15+ Cara Mempercepat Loading WordPress Paling Ampuh

seo adalah - ilustrasi memantau traffic website

Pemilik website bisnis pasti ingin websitenya memiliki performa yang terbaik, yaitu dapat diakses secara cepat, mudah, dan tidak ada kendala. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan cara mempercepat loading WordPress terbaik.

Selain mempermudah akses, website yang berjalan secara optimal pun punya peluang lebih besar untuk menempati peringkat atas pencarian Google. Menarik sekali, kan?

Tanpa perlu berlama-lama, berikut cara meningkatkan kecepatan website!

15+ Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Kecepatan website sebaiknya tidak lebih dari 3 detik. Sebab 3 detik merupakan waktu loading website yang ideal.

Ingin website Anda punya kecepatan loading yang ideal? Anda bisa coba menggunakan jasa web dari Niagaweb agar website Anda memiliki performa dan kecepatan akses yang baik.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa cara mempercepat loading WordPress yang efektif berikut ini:

1. Pakai Hosting Sesuai Kebutuhan

Cara mempercepat loading WordPress yang pertama adalah menggunakan paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Pastikan juga bahwa hostingnya dilengkapi berbagai fitur kecepatan dan keamanan yang baik.

Pasalnya, saat ini sudah banyak penyedia hosting yang tersedia di Indonesia sehingga Anda harus selektif dengan memilih hosting mana yang terbaik untuk website Anda.

Secara umum, provider akan menyediakan berbagai tipe hosting yang bisa dipilih.

Opsi yang paling umum adalah Shared Hosting, yaitu jenis hosting yang cocok untuk pemula karena sistem konfigurasinya juga sudah diatur oleh provider sehingga Anda tinggal menggunakannya.

Namun, server pada shared hosting masih menganut sistem berbagi dengan pengguna lainnya, sehingga memiliki kekurangan apabila memiliki trafik yang tinggi.

Saat trafik tinggi, tingkat kecepatannya akan berkurang karena sumber daya server terbagi dengan pengguna lainnya.

Jadi, apabila Anda memiliki jumlah visitor yang tinggi lebih baik menggunakan jenis hosting VPS saja.

Dengan VPS, Anda akan diberikan akses root untuk mengelola website sendiri. Kemudian, kecepatannya juga jauh lebih stabil karena tidak akan dipengaruhi pengguna lain.

2. Pilih Lokasi Server Terdekat

Lokasi server yang terdekat juga menentukan cepat tidaknya durasi loading suatu website.

Lokasi dan latensi akan mempengaruhi respons server dalam menerima dan mengirimkan data ke website. Latensi sendiri adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk server menerima dan memproses website.

Semakin jauh lokasi servernya (seperti server luar negeri) akan membuat latensi-nya semakin tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih server lokal atau Indonesia saja.

3. Pakai CDN

Cara mempercepat website WordPress lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan CDN. CDN adalah

Content Delivery Network atau jaringan pada server yang tersebar secara geografis dan berfungsi untuk mempercepat proses loading website.

Cara mempercepat loading website dengan CDN

Cara kerja dari CDN adalah dengan menyimpan salinan konten website ke dalam cache. Jadi, ketika pengunjung ingin masuk kembali ke website, server yang paling dekat akan langsung mengakses kontennya lebih cepat.

Cara mempercepat loading WordPress dengan CDN bisa didapatkan ketika Anda membeli hosting karena biasanya sudah sepaket dengan fitur ini. Namun, ada juga yang menjual CDN dengan berbagai jenisnya.

Untuk Anda yang ingin mempercepat loading WordPress, salah satu CDN yang cocok dipakai adalah Cloudflare yang tersedia dalam versi berbayar atau gratis.

4. Install Tema yang Dioptimasi

Tema website juga perlu diperhatikan dalam cara mempercepat loading WordPress. Pilihlah tema yang sudah dioptimasi untuk meningkatkan kecepatan website.

Cara Membuat Loading Website Cepat dengan Tema Optimal

Tema WordPress yang dioptimasi memiliki ukuran yang lebih ringan sehingga tidak akan membuat situs bekerja lebih lambat.

Kelebihan lainnya yaitu kompatibel dipakai untuk berbagai browser sehingga tampilannya mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Tema yang dioptimasi termasuk cara mempercepat loading WordPress karena memiliki respon yang cepat ketika dibuka di perangkat mobile.

Tema ini juga sudah mendukung AMP atau Accelerated Mobile Pages yang merupakan cara mempercepat website WordPress di HP.

5. Kelola Gambar

Gambar termasuk elemen penting untuk membuat tampilan website lebih menarik. Walau begitu, perhatikan juga ukuran dari gambarnya. Jangan sampai memuat ukuran yang terlalu besar, karena ini bisa memperlambat loading page.

Jadi, mengelola gambar di WordPress bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Sebelum mengupload gambar, lihat ukuran gambarnya dan pastikan tidak melebihi 500 KB.
  • Gunakan format gambar yang paling umum seperti JPEG, PNG, dsb.
  • Ubah ukuran gambar terlebih dahulu agar tidak terlalu besar. Jangan mengupload dan mengubah ukuran di WordPress karena ini akan menghabiskan lebih banyak bandwidth.

6. Update Rutin Plugin dan Tema

Untuk terus mengetahui mempercepat loading WordPress, penting untuk selalu update plugin dan tema.

Dengan melakukan update, situs akan mendapatkan keamanan dan performa yang lebih baik.
Perlu diketahui bahwa keamanan dan performa website adalah hal yang saling berkaitan.

Apabila WordPress memiliki keamanan yang buruk, ini akan memudahkan virus untuk masuk sehingga bisa memperlambat kinerja website.

Apalagi WordPress termasuk platform yang terbuka sehingga memunkinkan para hacker membobol keamanan situs Anda. Oleh sebab itu, diperlukan adanya update rutin sehingga keamanannya akan selalu diperbarui dan ditingkatkan.

7. Hapus Plugin yang Tidak Penting

Mempercepat loading WordPress pun dapat dilakukan dengan menghapus plugin-plugin yang tidak perlu.

Walaupun plugin WordPress dapat membantu dalam menambah fitur, plugin juga dapat mempengaruhi performa website.

Ada sebagian plugin yang membutuhkan sumber daya yang besar sehingga akan memperlambat kinerja website. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan instalasi plugin yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila plugin yang tidak penting lebih baik dihapus, kenapa tidak dinonaktifkan saja? Pertanyaan ini mungkin sempat terlintas di benak Anda.

Plugin yang hanya dinonaktifkan masih tidak memberikan efek yang signifikan untuk menambah kecepatan website karena data plugin masih tersimpan di WordPress.

Oleh sebab itu, cara paling baik yaitu mempercepat loading WordPress tanpa plugin dengan menghapusnya.

8. Pakai Versi PHP yang Terbaru

PHP merupakan bahasa script yang membantu para pengembang untuk membuat situs yang dinamis.

CMS pada WordPress juga termasuk dalam website yang ditulis dengan PHP. Nah, PHP perlu di-update agar mendapatkan performa dan keamanan yang lebih baik.

Jadi, perubahan versi PHP ke terbaru juga termasuk cara mempercepat loading WordPress.

Selain untuk mempercepat loading WordPress tanpa plugin, update PHP ke versi terbarunya juga membuat Anda tidak ketinggalan dengan fitur baru yang membuat kinerja situs lebih baik dan lancar.

9. Optimalkan Database WordPress

Database merupakan wadah dimana semua data dan informasi dari website disimpan, baik itu data tema, plugin, sampai dengan halaman.

Semakin lama website dibuat, maka informasi yang disimpan juga semakin banyak. Jadi, penting untuk menghapus database yang sudah tidak diperlukan lagi sebagai cara mempercepat website WordPress.

Pasalnya, informasi yang semakin banyak tersimpan akan membuat kinerja situs menjadi lebih lambat sampai dengan mempersulit server mengakses informasi yang diinginkan dengan cepat.

Langkah untuk mencegahnya yaitu dengan menghapus database yang tidak penting.

10. Kurangi Ukuran File Script, CSS, HTML, dan JavaScript

Cara mempercepat website WordPress selanjutnya berkaitan dengan file script, CSS, HTML, dan JavaScript. File-file tersebut terkadang masih banyak yang memiliki karakter, komentar, spasi, dan jeda baris yang terlalu lebar.

Ada dua cara yang dapat diterapkan untuk mengurangi ukuran file ketiganya, yaitu menggunakan platform online dan memakai plugin optimasi kecepatan WordPress.

11. Gunakan Plugin Caching

Selain plugin minify, Anda juga bisa menggunakan plugin mempercepat loading WordPress lainnya yaitu plugin caching. Caching sendiri adalah proses penyimpanan data sementara untuk website agar bisa mempercepat loading.

Pada saat mengakses situs pertama kali, biasanya visitor merasakan durasi loading yang sedikit lama karena cache belum disimpan. Namun, untuk akses yang kedua kalinya akan terasa lebih cepat karena sudah ada cache.

WP Fastest Cache

Jadi, penting juga untuk menggunakan plugin mempercepat loading WordPress untuk melakukan caching. Contoh pluginnya adalah W3 Total Cache, WP Rocket, WP Super Cache, WP Fastest Cache, dan Hyper Cache.

12. Mengaktifkan Gzip Compression

Mempercepat loading WordPress tanpa plugin dapat dilakukan dengan cara mengaktifkan Gzip. Caranya adalah dengan masuk ke cPanel lalu menambah kode tertentu di bagian .htaccess.

Ada juga yang menggunakan plugin WordPress agar lebih mudah, nama pluginnya adalah Check and Enable GZIP Compression. Plugin tersebut akan mengkompres ukuran file menjadi lebih ringan.

Misalnya, dari file yang berukuran 200 MB menjadi 50 MB dalam format ZIP.

Cara mempercepat loading WordPress ini lebih menghemat ruang penyimpanan situs Anda sehingga kinerjanya tetap stabil dan lancar. Kecepatan loadingnya juga akan meningkat karena tidak ada file yang berat untuk diproses oleh server.

13. Pakai Embed Video

Cara mempercepat loading WordPress selanjutnya adalah dengan metode embed. Embed adalah proses menampilkan video ke dalam website Anda.

Ketika pengguna membuka website yang ada embed video, kecepatan internet masih lancar dan lebih cepat dibandingkan membuka situs yang sudah ada video yang siap diputar. Video memiliki ukuran yang relatif besar untuk ditaruh ke dalam website sehingga perlu pertimbangan.

Untuk dapat menampilkannya tanpa perlu menambah database, embed video adalah suatu hal yang diperlukan. Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Copy URL video dari platform yang Anda inginkan, contohnya adalah Youtube.
  • Selanjutnya, paste ke bagian website atau halaman website yang diinginkan.

Dengan cara ini, video yang ditampilkan muncul tanpa perlu diunggah ke server website karena langsung dari server platform video itu sendiri.

14. Kurangi Redirect

Redirect berfungsi untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website yang diinginkan. Namun, redirect juga membuat proses data menjadi lebih panjang sehingga menurunkan loading website.

Pastikan Anda mengurangi redirect sebagai cara mempercepat loading WordPress dengan mudah. Sebab, redirect yang berkurang akan membuat durasi loading data untuk masuk ke website menjadi lebih pendek.

15. Batasi Jumlah Tampilan Konten di Website

Semakin banyak konten di halaman website, semakin lama waktu loading websitenya. Sehingga, cara mempercepat loading WordPress yang bisa dilakukan yaitu membatasi jumlah konten yang ada.

Tambahkan halaman lainnya untuk menampilkan konten lanjutan website untuk mempercepat loading WordPress tanpa plugin. Adapun cara mempercepat loading WordPress dengan pembatasan jumlah tampilan konten adalah sebagai berikut:

  • Buka dashboard WordPress lalu, pilih menu Settings.
  • Pilih opsi Reading di sidebar.
  • Selanjutnya, di bagian kolom Blog pages show at most masukkan jumlah konten yang tidak terlalu banyaknya. Umumnya 5-7 konten dinilai cukup.
  • Terakhir, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan sehingga website menjadi tidak lemot lagi.

16. Meletakkan Javascript di Footer

Cara mempercepat loading WordPress ini berlaku apabila Anda menggunakan JavaScript untuk membuat tampilan website rapi. Pastikan Anda meletakkan Javascript di bagian bawah.

Cara mempercepat loading WordPress ini perlu diterapkan karena apabila diletakkan di bagian awal atau tubuh halaman, ini akan membuat website menjadi lebih terbebani. Hal ini karena Javascript di load oleh browser.

Jadi, lebih baik untuk meletakkannya di bagian footer atau bagian bawah website. Fungsinya agar loading data akan memproses data server lebih dulu,barulah ke JavaScript. Urutan ini akan membuat penggunanya lebih cepat mengakses website.

Yuk Tingkatkan Kecepatan Loading Website Anda!

Demikian beberapa cara mempercepat loading WordPress yang efektif untuk Anda lakukan. Pastikan Anda menerapkan langkah-langkah yang sesuai dengan masalah kecepatan di website Anda.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website yang lebih kencang, Anda bisa berkonsultasi dan menggunakan jasa pembuatan web dari Niagaweb.

Dengan demikian, website yang dibuat tidak hanya menarik, tapi juga performanya berkelas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog