Cara Membuat Fanspage Facebook

Facebook merupakan media sosial yang memiliki umur cukup tua. Tapi sampai saat ini fitur di dalamnya masih sangat bagus untuk branding dan juga bisnis terutama fitur Fanspage. Tidak heran banyak yang mencari tahu cara membuat Fanspage Facebook.

Sebab Fanspage ini akan sangat membantu sekali proses promosi dan pengelolaan marketing bisnis atau pun produk. Apalagi Fanspage juga sangat mudah sekali dikelola. Proses pembuatannya juga sangat simpel dan tidak akan membuat Anda kebingungan.

Apa Itu Fanspage Facebook

Saat Anda ada di dalam media sosial Facebook mungkin pernah melihat sebuah akun Facebook yang memposting berbagai macam informasi. Kemudian saat dibuka akunnya tidak bisa ditambahkan sebagai teman, tapi hanya bisa diikuti saja.

Tampilan antarmukanya juga berbeda dari akun Facebook biasanya. Akun ini biasanya dinamakan dengan FP atau Fanspage. Sebenarnya Fanspage Facebook sudah cukup terkenal sejak masa-masa media sosial ini ramai digunakan pada tahun-tahun 2010 lalu.

Bahkan sampai saat ini, Fanspage di media sosial Facebook juga masih sangat relevan sekali digunakan untuk aktivitas hiburan harian atau juga untuk membantu menggerakkan bisnis. 

Sementara itu kalau mau menggerakkan bisnis, Anda bisa fokus ke cara membuat Fanspage Facebook, memahami apa itu Fanspage dan cara penggunaannya.

Jadi pada dasarnya Fanspage merupakan halaman khusus yang memberikan informasi kepada para pengguna Facebook lainnya secara satu arah. Anda bias mengikutinya tapi Fanspage tersebut tidak bisa mengikuti atau menambahkan akun lain sebagai teman. 

Pengguna Facebook bisa memberikan komentar, suka dan bagikan pada setiap informasi yang diberikan atau di posting lewat Fanspage. Kalau mau memanfaatkan Fanpage untuk bisnis, Anda bisa membuat Fanspage dengan nama bisnis atau brand yang sedang dipegang. 

Kemudian memposting berbagai macam informasi mengenai brand tersebut agar jadi lebih dikenal dan memiliki branding yang cukup bagus di mata pengguna Facebook lainnya. Dengan Fanspage ini juga Anda bisa membangun sebuah kampanye brand yang terarah dengan berbagai tujuan.

Manfaat dan Kegunaan Fanspage

Setiap orang atau pelaku bisnis yang menggunakan Fanspage sebagai jalan lain untuk media promosi pasti merasakan beberapa manfaat. Hal-hal yang positif dan berguna ini juga bisa Anda dapatkan kalau memutuskan membangun sebuah Fanspage untuk bisnis.

Berikut ini beberapa keuntungannya:

  • Jumlah Pengikut Tanpa Batas

Untuk manfaat pertama ini akan fokus ke pembahasan manfaat menggunakan Fanspage dibandingkan dengan akun Facebook biasa. Kelebihannya adalah Anda bisa mendapatkan jumlah orang yang terkoneksi tanpa ada batasan.

Ini sangat jauh berbeda dengan akun Facebook biasa yang jumlah orang terkoneksi atau pertemanan hanya ada 5.000 orang saja. Meski kalau pakai Fanspage, model pertemanan Anda hanya satu arah yaitu orang lain mengikuti, tapi tidak bisa diikuti balik.

Tapi Anda akan tetap bisa berkomunikasi dengan mereka lewat kolom komentar yang tersedia pada setiap postingan. Model pertemanan satu arah ini juga cukup berguna. 

Agar membuat Anda lebih fokus membangun nilai dan pandangan pada brand yang dibangun lewat Fanspage tersebut.

  • Memisahkan Urusan Bisnis dan Pribadi

Manfaat ini memang mungkin tidak akan Anda rasakan secara langsung dalam membangun sebuah brand bisnis lewat media sosial. 

Tapi sudah ada banyak sekali para pelaku bisnis yang selalu merasa terganggu ketika masalah pribadi mereka jadi merembet ke bisnis yang sedang dibangun. 

Dengan mengambil keputusan memahami cara membuat Fanspage Facebook ini, Anda bisa memisahkan dengan baik urusan bisnis dan pribadi. 

Anda bisa tetap fokus membuat konten yang terarah dan tertata dengan baik tanpa memasukkan masalah pribadi ke Fanspage tersebut. Apalagi biasanya juga ada rasa ingin mencurahkan isi hati lewat media sosial. 

Anda tetap bisa mengeluarkannya lewat akun Facebook pribadi. Jadi akun Fanspage tidak akan ikut campur dan bisa fokus untuk pengembangan brand bisnis. 

  • Menjadi Lebih Terpercaya 

Ketika Anda membuat sebuah Fanspage, maka ini juga akan mengubah cara pandang orang lain pada brand bisnis Anda. Mereka akan melihat bahwa memang benar brand bisnis ini sangat terpercaya dan penuh dengan niat membangun.

Selain bisa membuat tingkat kepercayaan bisnis meningkat, ini juga bisa membantu brand bisnis Anda memiliki penilaian profesionalitas yang cukup tinggi. Apalagi kalau konten yang Anda suguhkan sangat bagus dan totalitas. 

Pasti orang lain akan tertarik mengikuti Fanspage tersebut. Kepercayaan dan profesionalitas ini menjadi modal yang sangat penting untuk menjalankan bisnis. Utamanya saat bisnis tersebut baru Anda bangun dan belum begitu memiliki ulasan para pelanggan.

  • Lebih Mudah Komunikasi dengan Pelanggan

Pada penjelasan sebelumnya dikatakan bahwa Fanspage ini memiliki model hubungan satu arah saja dengan pengguna Facebook lain. 

Tapi meski begitu, Anda tetap bisa membangun sebuah komunikasi dengan sangat mudah bersama para calon pelanggan atau para pengikut. Komunikasi ini bisa Anda lakukan lewat kolom komentar yang ada pada setiap postingan Fanspage. 

Dengan cara ini juga para pelanggan bisa menanyakan mengenai produk yang Anda tawarkan. Selain itu ini juga membuat bisnis Anda jadi lebih terbuka dengan saran yang membangun.

  • Masuk Dalam Indeks Search Engine

Manfaat tahu cara membuat Fanspage Facebook yang satu ini mungkin jarang disadari oleh para pelaku bisnis. Padahal manfaatnya banyak sekali dan membuat orang lain lebih mudah mengetahui bisnis tersebut.

Manfaatnya adalah nama bisnis atau brand Anda jadi masuk dalam indeks atau terindeks dalam Search Engine internet. Ketika pelanggan memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda, maka Fanspage tadi akan masuk ke halaman hasil pencarian utama.

Karena Search Engine menilai jika informasi yang Anda sampaikan lewat Fanspage tersebut sangat terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Cara Membuat Fanspage Facebook

Fanspage Facebook memiliki banyak sekali manfaat untuk pembangunan brand bisnis Anda. Setelah mengetahui beberapa manfaatnya di atas, mungkin saja sekarang Anda mulai tertarik untuk membuat sebuah Fanspage Facebook.

Cara membuat Fanspage Facebook ini sebenarnya juga sangat mudah sekali dan cepat. Untuk lebih jelasnya, ini cara-caranya:

  • Tutorial yang pertama masuklah ke dalam situs Facebook seperti biasanya.
  • Jika sudah berhasil, lakukan proses login dengan menggunakan akun Facebook pribadi yang Anda miliki.
  • Kemudian di halaman Beranda Facebook, bisa cari dan klik pada tulisan “Bookmark Page” yang biasanya letaknya di sebelah kiri.
  • Setelah berada di dalam menu Page, Anda bisa mengklik lagi opsi menu yang bertuliskan “Create a Page”.
  • Berikutnya akan muncul beberapa pilihan jenis Fanspage Facebook yang akan Anda buat. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, bisa bisnis, produk atau perusahaan.
  • Lalu isilah beberapa kolom yang wajib diisi seperti bidang bisnis tersebut dan juga namanya secara lengkap. 
  • Jika sudah tekan tombol tulisan “Get Started”.
  • Cara membuat Fanspage berikutnya Anda akan melihat beberapa tahapan pembuatan Fanspage. Di bagian pertama pada tab “About”, isi dengan informasi umum bisnis yang Anda buatkan Fanspage. 

Isi saja pada bagian kolom paling atas dengan deskripsi singkat bisnis Anda. Di bawahnya isi dengan alamat situs dari bisnis tersebut. 

  • Bergeser ke bawahnya lagi, buat dan pilihlah alamat unik Fanspage Facebook sesuai selera pada bagian “http://www.facebook.com/(nama alamat unik)”. 
  • Setelah itu isilah beberapa pertanyaan dengan jawaban “Yes” atau “No” yang ada di bawahnya dan bisa menekan tombol “Save Info”.
  • Tab kedua yaitu “Profile Picture” dan klik pada “Upload From Computer” untuk memilih foto dari penyimpanan komputer. Bisa juga pilih “Import From Website” agar bisa memilih foto dari website tertentu.
  • Jika sudah ketemu foto yang mau digunakan untuk foto profil Fanspage, bisa mengklik tombol “Open” dan foto berhasil dibuat.
  • Langkah berikutnya tekan “Next” untuk masuk tab “Add to Favorites”. Tapi Anda bisa melewati proses ini dengan menekan “Skip”.
  • Lalu masuk ke “Reach More People” dan Anda juga bisa melewati tahapan ini.
  • Sampai pada langkah ini, cara membuat Fanspage Facebook sudah selesai. Tinggal melakukan beberapa pengaturan yang bersifat optional saja.

Beberapa Cara Pengaturan Tambahan Fanspage Facebook

Kalau Anda sudah selesai melewati langkah cara membuat halaman Facebook di atas, maka lebih bagus lagi mengikuti cara pengaturan tambahan di bawah ini. Jadi pengaturan tambahan ini bisa membantu Fanspage agar terlihat lebih bagus dan tidak begitu polos. 

Agar bisa masuk ke pengaturan ini, Anda harus mengklik tombol “Settings” yang ada pada halaman Fanspage Facebook tersebut. Lalu berikut ini beberapa pengaturannya:

  • General

Fungsi pengaturan tambahan ini adalah untuk bisa mengatur Fanspage yang sifatnya lebih umum dan luas. Anda bisa mengatur seperti masalah Page Visibility agar terlihat banyak orang, Visitor Post, tak dan masih banyak lagi.

  • Page Info

Sementara itu setelah selesai melakukan cara membuat halaman di Facebook, Anda masih bisa mengedit informasi Fanspage lewat pengaturan tambahan Page Info ini. Pastinya kolom informasi yang bisa Anda isi sangat beragam sekali.

Informasinya mulai seperti deskripsi halaman tersebut, alamat lengkap, jam buka, website dan masih banyak lagi. Usahakan bagian ini Anda isi terutama kalau Fanspage Anda berjenis lokasi bisnis dimana harus ditambahkan keterangan jam buka atau operasionalnya.

  • Messaging

Layaknya sebagai sebuah alat untuk melakukan promosi dan mengembangkan bisnis, Fanspage juga memiliki pengaturan Messaging. 

Jadi tujuan pengaturan pesan ini adalah agar Anda bisa mengatur sebuah pesan otomatis kepada orang-orang yang mengirimkan pesan secara pribadi.

Ini juga bisa membantu Anda agar lebih mudah berkomunikasi dengan pengguna Facebook lainnya. 

  • Templates & Tabs

Lalu ada juga pengaturan tambahan yang memiliki nama Templates & Tabs. Untuk pengaturan ini memiliki fungsi agar Anda bisa memberikan tambahan tab pada halaman Facebook tersebut. Sehingga Fanspage jadi lebih dikelola dan tampilannya menarik.

  • Notification

Sesuai namanya, pengaturan tambahan yang satu ini bisa Anda atur untuk bisa menyesuaikan masalah pemberitahuan yang muncul. Anda bisa mengaturnya agar hanya menampilkan beberapa pemberitahuan khusus saja atau lainnya. 

Jadi bisa diatur agar pemberitahuan yang muncul tidak begitu mengganggu kegiatan sehari-hari.

  • Instagram

Mungkin Anda juga sudah tahu kalau saat ini Facebook dan Instagram berada dalam satu grup perusahaan yang sama. Dengan melihat kondisi ini, Fanspage Facebook ternyata juga bisa dihubungkan dengan akun Instagram Anda.

Memang Fanspage Facebook ini tampak kurang terkenal dibandingkan fitur media sosial lain. Tapi Anda juga harus tahu cara membuat Fanspage Facebook kalau mau berbisnis. Sebab bagaimanapun juga, Facebook masih memiliki pasar dan basis pengguna yang sangat besar sekali.

Buat Website Mu Sekarang Gratis SSL di Niagaweb
 

Leave a Comment