Cara Mengelola Website Bagi Pemula

Cara Mengelola Website Bagi Pemula

Website menjadi produk digital yang sudah lama ada. Tapi sampai saat ini website masih digunakan untuk berbagai macam keperluan. Apalagi ada juga cara mengelola website bagi pemula yang bisa diterapkan dan diikuti oleh semua orang.

Karena mengelola website membutuhkan proses dan pengetahuan yang khusus. Kalau tidak, maka bisa saja website jadi tidak bisa menampilkan performa yang maksimal. Efeknya juga akan mengarah ke produk Anda.

Cara Mengelola Website 

Ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan kalau Anda memutuskan akan mengelola website. Hal-hal ini tetap bisa Anda pelajari dengan mudah. Tapi kalau memang sudah menyerah, bisa saja menggunakan jasa pengelolaan website. Berikut ini cara mengelolanya:

  • Konten Diperbarui Rutin

Cara mengelola website bagi pemula yang baru terjun di dunia digital ini adalah harus melakukan pembaruan pada setiap konten secara berkala. usahakan Anda bisa memberikan sajian konten dalam bentuk artikel yang paling baru dan masih aktual.

Kalau websitenya berkaitan dengan bisnis, maka bisa mengisinya dengan berbagai artikel yang ada keterkaitannya dengan bisnis tersebut. Anda bisa mengupdate konten artikel ini dalam beberapa hari sekali atau lebih bagus lagi setiap hari.

Tapi paling tidak minimal Anda harus melakukan pembaruan konten secara rutin saja sudah cukup. Agar isi artikel di dalam website itu tidak usang dan sudah tidak cocok dengan perkembangan yang telah terjadi. 

Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan SEO yang bagus agar bisa memberikan dampak yang besar bagi website yang Anda kelola.

  • Memperhatikan Kualitas Konten

Memang kuantitas atau jumlah konten itu juga sangat penting dalam mengelola sebuah website. Jumlah konten yang sedikit bisa saja akan membuat para pembaca atau pengunjung akan jadi cepat bosan. 

Meskipun begitu, Anda juga tetap tidak bisa melupakan begitu saja faktor kualitas konten. Kalau bisa antara kuantitas dan kualitas itu saling berdampingan agar website bisa memberikan materi yang bagus dan tidak membosankan. 

Mengingat konten sendiri menjadi jantung atau titik utama dari sebuah website. Jangan pernah membuat konten artikel yang tidak penting atau sangat bertele-tele. Karena ini justru bisa membuat citra website Anda jadi jelek di mata para pengunjung.

  • Memeriksa Diksi

Cara mengelola website berikutnya adalah melakukan pemeriksaan pada diksi artikel. Jadi untuk diksi ini sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti cek penulisan terkait dengan typo, pemilihan kata dan penggunaan bahasa artikel.

Setiap jenis artikel dipastikan memiliki kelompok pembaca tersendiri. Artikel yang santai pastinya lebih banyak dibaca oleh anak muda. Oleh karena itu pemilihan bahasanya juga harus santai tidak boleh kaku.

Jika ini tidak diperhatikan, maka juga bisa berdampak ke reputasi website yang kurang bagus. Sebab kualitas kontennya kurang disukai setelah menggunakan bahasa yang kurang cocok dengan tema. 

Kalau websitenya berkaitan dengan bisnis, maka Anda bisa menggunakan bahasa yang formal namun tidak terlalu kaku. Bisa juga memberikan kata yang memiliki sifat persuasif agar orang lain mau membeli sebuah produk atau memakai jasanya.

Baca jugaApa Itu Content Marketing? Pengertian dan Contohnya

  • Memberikan Kolom Feedback

Cara mengelola website WordPress yang satu ini mungkin lebih diperuntukkan kalau website Anda sifatnya layanan atau menjual sebuah produk. Anda wajib memberikan kolom khusus sebagai wadah konsumen menyampaikan testimoninya atau pun feedback.

Dengan adanya kolom khusus ini, jika produk Anda bagus maka orang lain yang sebelumnya tidak membeli menjadi lebih yakin untuk membeli. Kemudian kalau masih ada kekurangan, maka dari kolom feedback ini Anda bisa melakukan evaluasi produk dan layanan.

Ini juga bisa menjadi sebuah area khusus untuk mempromosikan produk Anda secara tidak langsung. Tapi syaratnya pelanggan harus bisa memberikan feedback yang positif dan memuaskan.

  • Variasi Konten Agar Berwarna 

Penjelasan sebelumnya sudah pernah dikatakan kalau konten adalah jantung utama dari sebuah website. Pemilihan konten akan sangat penting sekali untuk menentukan bagaimana keberlangsungan dari website tersebut beberapa waktu ke depan.

Selain memberikan konten dalam bentuk artikel tulisan, ternyata Anda juga disarankan untuk memberikan konten dalam bentuk gambar maupun video. memang ini tampak kurang begitu lazim. 

Tapi cara ini cukup ampuh agar bisa membuat website Anda jadi lebih berwarna dan menarik. Anda bisa memasukkan berbagai macam plugin agar bisa membangun konten yang jauh lebih menarik. 

Namun jangan lupa juga menyisipkan beberapa tulisan sebagai penjelasan singkat mengenai gambar maupun video tersebut.

  • Pemilihan Judul

Bagi Anda yang sudah biasa membuat konten artikel maupun video, mungkin sudah tidak asing dengan tips pembuatan konten yaitu pemilihan judul. Sebab memang judul ini menjadi bagian awal dan pintu gerbang utama yang bisa menarik perhatian para pembaca.

Ketika judul konten tidak menarik, secara otomatis para pembaca juga tidak mau membacanya. Walaupun mungkin saja konten di dalamnya sangat berkualitas sekali. Inilah pentingnya memilih judul konten yang bagus dan memikat para calon pengunjung website.

Buatlah judul yang cukup singkat, nyaman dibaca atau bahkan bisa membuat orang lain penasaran. Intinya buat judul yang bisa memancing orang lain agar jadi penasaran dan mau membaca konten tersebut.

Kalau kontennya dalam bentuk artikel, Anda bisa menerapkan kata kunci dan juga teknik SEO agar jauh lebih maksimal lagi.

  • Memakai Teknik Artikel Piramida Terbalik

Piramida terbalik dalam penulisan artikel merupakan salah satu teknik dalam menyusun konten artikel dengan strukturnya seperti piramida yang dibalik. Jadi komponen yang paling atas adalah inti dari informasi dan juga beberapa poin penting lainnya.

Setelah itu bagian tengahnya bisa diisi dengan informasi pendukung yang jumlahnya lebih sedikit. Lalu bagian terakhir adalah inti artikel yang jauh lebih sedikit lagi dan berisi informasi utama yang disampaikan secara singkat dan padat.

Teknik ini dipakai karena melihat kebiasaan manusia yang tidak mau membaca artikel secara keseluruhan. Mereka selalu melakukan proses scanning dulu dan juga skimming. Informasi inti ditempatkan di atas karena bisa memancing rasa penasaran para pembaca.

Baca Juga: Cara Belajar SEO Untuk Pemula

  • Pemilihan Font Untuk Konten Website

Memang cara mengelola website bagi pemula yang satu ini mungkin jarang sekali diperhatikan oleh orang-orang. Tapi percayalah ini sebenarnya juga menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang bertahan dan terus membaca website Anda.

Tipsnya adalah memilih font yang nyaman dan enak untuk dibaca. Banyak sekali para pemilik website yang biasanya hanya menggunakan font standar seperti Times New Roman. Padahal bisa memilih jenis font lain yang jauh lebih nyaman dan menarik untuk dibaca.

Tips mengelola ini akan bekerja secara tidak langsung dan sama sekali tidak disadari oleh para pembaca. 

  • Memberikan Tampilan Berupa Infografis

Bagi sebagian orang, konten dalam bentuk tulisan penuh dinilai sangat membosankan dan kurang menarik. Untuk bisa mengantisipasi masalah seperti ini, Anda bisa menambah beberapa konten yang menampilkan gambar infografis.

Tapi Anda bisa menambahkan gambar jenis ini para artikel-artikel tertentu saja. sebab pasti juga sangat aneh kalau semua artikel diberikan infografis di dalamnya. Keberadaan infografis biasanya akan mampu memperkuat penyampaian informasi pada sebuah artikel.

Selain itu tampilan infografis yang menarik juga bisa membuat para pembaca jadi tidak bosan. Bahkan bisa saja website Anda akan selalu dikunjungi karena ada pembaca yang sengaja mencari konten yang ada infografisnya.

  • Menyesuaikan Tampilan

Kalau tips mengelola website WordPress yang satu ini tentu semua sudah paham yaitu melakukan pengaturan pada tampilan website. Untuk melakukan cara ini, Anda harus memiliki kemampuan mengatur website dan juga punya selera tampilan yang cukup bagus.

Jika Anda tidak bisa, solusinya bisa menggunakan jasa pengelolaan tampilan website. Agar tampilan website yang Anda kelola bisa menarik dan tidak monoton. Mengingat tampilan website ini menjadi bagian yang sangat penting untuk menarik perhatian para pengunjung. 

Tampilan ini ibarat tampilan sebuah rumah. Kalau tidak bagus, maka orang yang berkunjung akan mudah jenuh. Kemudian orang yang mau berkunjung juga jadi mengurungkan niatnya sebab tampilan rumahnya kurang menarik.

Tapi jika Anda bisa mengelolanya jadi bagus, orang yang baru saja melihatnya akan merasa nyaman dan lebih lama berada di website tersebut.

  • Mengatur Iklan

Kalau Anda merupakan pemilik website yang fokus ke penambahan ads, maka mulai harus memperhatikan iklan yang ada. Ini menjadi cara mengelola website bagi pemula yang sangat penting sekali.

Memang tidak bisa disangkal kalau ads atau iklan yang ada pada website sangat menguntungkan sekali. Namun Anda jangan sampai melupakan kenyamanan para pengunjung website. 

Bisa saja mereka justru akan meninggalkan website Anda karena iklan yang tidak diatur. Banyak iklan tidak masalah asal Anda bisa mengaturnya agar tidak mengganggu aktivitas membaca para pengunjung dan tidak mengganggu navigasinya. 

Sudah ada banyak sekali website yang menampilkan banyak iklan dan mengganggu pengoperasiannya.

  • Mengupgrade Website

Cara mengelola website bagi pemula yang satu ini mungkin baru bisa Anda terapkan kalau jumlah pengunjungnya sudah mulai banyak. Sebab bagaimanapun kapasitas website Anda akan down jika jumlah pengunjungnya terus meningkat dan semakin banyak.

Kalau tidak segera dilakukan upgrade website, maka bisa saja membuat para pengunjung jadi kapok. Karena aksesnya sangat lambat sekali dan membuang banyak waktu. 

Tapi cara mengelola yang satu ini sebenarnya juga bisa Anda terapkan ketika baru di tahap awal membangun website. Jadi pilihlah server hosting yang cukup cepat dengan spesifikasi lain yang saling mendukung. 

Agar bisa menghindari server down saat tiba-tiba website Anda dikunjungi banyak orang.

  • Melakukan Evaluasi Memanfaatkan Search Console dan Google Analytics

Secara umum dan mendasar kunci dari website adalah konten yang disajikan kepada para pengunjung. Ketika Anda berhasil membuat dan mempublikasikan konten yang menarik serta berkualitas, maka tingkat pengunjungnya juga akan semakin tinggi.

Bahkan konten itu juga bisa saja muncul di hasil pencarian teratas Google Search. Tapi ternyata agar tetap memiliki kinerja yang bagus di internet, Anda harus tetap menjaga kualitas dari websitenya. 

Lakukan proses evaluasi sebagai serangkaian cara mengelola website bagi pemula. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa memanfaatkan alat yang bernama Search Console dan juga Google Analytics. 

Untuk Search Console memiliki kemampuan memberikan laporan data tentang kualitas penerapan SEO pada konten. Lalu Google Analytics akan memberikan hasil analisis mengenai tingkat keberhasilan optimasi yang sudah dilakukan. 

Informasinya biasanya dalam bentuk besaran traffic yang terjadi dan posisi website pada hasil pencarian.

Penting sekali memahami cara mengelola website bagi pemula Jangan sampai Anda meremehkan hal ini. Karena pengelolaan website menjadi kunci agar website tetap ramai dikunjungi orang-orang.

Buat Website Mu Sekarang Free Maintenance Setiap Bulan di Niagaweb
 
0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Niagaweb Blog