika ingin menggunakan Google Ads, maka Anda harus mengetahui bagaimana langkah yang harus dilakukan dengan baik dan benar.

Cara Menggunakan Google Ads 

Anda tidak hanya dapat mengatur jangkauan lokasi pada perangkat apabila menggunakan Google adwords. Melainkan juga dapat mengatur waktu yang muncul di iklan. Fitur inilah yang sangat berguna bagi para pelaku bisnis yang mempunyai jam operasional terbatas. 

Contohnya bisnis yang berjalan pada hari Senin hingga Jumat dan pukul 7 sampai pukul 4 sore saja. Anda dapat melakukan pengaturan iklan agar tampil pada hasil pencarian dalam kurun waktu tertentu. Berikut ini cara menggunakan google ads paling mudah untuk diikuti di antaranya: 

  • Membuka Google Ads dan Login

Pada langkah pertama Anda bisa membuka Google Ads terlebih dahulu setelah itu buatlah akun Google. Anda dapat menggunakan akun Google untuk pribadi. Namun apabila tidak ingin ada kotak masuk email yang terlalu banyak, bisa membuat akun Google yang baru untuk keperluan Google Ads, lalu log in.

  • Memilih Goal

Setelah melakukan login ke dashboard, otomatis Anda diminta untuk menentukan pilihan goal dari iklan tersebut. Terdapat tiga pilihan yang disediakan dan silahkan menentukan pilihan salah satu yang sekiranya paling cocok dan berhubungan dengan bisnis Anda tersebut. 

Untuk goal pertama yaitu menghubungi Anda melalui telepon. Apabila Anda sedang menjalankan bisnis yang banyak melakukan transaksi melalui telepon maka bisa menentukan pilihan goal yang pertama ini.

Contohnya Anda mengelola bisnis konsultasi yang menuntut customer atau klien berbicara panjang melalui telepon. Untuk goal yang kedua yaitu dengan cara mengunjungi toko fisik. Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang sedang mengelola sebuah toko fisik. 

Contohnya seperti rumah makan, Café, restoran maupun jenis usaha lain yang menuntut customer untuk datang secara langsung mengunjungi toko. Sementara goal yang terakhir yaitu dengan cara mengunjungi website. Apabila transaksi usaha Anda sering melalui website maka pilihlah goal yang ketiga. 

  • Menentukan Pilihan Jangkauan

Langkah berikutnya Anda harus menentukan pilihan jangkauan lokasi. Untuk jangkauan lokasi bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan target dan bebas dalam menentukan pilihannya. Baik itu di luar negeri maupun di Indonesia. Anda dapat mempersempit jangkauan lokasi pada kota maupun provinsi tertentu. 

  • Menentukan Pilihan Kategori

Anda dapat menentukan pilihan kategori bisnis yang sedang dikelola supaya lebih memudahkan Google dalam menentukan target audience iklan. Jangan lupa juga untuk membuat iklan berbayar supaya tidak dilakukan dengan sembarangan. 

Sementara Google akan membatasi karakter saat melakukan copy iklan pada headline iklan. Anda dapat menuliskan hingga 30 karakter, sedangkan isi konten harus menuliskan hingga 80 karakter. Berhubung karakter terbatas maka Anda dituntut agar membuat sebuah iklan yang singkat jelas padat dan menarik.

Silakan membuat materi iklan yang berisi instruksi jelas apa yang perlu dilakukan calon pelanggan pada saat melihat iklan tersebut. 

  • Memasukkan Foto 

Memasukkan foto sebenarnya ini opsional. Bisa Anda lakukan bisa juga tidak. Jika ingin memasukkan foto maka gunakan pilihan foto yang terbaik dan pastinya menggambarkan sebuah promosi atau bisnis yang sedang dijalankan. 

Semakin menarik foto yang Anda unggah maka akan mencuri perhatian para calon customer supaya meningkatkan rasa keinginan tahunya terhadap produk atau jasa yang sedang ditawarkan. 

  • Menentukan Budget 

Perihal budget Anda tidak perlu khawatir pada saat menggunakan Google Ads. Alasannya karena Google telah menerapkan PPC maupun pay per Click. Apabila iklan Anda yang muncul tersebut tidak diklik tentunya Anda tidak perlu membayarnya. 

Namun jika ada yang yang mengklik iklan tersebut maka Anda perlu membayarnya. Dengan cara inilah maka Anda sendiri dapat lebih menghemat biaya iklan. Selain itu Anda sendiri juga bebas dalam menentukan estimasi biaya. Jika baru pertama kali pilihlah estimasi dengan biaya terkecil. 

Bagaimana cara menggunakan google ads yang tepat? Anda dapat meningkatkan biaya secara bertahap supaya dapat menjangkau konsumen lebih banyak.

  • Pemilihan Metode Pembayaran 

Langkah terakhir, Anda dapat menentukan pilihan metode pembayaran yang sudah disediakan oleh Google. Pihak dari Google itu sendiri menyediakan berbagai metode pembayaran yang cukup beragam. Contohnya pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit atau lainnya.

Baca juga : Apa itu Digital Marketing? Pengertian , Strategi dan Contohnya

Cara Kerja Google Ads 

Jika dirasa Anda telah menyelesaikan pembuatan iklan pertama melalui Google adwords, maka Anda dapat menampilkan iklan tersebut. 1 keyboard bisa di targetkan banyak perusahaan. Contohnya bisnis Anda merupakan toko online pakaian dan berkeinginan menargetkan kata kunci celana jean wanita.

Maka bisnis tersebut bukanlah satu-satunya yang menargetkan keyboard tersebut. Melainkan kompetitor Anda pun juga bisa saja mentargetkan keyboard yang sama pula. Semakin banyaknya bisnis yang menargetkan 1 keyboard maka dapat menjadikan Google menilai pada setiap pengiklanan secara adil.

Hal ini bertujuan untuk menentukan iklan mana saja yang berhasil memenangkan persaingan pada satu keyboard. Ada banyak sekali faktor yang menjadikan iklan Anda muncul pada hasil pencarian.

Faktor yang Membuat Iklan Muncul di Mesin Pencari Google 

Jika dirasa Anda belum memenangkan persaingan antara cara bisnis yang lainnya maka Anda harus mengetahui apakah kata kunci yang Anda gunakan tersebut sudah tepat dan relevan apa belum. Terdapat beberapa hal yang membuat iklan tersebut bisa muncul pada hasil pencarian di antaranya:

  • Relevansi Landing Page 

Pada kriteria ini Google akan menilai seberapa relevan landing page terhadap iklan yang sudah Anda iklankan. Jika landing page nya semakin relevan terhadap isi iklan, maka nilai yang Anda terima pun juga semakin tinggi. 

Jangan sampai iklan yang ditampilkan tersebut mengarah di landing page dengan isi yang berbeda jauh terhadap Isi iklan itu sendiri. Landing page dan isi iklan yang tidak sesuai justru merusak pengalaman pelanggan. Sehingga menyebabkan bounce rate yang tinggi. 

Sedangkan bounce rate yang tinggi akan dinilai Google sebagai indikasi atas ketidak sesuaian antara isi iklan dan konten landing page. 

  • Perkiraan CTR 

CTR atau expected clik through rasio merupakan perkiraan orang yang ingin membuka iklan tersebut. Jika iklan yang menarik maka akan membuat CTR nya semakin tinggi. Otomatis hal ini mampu memberikan peluang bagi Anda untuk menampilkan iklan relevansi keyboard. 


Untuk kriteria dan faktor yang terakhir yaitu berhubungan dengan relevansi keyboard. Pada saat Anda membuat sebuah iklan maka sesuaikan dengan keyboard yang ditargetkan. Google akan memberikan peluang besar lagi pada iklan yang sesuai pada keyboard paling banyak dicari oleh pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Google Adwords 

Berbicara mengenai keuntungan, sudah bisa dipastikan bahwa Google ads siap memanjakan para penggunanya dalam mengembangkan sebuah bisnis Digital marketing seperti pada saat ini. Berikut ini keuntungan yang bisa diperoleh apabila bekerjasama dengan Google Ads di antaranya:

  • Remarketing 

Google tidak hanya memberikan iklan berbayar pada hasil pencarian saja. Namun Google Ads juga siap membantu Anda agar mengiklankan bisnis yang Anda miliki melalui website maupun aplikasi partner Google. 

Sehingga pihak dari Google itu akan menampilkan iklan kepada orang yang membuka iklan berhubungan dengan bisnis Anda, namun belum melakukan pembelian. Sementara orang tersebut bisa melihat iklan Anda melalui website maupun aplikasi lain yang sedang dibuka nya. 


Untuk proses ini disebut remarketing yang mempunyai fungsi dalam mempertahankan bullying Inten untuk calon pelanggan. 

  • Google Menguasai Pasar 

Dari sekian banyaknya mesin pencari Google, mengapa harus menggunakan Google Ads? Tentu alasannya karena Google sudah menguasai pangsa pasar search engine hingga seluruh dunia. Salah satunya termasuk di negara Indonesia. 

Untuk saat ini Google berhasil menguasai pangsa mesin pencarian sebesar 92,74% secara global dan telah disusun oleh Yahoo sebesar 2,32% dan bing sebesar 2,17% di negara Indonesia itu sendiri. Penguasaan dari pangsa pasar search engine merupakan Google yang paling besar. 

Hal ini berarti bahwa iklan Anda melalui Google adwords sangat berkemungkinan besar bisa dilihat oleh banyak orang. Apabila menggunakan iklan berbayar dari Google tersebut. 

  • Target Audience Spesifik 

Keuntungan selanjutnya yaitu perihal target audience yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setiap bisnis yang dijalankan pastinya tidak sama dan kalaupun sama Anda tidak perlu khawatir jika bekerjasama dengan Google adwords. 

Sebuah bisnis pastinya membutuhkan jangkauan luas hingga menyeluruh di negara Indonesia maupun di luar negeri. Untuk bisnis Anda tersebut tidak hanya itu saja, Anda pun dapat memperluas maupun mempersempit jangkauan bisnis Anda tersebut. 

Contohnya hanya jangkauan lokasi kota maupun provinsi saja. Anda pun juga dapat melakukan pengaturan iklan yang nantinya muncul pada perangkat. 

Sementara setiap orang yang mengakses pastinya menggunakan perangkat yang tidak sama seperti smartphone, tablet, desktop atau lainnya.

Silahkan tentukan sendiri iklan tersebut akan muncul pada perangkat apa saja.

  • Biaya Murah 

Dalam bayangan seseorang yang belum mengenal dan memahami Google adwords secara luas akan berpikir bahwa Google akan menghabiskan biaya yang cukup banyak. Namun pada kenyataannya hal ini tidak sama sekali. Justru Google Ads membuat Anda hanya mengeluarkan biaya yang minim. 

Anda dapat menentukan pilihan estimasi sendiri pada jangka waktu yang minim sekalipun. Pada percobaan Anda bisa melakukan target lokasi hingga seluruh dunia dengan estimasi nya Rp300.000 untuk perbulannya. 

Sementara biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit dari jumlah tersebut. Alasannya karena Google sudah menerapkan sistem PPC atau pay-per-click. Dengan begitu maka Anda hanya membayar biaya iklan apabila target audiens tersebut membuka iklan yang Anda buat.

Seperti penjelasan cara menggunakan Google Ads yang ada di atas, kini saatnya Anda harus mengetahui bahwa untuk menjangkau banyak pelanggan. Tidak hanya dapat mengandalkan satu kanal marketing saja, melainkan manfaatkan digital online dengan iklan berbayar melalui Google adwords.

Leave a Comment