Cara Membuat Toko Online Lewat HP [Update 2022]

featured image cara memulai bisnis online

Selain berjualan produk secara offline, Anda juga bisa menjual produk melalui toko online. Bahkan, sekarang Anda bisa melakukan penjualan produk secara online lewat HP!

Tapi.. Bagaimana cara membuat toko online lewat HP? Tenang, Anda bisa membuatnya dengan mudah, kok. Yuk, pelajari caranya dengan seksama di artikel ini!

Manfaat Membuat Website Toko Online

Membuat toko online berupa website, memiliki banyak keuntungan. Berikut di antaranya:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Selain memiliki toko offline atau online shop di media sosial, Anda bisa memperluas jangkauan pasar dengan website toko online. Sebab, banyak juga orang yang menemukan produk melalui website.

2. Target Pasar Lebih Tepat Sasaran

Manfaat lainnya adalah dapat menjangkau target pasar sesuai sasaran. Dengan website toko online, Anda dapat membuat iklan melalui Google AdSense untuk menjangkau calon pembeli yang tertarik dengan produk di website toko online Anda.

3. Penjualan Lebih Tertata Rapi dan Sistematis

Fitur-fitur yang ada di website online shop akan membantu Anda membuat toko online yang rapi dan sistematis. Sehingga, pembeli pun akan sangat nyaman ketika melakukan transaksi melalui website Anda.

4. Memberikan Pilihan Metode Pembelian yang Lebih Banyak

Tidak semua pembeli suka membeli melalui satu platform, misalnya hanya melalui chat WhatsApp. Ketika membuat website online shop, artinya Anda juga memberikan pilihan metode atau platform pembelian yang lebih banyak kepada calon pembeli.

5. Memiliki Peluang untuk Meningkatkan Penjualan

Website toko online juga menjadi salah satu media untuk meningkatkan penjualan. Karena jangkauan website lebih luas dan target lebih tepat. Ketika penjualan meningkat, maka besar kemungkinan juga keuntungan atau penghasilan juga akan meningkat.

Persiapan Sebelum Membuat Toko Online Sendiri

Langkah awal membuat website toko online yaitu melakukan berbagai persiapan agar nantinya toko online Anda dapat berkembang dan penjualannya bisa terus meningkat. 

Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk membuat toko online:

1. Menentukan Produk dan Identitas Toko

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk yang akan dijual melalui website online shop, termasuk foto dan deskripsi produk. Selain itu, tentukan juga identitas toko, seperti nama toko, media sosial, deskripsi toko, nomor customer service, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Toko Online lewat HP dengan menentukan identitas bisnis dan produk

Jika Anda membuat toko online untuk pertama kali, maka semua hal tersebut harus dibuat dari awal. Namun, ketika sebelumnya sudah memiliki toko online di media digital lainnya, maka Anda hanya perlu menggunakan data yang sudah ada sebelumnya.

2. Mencari Inspirasi Desain Website Toko Online

Setelah itu, cobalah untuk melihat-lihat desain website toko online yang sudah ada di internet. Cara ini dapat dilakukan untuk mencari inspirasi desain website toko online yang akan Anda buat.

3. Mempersiapkan Budget atau Anggaran Dana

Jangan lupa persiapkan dana untuk membuat toko online sesuai kebutuhan. Kecuali, jika Anda menggunakan cara pembuatan website gratis. 

Jika ingin menggunakan cara pembuatan website berbayar, maka Anda harus mempersiapkan biaya seperti untuk pembelian domain dan hosting untuk website online shop, dan lainnya.

4. Mempersiapkan Strategi Promosi

Persiapan lain yang tidak kalah penting adalah membuat strategi promosi website online shop. Jadi, setelah website selesai dibuat, Anda bisa memperkenalkan dan mempromosikan website tersebut agar lebih diketahui lebih banyak calon pembeli.

Cara Membuat Toko Online Lewat HP dengan WordPress

Toko online berupa website dapat dibuat dengan mudah menggunakan WordPress. Lalu, bagaimana langkah-langkah dalam membuat toko online di HP dengan WordPress? Berikut caranya:

1. Membeli Nama Domain dan Berlangganan Hosting untuk Website

Setelah melakukan berbagai persiapan dalam membuat toko online, langkah selanjutnya adalah membeli domain dan hosting. Pastikan untuk memilih domain dan hosting yang berkualitas agar mendukung performa website online shop.

Pembelian domain dan hosting ini termasuk ke dalam biaya membuat toko online yang harus diperhitungkan. Anda tetap bisa menyesuaikan biaya pembelian tersebut dengan budget yang dimiliki. 

Oleh karena itu, jangan lupa membeli domain dan hosting dari pihak penyedia hosting yang menawarkan harga terjangkau.

Nama domain dapat dipilih sesuai dengan nama online shop agar lebih mudah dikenali dan menjadi identitas bisnis. Ekstensi domain yang dipilih dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya .com, .net, .co.id, atau menggunakan ekstensi domain unik.

Pilihlah hosting yang menyediakan layanan terbaik untuk website, baik dari segi keamanan, besarnya kapasitas penyimpanan, dan lain sebagainya. Penyedia hosting yang dipilih sangat menentukan performa dari online shop secara keseluruhan.

2. Install dan Masuk ke Dashboard WordPress

Selanjutnya, lakukan instalasi platform CMS WordPress. 

Tak perlu khawatir kalau Anda seorang pemula, beberapa penyedia layanan domain dan hosting juga menyediakan layanan install WordPress otomatis bagi para penggunanya. Cara ini sangat praktis dan memudahkan Anda untuk Install WordPress.

Ketika WordPress sudah berhasil di install, maka Anda bisa menggunakan username dan password untuk login dashboard WordPress. Login tersebut dilakukan melalui alamat https://situsAnda.com/wp-admin.

Setelah login ke dashboard WordPress, lanjutkan pengaturan dalam pembuatan website toko online. 

Sebagai contoh, Anda bisa membuat halaman untuk toko online tersebut. Caranya, pilih menu “Pages”, lalu klik “Add New”. Kemudian, buatlah halaman yang dibutuhkan untuk website. Misalnya, “Tentang Kami”, atau halaman lain sesuai keperluan seperti FAQ, blog, dan lain sebagainya. 

3. Tambahkan Plugin Toko Online

Menambahkan plugin toko online juga merupakan tahapan yang penting dalam cara membuat toko online lewat HP. WordPress sendiri sudah menyediakan berbagai jenis pilihan plugin toko online yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar.

Salah satu plugin toko online yang paling sering digunakan oleh pengguna WordPress adalah WooCommerce. Plugin ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk membuat toko online lebih mudah dan nyaman digunakan oleh customer.

plugin WooCommerce

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk menambahkan plugin toko online di WordPress, yaitu:

  1. Buka halaman dashboard WordPress untuk menemukan menu atau pilihan “Plugin”.
  2. Klik “Add New”.
  3. Pada kolom pencarian plugin, tuliskan “WooCommerce” agar dapat menemukan plugin dengan mudah.
  4. Lakukan aktivasi plugin tersebut dengan menekan “Activate”.
  5. Masukkan semua informasi tentang toko online yang diminta oleh plugin WooCommerce hingga selesai.

Plugin WooCommerce dapat membantu Anda dalam mengatur toko online. Contohnya, mengelola pemesanan, pembayaran, halaman checkout, halaman belanja, dan lain sebagainya.

4. Lakukan Pengaturan Tampilan Website Toko Online

Cara selanjutnya adalah melakukan pengaturan tampilan website toko online agar terlihat lebih menarik bagi pengunjung website. 

Anda bisa memulai pengaturan tersebut dengan memilih tema yang disediakan. Pastikan untuk memilih tema yang sesuai dengan identitas online shop Anda, misalnya dari niche bisnis yang dijalankan. 

Tema website online shop dapat menggunakan tema berbayar maupun tema gratis. Sesuaikanlah dengan kebutuhan pengaturan untuk menampilkan brand bisnis dengan lebih baik. 

Selain itu, tambahkan gambar, video, deskripsi toko, dan keterangan lainnya ketika melakukan pengaturan website.

5. Masukkan atau Unggah Produk Toko Online

Setelah itu, lanjutkan dengan mengunggah atau upload produk-produk yang akan dijual melalui website toko online tersebut. 

Bagaimana caranya? Berikut ini cara untuk mengunggah produk toko online, yaitu:

  • Masuk ke dashboard WordPress untuk membuka menu “Products” dan memilih pilihan “Add New”.
  • Lanjutkan dengan mengisi judul atau nama produk, deskripsi, harga, foto, dan keterangan produk lainnya.
  • Lengkapi informasi tentang produk yang diperlukan, kemudian Anda dapat langsung mengunggah produk tersebut.

Cara membuat toko online lewat HP dengan mengunggah produk

6. Mulai Berjualan Menggunakan Website Online Shop

Setelah melakukan setiap tahapan dalam cara membuat toko online lewat HP, maka Anda bisa langsung menggunakan website untuk menjual produk. Namun, sebelum itu, Anda bisa melakukan simulasi pembelian produk menggunakan website terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk memperkenalkan website online shop yang sudah dibuat kepada customer. Caranya dapat dilakukan dengan menyebarkan informasi melalui berbagai media sosial.

Menambahkan promosi khusus untuk pembelian melalui website juga bisa menjadi cara memperkenalkan website online shop dengan baik.

Cara Lain untuk Membuat Toko Online dengan Mudah

Selain membuat toko online di WordPress, masih ada cara lainnya yang dapat digunakan untuk membuat toko online dengan mudah. 

Berikut ini beberapa cara lain untuk membuat website toko online demi meningkatkan penjualan, yaitu:

1. Menggunakan Aplikasi untuk Membuat Online Shop

Cara membuat toko online lewat HP gratis bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang digunakan tentu saja harus merupakan aplikasi khusus untuk pembuatan toko online.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat online shop melalui HP, yaitu:

  • BukaOlshop
  • Toko Talk
  • Setoko
  • SquareSpace
  • Tokoko.id

2. Menggunakan Jasa Pihak Professional

Cara lainnya adalah memanfaatkan penyedia jasa buat web professional. Pastikan untuk memilih penyedia jasa pembuatan website toko online yang terpercaya dan memberikan banyak manfaat. 

Jangan lupa sesuaikan juga budget yang dimiliki ketika akan menggunakan jasa pihak professional untuk membuat website toko online.

Yuk Buat Website Toko Online Anda Sekarang Juga!

Cara membuat toko online lewat HP sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. 

Toko online yang dibuat pastinya akan memberikan banyak manfaat, seperti peningkatan penghasilan penjualan dan lain sebagainya. Pastikan untuk memanfaatkan toko online dengan optimal!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog