Cara Menggunakan Google Ads dengan Mudah [Terbaru]

Google Ads adalah layanan dari Google yang digunakan untuk menampilkan iklan berbayar pada hasil pencarian. Layanan ini dulunya dinamakan Google AdWord, tapi Anda tak perlu bingung. Sebab, fungsinya tetap sama, yaitu iklan Anda akan muncul di hasil pencarian sesuai kata kunci yang relevan dan berhubungan dengan bisnis Anda. 

Google Ads sendiri merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan karena Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia. Jadi, iklan Anda sudah pasti akan menjangkau banyak orang.

Apakah Anda tertarik menggunakan Google Ads? Nah, di artikel ini Anda akan belajar cara menggunakan Google Ads dengan lengkap. Tenang, caranya cukup mudah, kok. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai!

Cara Menggunakan Google Ads

Berikut beberapa langkah mudah cara menggunakan Google Ads:

1. Kunjungi Halaman Google Ads

Buka halaman Google Ads pada http://www.ads.google.com/ lalu klik Sign In untuk login dengan akun Gmail Anda. Atau Anda juga bisa membuat akun baru yang memang hanya untuk keperluan Google Ads saja dengan. Dengan begitu, inbox email Anda tidak akan penuh oleh email seputar Google Ads.

langkah pertama cara menggunakan google ads

2. Pilih Sasaran Iklan

Bila sudah berhasil login ke Google Ads, Anda diharuskan untuk memilih goal atau sasaran dari iklan Anda. Di sini, terdapat empat pilihan yang disediakan dan bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Goal yang pertama adalah menghubungi Anda melalui telepon. Jadi, bila bisnis Anda memang banyak melakukan transaksi melalui telepon, Anda bisa memilih goal yang pertama ini.

Kemudian, goal yang kedua adalah mengunjungi website. Bila transaksi bisnis Anda lebih sering dilakukan melalui website seperti toko online atau e-commerce, Anda bisa memilih goal yang kedua ini.

Lalu, goal yang ketiga merupakan dengan cara mengunjungi toko fisik atau toko offline. Misalnya, rumah makan, kafe, dan sebagainya. Intinya, goal ketiga ini mengharuskan pelanggan Anda datang langsung ke toko untuk melakukan transaksi.

Goal yang keempat atau yang terakhir adalah bila Anda ingin mempromosikan suatu video. Jadi, iklan Anda akan mengajak pengunjung untuk menonton video tersebut.

Pada panduan ini, kami akan memilih opsi ketiga yakni mengunjungi website. Setelah itu klik Berikutnya.

3. Masukkan Nama Bisnis Anda

Langkah selanjutnya mengharuskan Anda untuk memasukkan nama bisnis. Tujuannya, agar iklan Anda juga berpotensi ditampilkan saat ada yang mencari nama bisnis Anda di Google. Bila sudah, klik Berikutnya.

4. Masukkan Alamat Website Anda

Karena kami memilih goal kedua yaitu mengunjungi website, maka Anda akan diminta untuk mengisi alamat website tersebut. Jadi, orang yang mengklik iklan Anda akan langsung diarahkan ke sana. Oh ya, Anda tak harus mengisi alamat website utama, melainkan landing page produk tertentu juga bisa.

5. Opsi Menggunakan Google Analytics

Selanjutnya, bila website Anda belum menggunakan Google Analytics, Anda akan ditanya untuk menggunakannya. Bila Anda tidak tertarik, Anda bisa klik Lewati dulu

Namun, kami sarankan Anda menggunakan Google Analytics karena bisa membantu Anda menganalisis banyak hal terkait iklan. Jadi, Anda bisa benar-benar mengerti tingkat efektivitas iklan tersebut.

6. Tulis Iklan Anda

Di langkah ini, Anda akan diminta untuk menulis iklan Anda. Menariknya, Anda bisa melihat langsung bagaimana tampilan iklan Anda tepat di samping kolom yang disediakan.

Tips dari kami adalah buat iklan yang singkat, padat, dan jelas. Dengan begitu, pesan iklan Anda akan mudah tersampaikan, sehingga orang akan lebih tertarik untuk mengkliknya.

langkah keenam cara menggunakan google ads adalah tulis iklan Anda

7. Masukkan Kata Kunci Iklan

Selanjutnya, Anda diharuskan menambahkan kata kunci iklan. Jadi, bila ada pengguna yang mencari kata kunci tersebut di Google, maka iklan Anda akan ditampilkan.

Untuk menambahkan kata kunci, Anda tinggal klik +Tema kata kunci baru, masukkan kata kunci yang diinginkan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Jika sudah, klik Berikutnya.

8. Pilih Jangkauan Lokasi

Langkah ketujuh adalah memilih jangkauan lokasi iklan Anda akan ditampilkan. Di sini, Anda bebas memilih jangkauan lokasi iklan sesuai kebutuhan. Anda bisa menampilkan iklan di negara tertentu, provisi, kota, hingga alamat spesifik.

9. Tentukan Budget dan Durasi Iklan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi budget atau anggaran iklan. Google Ads sendiri menggunakan sistem PPC atau Pay Per Click. Jadi, Anda hanya membayar bila iklan tersebut di klik. Bila iklan tidak diklik, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Cukup menghemat budget, bukan?

langkah kesembilan cara menggunakan google ads dengan mudah

10. Tentukan Metode Pembayaran

Setelah Anda memastikan bahwa semua keterangan iklan sudah benar, Anda diharuskan memilih metode pembayaran. Tak perlu khawatir, Anda bisa membayar menggunakan kartu kredit maupun transfer bank, kok. 

Jika semua kolom sudah terisi, klik tombol Kirim di bagian paling bawah halaman.

langkah terakhir cara menggunakan google ads dengan mudah

Keuntungan Google Ads

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, mengapa harus mengeluarkan uang untuk Google Ads? Nah, berikut beberapa keuntungan Google Ads yang bisa Anda dapatkan:

  • Jangkauan Google Ads yang luas — Pangsa pasar Google adalah yang terbesar di dunia, yaitu 92%. Artinya, iklan Anda akan ditampilkan ke lebih banyak orang dibanding menggunakan iklan mesin pencari lainnya.
  • Tak perlu budget besar — Tergantung persaingannya, harga kata kunci di Google Ads bisa sangat murah, lho. Selain itu, Google Ads menggunakan sistem PPC, sehingga Anda hanya diharuskan membayar bila iklan diklik.
  • Opsi targeting yang bervariasi — Anda bisa mengatur bermacam-macam targeting iklan Google Ads. Mulai dari secara lokasi, demografi, perangkat yang digunakan, jam operasional, dan masih banyak lainnya.
  • Fitur laporan performa yang detail — Melalui Google Analytics, Anda bisa melihat bagaimana performa iklan Anda dengan format yang mudah dipahami.

Siap Menggunakan Google Ads?

Cara menggunakan Google Ads ternyata tidak sulit, kan? Anda hanya perlu mengisi beberapa kolom dan mengatur beberapa opsi, lalu iklan Anda sudah siap tayang.

Google Ads adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis Anda ke banyak orang. Sebab, jangkauan Google Ads sangat luas dan Anda bisa mengaturnya dengan spesifik. Mulai dari secara lokasi, demografi, dan masih banyak lainnya.

Oh ya, agar pemasaran bisnis Anda di jagat maya semakin ampuh, Anda bisa menerapkan strategi digital marketing lainnya. Apa saja? Anda bisa menemukannya di artikel → Belajar Digital Marketing: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Strategi Ampuhnya

Itulah tadi panduan cara menggunakan Google Ads. Bila Anda sedang membutuhkan website untuk mendukung kesukseskan kampanye Google Ads. Kami Niagaweb melayani jasa pembutan website Surabaya dan semua daerah di Indonesia via online. Hubungi kami di dengan tombol di bawah ini.

Buat Website Mu Sekarang Gratis Domain di Niagaweb
 

 

 

0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog