Cara Daftar Di Google Bisnisku

Dunia digital dari waktu ke waktu semakin berkembang dan terus dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis termasuk di antaranya seperti Google Bisnisku. Sekarang Anda harus bisa paham cara daftar di Google Bisnisku agar pemasaran digital semakin maksimal.

Google Bisnisku sendiri juga sudah dipakai banyak pelaku usaha untuk bisa memberikan informasi yang tepat dan cepat kepada para calon konsumen. Ini juga sebagai upaya memanfaatkan perkembangan dunia digital yang semakin cepat.

Apa Itu Google Bisnisku

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis dan Digital Marketing, tampaknya mulai harus tahu cara daftar di Google Bisnisku dan memahami cara kerjanya. Jadi ini merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh Google dengan tujuan memberikan informasi lengkap kepada para calon konsumen.

Pihak yang bisa memberikan atau mengisi informasi ini juga hanya orang tertentu saja yaitu pemilik yang sudah mendapatkan tanda verifikasi. Anda sebagai pemilik bisnis tersebut bisa menyampaikan informasi asli kepada para calon konsumen mengenai produk dan bisnis tersebut.

Jadi harus tahu juga cara menggunakan Google Bisnisku. Biasanya ada beberapa informasi yang ditampilkan pada Google Bisnisku. Di antaranya seperti nama dari bisnis tersebut, alamat lengkap, kontak, jam kerja, foto bisnis dan sampai ke review para pengunjung.

Hampir semua jenis bisnis bisa menggunakan fitur Google Bisnis ini. Jadi tidak hanya terbatas pada bisnis yang menjual produk saja. Mengingat sebagian besar orang akan selalu mencari dulu informasi sebuah perusahaan dari Google.

Sehingga di sini Google Bisnisku akan berperan penting untuk menampilkan informasi yang sangat terpercaya, asli dan bisa dipertanggung jawabkan. Tidak memandang bisnis itu berupa makanan, jasa, atau bergerak di bidang yang lainnya. 

Manfaat Menggunakan Google Bisnis

Dari pengertian Google Bisnisku, sekarang mungkin Anda sudah tahu gambaran bagaimana fitur dari Google ini bekerja. Dengan model seperti ini, Anda sebagai pemilik bisnis bisa mendapatkan beberapa keuntungan atau manfaat. 

Berikut ini penjelasan manfaat setelah mengetahui cara membuat Google Bisnisku:

  1. Memberikan Informasi Terpercaya

Di zaman sekarang ada banyak sekali informasi yang bisa ditemukan dari internet. Sayangnya informasi tersebut terkadang tidak diketahui kebenarannya. 

Sehingga membuat pengguna internet juga harus berhati-hati ketika mendapatkan informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Dengan Google Bisnisku ini, Anda bisa memberikan berbagai informasi mengenai sebuah bisnis atau produk dengan terpercaya. 

Hal ini sangat berbeda jauh ketika Anda memberikan informasi di luar Google Bisnisku. Karena para pengguna internet sudah sangat berhati-hati saat mendapatkan informasi. 

Apalagi hampir semua pengguna internet akan memanfaatkan Google dalam upaya mencari informasi sebuah produk atau bisnis. 

Jadi ini menjadi sebuah peluang bagi Anda untuk bisa menyampaikan informasi yang sangat terpercaya dan tidak akan mengecewakan para calon konsumen. Terlebih hanya pemilik bisnis yang sudah terverifikasi saja yang bisa memanfaatkan layanan Google Bisnisku ini.

  • Menyampaikan Informasi Secara Lengkap dan Terbaru

Sebelumnya Anda sudah membaca jika Google Bisnisku ini bisa menjadi sarana memberikan informasi yang terpercaya. Selian itu, lewat fitur ini juga Anda bisa memberikan informasi yang paling baru secara langsung kepada para calon konsumen yang akan datang.

Misalkan Anda memiliki bisnis makanan dan kemudian ada pergantian jam buka. Lewat pembaruan informasi pada Google Bisnisku, Anda bisa memberitahu calon konsumen mengenai perubahan jam buka tersebut.

Jadi informasi yang bisa disampaikan ini sangat lengkap dan juga terbaru sesuai yang terjadi pada bisnis tersebut. Apalagi bagian review pelanggan ini juga akan terus mengalami pembaruan. 

Karena pelanggan bisa memberikan ulasan secara bebas tanpa dibatasi apa pun.

  • Tersedia Pada Google Map

Saat ini hampir semua kebutuhan dan informasi tersedia secara online dan terintegrasi dengan layanan Google. Ada hal yang menarik jika Anda memutuskan untuk menggunakan fitur Google Bisnisku ini yaitu bisnis jadi bisa terlihat dan tersedia pada Google Map.

Bagi sebagian orang mencari tahu informasi sebuah usaha atau bisnis lewat internet menjadi sebuah kewajiban. Termasuk mengecek dulu apakah ada dan terlihat di dalam Google Map atau tidak. 

Banyak yang menggunakan penilaian ketika bisnis tidak ada di Google Map, maka kredibilitasnya jadi dipertanyakan. Sehingga menampilkan keterangan bisnis pada Google Map bisa menjadi salah satu usaha untuk membuat kegiatan bisnis itu jadi terpercaya. 

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google Bisnisku ini yang bisa langsung muncul juga di dalam Google Map. Keterangan kriteria bisnisnya juga bisa tergambarkan dengan jelas apakah berjenis restoran, tempat makan atau mungkin juga pabrik produksi.

Ini juga akan membuat para calon konsumen lebih mudah menuju ke lokasi dimana bisnis Anda berada. Karena bisa dengan gampang dilacak lewat Google Map.

  • Konsumen Lebih Mudah Mengetahui Bisnis Anda

Manfaat tahu cara daftar di Google Bisnisku yang ini juga masih ada hubungannya dengan manfaat berupa tersedia di dalam Google Map tadi. Jadi para pelanggan akan jauh lebih mudah menemukan lokasi bisnis yang Anda jalankan. 

Selain itu Anda juga bisa memberikan banyak keterangan informasi tambahan pada titik lokasi di dalam Google Map tersebut. Misalnya bisa menambahkan foto lokasi yang lebih detail agar pelanggan jadi percaya dan bisa memberikan review pelanggan.

Tidak hanya tersedia di dalam Google Map saja, bisnis yang sedang Anda kerjakan itu juga bisa lebih mudah diketahui karena ada di dalam hasil pencarian Google. 

Posisinya biasanya ada di bagian kanan layar ketika Anda melakukan pencarian terkait kata kunci produk yang ada kaitannya dengan bisnis Anda. Tentu ini menjadi sebuah keuntungan yang cukup bagus.

  • Menganalisis Pelanggan

Terakhir selain beberapa manfaat atau keuntungan di atas, Anda bisa menggunakan Google Bisnisku ini sebagai alat untuk menganalisis para pelanggan. Alat ini bernama Analytics dimana fungsinya akan memberikan data kinerja bisnis Anda di dalam Google Bisnisku.

Akan terlihat banyak data informasi seperti seberapa luas jangkauan interaksi bisnis Anda kepada para pelanggan, berapa banyak yang melihat bisnis dan membandingkan kinerjanya dengan bisnis yang serupa.

Jadi dengan modal data-data itu, Anda bisa menyusun strategi bisnis berikutnya agar bisa memiliki performa yang jauh lebih bagus lagi.

Baca juga: Apa Itu Media Sosial? Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Cara Daftar Di Google Bisnisku

Beberapa uraian di atas telah memberikan penjelasan mengenai manfaat yang akan Anda dapatkan. Dengan banyaknya manfaat itu, mungkin Anda jadi tertarik untuk ikut membuat Google Bisnisku. Sehingga bisa memaksimalkan informasi bisnis lewat fitur Google. Berikut caranya:

  • Langkah cara daftar di Google Bisnisku pertama bisa masuk dulu ke dalam situs Google Bisnisku.
  • Tunggu sampai halaman ditampilkan semua dan bisa mulai klik pada tombol hijau yang tulisannya “Mulai Sekarang”.
  • Kalau sudah, maka sistem akan mengarahkan Anda untuk mengisi kolom “Nama Bisnis”. Isi dengan nama bisnis yang mau ditambahkan ke Google Bisnisku dan tekan “Berikutnya” jika selesai.
  • Langkah ketiga Anda juga harus mengisi informasi alamat bisnis secara lengkap sesuai kolom yang diminta. Lalu bisa tekan “Berikutnya”.
  • Setelah itu, Anda akan melihat sebuah halaman Google Maps. Pada tahap ini Anda wajib untuk menempatkan titik Google Maps sesuai dimana lokasi bisnis berada. 

Agar pelanggan bisa menggunakan Google Maps untuk menuju ke lokasi bisnis tersebut dan tap “Berikutnya”.

  • Kemudian Anda masuk ke kategori bisnis, isi saja pada kolom yang tersedia sesuai dengan bidang bisnis. Jika sudah bisa menekan tulisan “Berikutnya”.
  • Lalu, masukkan juga kolom kontak nomor telepon dan juga situs website yang masih aktif jika ada. 
  • Berikutnya bisa pilih “Ya” atau “Tidak” untuk mendapatkan newsletter yang berasal dari Google dan klik “Berikutnya” lagi.
  • Setelah tahapan di atas maka Anda akan masuk ke proses verifikasi Google Bisnisku. Pastikan semua data yang Anda masukkan sebelumnya benar dan asli. 

Lalu bisa mengisi bagian verifikasi dengan bagian “Nama Kontak” berisi nama Anda sebagai penerima surat verifikasi.

  • Isikan juga alamat lengkap lokasi Anda sebagai tujuan pengiriman surat verifikasi tersebut dan klik “Kirim”. Harap mengisi alamat yang asli agar surat bisa Anda terima tanpa masalah.
  • Kemudian pihak Google akan mengirimkan surat kepada Anda dan jangka waktunya bervariasi tergantung lokasi. 
  • Langkah berikutnya kalau surat dalam bentuk fisik sudah Anda terima bisa lanjut ke proses selanjutnya.
  • Lalu bisa buka kembali situs Google Bisnisku dan tap pada tiga strip tumpuk di bagian kiri atas.
  • Geser ke arah bawah dan carilah “Verify Location” atau “Verifikasi Lokasi”.
  • Setelah itu bisa isikan bagian kode verifikasi dengan kode yang ada di dalam surat fisik yang sudah Anda terima tadi. 
  • Dan sekarang verifikasi Google Bisnisku telah selesai.

Melengkapi Profil Bisnis Pada Google Bisnisku

Proses cara daftar di Google Bisnisku sebenarnya cukup mudah. Tapi Anda harus sabar menunggu surat fisiknya sampai di lokasi bisnis itu berada. Kalau sudah sampai pada tahapan verifikasi, maka Anda juga harus melengkapi profil bisnis.

Ada beberapa bagian yang harus Anda isi. Berikut bagian-bagiannya:

  • Deskripsi Bisnis

Bagian pertama yang harus Anda isi dengan lengkap adalah bagian Deskripsi Bisnis. Ini akan memberikan gambaran singkat kepada pelanggan mengenai bisnis yang Anda jalankan. Maksimal hanya 750 karakter.

Jadi maksimalkan setiap kata agar bisa memberikan gambaran kepada para konsumen yang mau ke lokasi. Bisa mengisinya dengan bidang bisnis, produk andalan dan lain-lain. 

  • Foto Bisnis

Nah foto ini memang sifatnya adalah optional atau bisa Anda tambahkan atau tidak. Tapi sangat lebih bagus jika Anda tambahkan foto-foto yang berkaitan dengan bisnis. Terutama jika Anda memang menyediakan sebuah tempat yang tampilannya bagus.

Sehingga dari sini para pelanggan bisa tahu bagaimana lokasi tersebut sebelum sampai tujuan. Foto yang ditambahkan bisa juga berbentuk fasilitas yang ditawarkan di tempat tersebut. Kalau bisnisnya dalam bentuk pabrik bisa tidak memberikan foto sama sekali.

  • Jam Kerja

Ini juga sangat penting untuk ditambahkan agar para pelanggan bisa datang di waktu yang pas. Jangan sampai pelanggan datang padahal bisnis sedang tutup karena tidak terdapat kejelasan jam kerja pada Google Bisnisku.

  • Menu/Produk dan Harga

Bagian terakhir pada serangkaian cara daftar di Google Bisnisku adalah menambahkan detail menu atau produk beserta harganya. Ini bisa jadi lahan promosi secara halus kepada para calon konsumen. 

Sehingga mereka bisa mengetahui gambaran singkat produk yang Anda sediakan.

Dari rangkaian di atas, cara daftar di Google Bisnisku memang cukup mudah. Mulai sekarang Anda sepertinya wajib menggunakan Google Bisnisku untuk mempermudah orang lain menemukannya. Terutama kalau bisnis Anda seperti restoran atau Cafe.

Buat Website Mu Sekarang Gratis SSL di Niagaweb
 

Leave a Comment