Cara Membuat Facebook Business Manager

Cara Membuat Facebook Business Manager

Menurut data statistik telekomunikasi Indonesia tahun 2017, Indonesia memiliki jumlah pengguna facebook sebanyak 58% untuk jenjang usia belasan hingga puluhan. Diperkirakan tahun 2020 mengalami peningkatan pengguna facebook hingga 80% semua kalangan. Dengan dasar tersebut, Anda bisa memaksimalkan facebook bisnis sebagai bentuk pengelolaan jualan online (digital marketing). 

Mengapa facebook bisnis penting untuk melebarkan sayap usaha Anda?

Melihat data di atas, tentunya setiap orang yang memiliki akun facebook minimal mengutak-atik apa yang ada di dalam facebook. Dengan banyak fitur facebook akan memudahkan pengguna mengenalkan produk yang ditawarkan. Setiap fitur khusus penjualan terdapat 2 jenis penjualan, yaitu facebook penjualan gratis dan berbayar. 

Jika Anda menawarkan sebuah produk lewat fitur marketplace akan mendapatkan sistem gratis akan tetapi produk Anda terbatas dalam beberapa konsumen saja. Berbeda dengan facebook bisnis berbayar, sistem penjualan lebih luas, potensi mendapatkan konsumen lebih tinggi. Melihat facebook marketplace gratis saja omzet Anda bisa melesat dengan lumayan dalam waktu sebulan, lantas apakah Anda tidak ingin menambah omzet lebih besar dengan bantuan facebook business manager?

Bagaimana cara membuat facebook bisnis?

Mengelola akun bisnis facebook akan menaikkan angka omzet Anda, tetapi Anda harus terlebih dahulu membuat akun facebook business manager. Berikut cara membuat:

  1. Siapkan pc atau laptop dengan jaringan internet terbaik
  2. Buka mesin pencari (google)
  3. Masukkan alamat https://business.facebook.com/ dan jangan lupa log in dahulu ke akun facebook Anda sendiri
  4. Setelah Anda masuk ke alamat tersebut, buatlah akun baru, create account
  5. Isilah kotak dialog yang bertuliskan “your business name” misalnya Distributor Bahan Makanan
  6. Lalu klik “lanjutkan” atau “continue”
  7. Muncul kotak dialog lagi dengan kolom nama dan alamat email bisnis Anda. Isilah nama asli Anda dan email aktif lalu klik “selesai” atau “ finish”
  8. Anda akan masuk ke kotak dialog dengan 3 pilihan kolom yaitu page, ad account, dan people
  9. Isilah ketiga kolom tersebut dengan baik.
  10. Untuk kolom page, Anda klik dan menemukan 3 kolom pilihan lagi yaitu Add a page you own, Add someone else’s Page, create a new page.
  11. Dari ketiga pilihan tersebut Anda klik “Add a page you own” lalu klik lagi “add page”
  12. Kemudian Anda pindahkan atau paste alamat url fanspage Anda kemudian “add page” 
  13. Anda akan diperlihatkan kolom sukses centang hijau dengan tulisan “add sweet cotton”. Saat Anda menemukan tulisan tersebut menandakan bahwa fanspage yang Anda buat telah sukses dimasukkan ke dalam bisnis manager.

cara membuat facebook business manager tersebut barulah salah satu pengelolaan kolom add a page you own. Untuk melengkapi bisnis manager Anda lanjutkan dengan ikuti langkah berikutnya:

Cara menambahkan ad account pada akun iklan

  1. Setelah selesai dengan langkah utama di atas, Anda kembali ke halaman muka bisnis manager
  2. Klik “add account”
  3. Muncul kotak dialog dengan tulisan “add Accounts to Business Manager” lanjutkan klik “Create Ad Account”.
  4. Akan tersedia kolom dengan pilihan (Ad Account name, Advertising on behalf of, Time Zone, Currency)
  5. Anda isi nama akun yang tadi pertama kali dibuat, iklan dan semua kolom kelengkapan. 
  6. Klik “create ad account”
  7. Proses pada ad account selesai. 

Cara membuat admin mengelola facebook business manager

  1. Anda kembali lagi ke halaman muka bisnis manager
  2. Klik bagian page
  3. Akan muncul kotak dialog dengan kolom email, kolom email diisi menggunakan email orang yang akan diposisikan sebagai admin facebook 
  4. Klik Page Advertiser  
  5. Lalu klik add people
  6. Kolom tersebut digunakan sebagai admin facebook business manager Anda, atau orang-orang yang akan menjalankan facebook bisnis Anda. 
  7. Klik next dan klik skip

Maka, Anda akan melihat daftar admin yang bertugas membantu menjalankan bisnis. Jadi, gambaran simpelnya adalah sebagai berikut:

Admin tercantum 3 orang dengan nama Fitra, Jessica dan Rudi, salah satu dari mereka yang ijin akan digantikan oleh admin lainnya sehingga semua pengelolaan data usaha tidak keteteran. Jelas ya jika dalam toko online Anda akan menemukan admin yang tugasnya menerima pesan langsung dibalas.

Setelah 3 cara membuat facebook business manager Anda selesaikan maka Anda telah siap dengan iklan penjualan pertama. Facebook ads merupakan sebuah langkah usaha profesional. Mengenal dengan cermat siapa saja calon konsumen yang akan Anda datangi. 

Seberapa efektifkah facebook bisnis berjalan?

Penggunaan facebook business manager akan membuat hasil yang lebih maksimal saat Anda mengelolanya dengan baik. Jika Anda tepat mengunci target sasaran alhasil dalam waktu 12 bulan pertama facebook business manager sangat terasa sekali manfaatnya. Kelebihan menggunakan facebook business manager antara lain:

Bersifat mandiri

Akun facebook pribadi Anda tidak akan menjadi satu dengan akun bisnis manager sehingga sangat memungkinkan sekali dalam minimalisasi kesalahan postingan produk, review produk, atau tulisan status. Konsumen memiliki sikap acuh dengan masalah pribadi Anda tapi ada juga yang ingin tahu dengan kehidupan Anda sebagai pemilik usaha. Jika akunnya berbeda maka setiap konsumen hanya terfokus pada 1 tujuan yakni penjualan produk. 

Cepat dan mudah

Tampilan cara membuat facebook business manager sederhana, menggunakan bahasa yang bisa dipilih sesuai dengan penguasaan Anda, dan jarang sekali terjadi fitur ganda. Sehingga setiap pengguna tidak butuh waktu lama dalam pengeditan data. 

Laporan bisnis dijangkau dengan baik

Setiap ada penjualan yang goal akan terdapat laporan secara otomatis bagian dashboard. Jika produk tertentu Anda belum ada kemajuan penjualan pihak manajemen facebook akan membantu memperbaharui sistem, nantinya muncul notifikasi apakah produk Anda akan rilis, berhenti atau didiamkan saja. 

Aman 

Dalam dunia digital marketing, keluar masuk karyawan adalah hal biasa. Kemungkinan karyawan memiliki akses perusahaan sangat besar sehingga pihak facebook business manager menyediakan security centre yang memberikan autentikasi 2 faktor menjaga keamanan secara penuh. Saat sistem keamanan yang satu diketahui oleh mantan karyawan selebihnya di off  kemudian diganti dengan sistem yang baru.

Jarang error 

Manajemen facebook pusat terdiri dari banyak ahli yang selalu mengatur dan mengoperasikan sistem 24 jam, hal inilah yang membuat facebook sangat jarang sekali mengalami sistem error. 

Keterkaitan sosmed dengan cara membuat facebook bisnis begitu erat, Anda bisa masuk ke semua akun sosmed yang dimiliki untuk mendapatkan calon konsumen. Untuk akun facebook business manager berbayar memberikan harga promosi iklan termurah, Anda bisa cek harganya. Menjalankan usaha online wajib tahu strategi dan teknik yang ada di pasaran, jangan sampai Anda semangat membuat facebook business manager tetapi salah sasaran kelompok. Akibatnya, produk Anda mengalami down setelah berkorban dengan membayar bisnis facebook. 

0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Niagaweb Blog