Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Mau belajar SEO, tapi bingung harus memulainya dari mana? Hal ini memang menjadi sesuatu yang wajar karena minimnya pengetahuan yang dimiliki. Meskipun ada banyak sekali sumber internet yang bisa dijadikan sebagai acuan. Namun tidak semua orang bisa mengawalinya dari nol. 

Bagi seorang pemula harus mempelajari dasar-dasar tentang SEO terlebih dahulu supaya bisa mengembangkannya sesuai dengan tahapan dan langkah selanjutnya. Sebenarnya untuk mempelajari ilmu SEO tidaklah serumit seperti yang dibayangkan. Asalkan Anda mempunyai niat untuk mencobanya.

Tips Belajar SEO Untuk Pemula 

Ada beberapa langkah yang bisa diikuti pada saat belajar seo pemula. Oleh karena itu Anda tidak perlu merasa khawatir bagaimana cara yang harus diikuti. Supaya lebih cepat memahami ilmu SEO, silahkan mengikuti beberapa tips di bawah ini: 

  • Memahami Fundamental 

Langkah pertama yang perlu dilakukan pada saat Anda belajar tentang ilmu CEO yaitu dengan memahami dan mengetahui fundamental SEO maupun data dasar. Untuk langkah ini sangatlah penting untuk dipahami supaya bisa mengembangkan lagi.

Ada banyak dasar-dasar SEO yang bisa dipelajari, termasuk dari segi konsep dasar intisari dari CEO yaitu bagaimana agar menjadi terbaik pada kata kunci dari website yang lainnya. Tentu saja Anda diharuskan untuk mencari informasi melalui internet dan mencari website yang relevan. 

Hal ini harus sesuai dengan informasi yang sedang dicari. Dari sinilah Anda dapat berfikir tentang apa yang dicari user ketika berkunjung ke website Anda. Konsep dasar belajar seo untuk pemula ini bisa mencakup seperti kecepatan penyajian konten struktur dan navigasi kepuasan pengguna.

  • Memahami Pengaturan Belajar SEO

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui bagaimana peraturan dalam belajar SEO. Peraturan belajar itu 80% praktek dan 20% nya belajar. Untuk peraturan tersebut mengharuskan Anda supaya lebih banyak praktek dibandingkan belajar. Mengapa harus demikian? 

Alasannya karena pada saat banyak melakukan praktek maka Anda akan mengetahui secara langsung bagaimana teknik yang paling mudah untuk dipahami. Selain itu Anda juga lebih mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi dan bagaimana proses penyelesaiannya. 

Ternyata jika sering melakukan teknik praktek maka bisa menciptakan teknik yang dapat membantu Anda agar memahami SEO lebih mudah. Termasuk bagaimana cara kerjanya. 

  • Belajar Pada Ahlinya 

Memang tidak semua orang memahami apa itu SEO. Oleh karena itu di awal belajar Anda harus memulainya bersama dengan orang yang tepat. Jika belajar bersama dengan orang yang lebih mengerti dan ahli maka Anda akan dibimbing dan diberitahu bagaimana caranya.

Termasuk teknik optimasi sebuah search engine. Alasan inilah yang membuat Anda dituntut untuk belajar dengan pakar dalam bidangnya. Untuk sekarang ini ada banyak sekali tempat yang siap membantu Anda untuk belajar. Baik itu belajar seo gratis atau berbayar. Pilihlah tempat belajar yang tepat. 

  • Memperbaiki Proses Belajar 

Memperbaiki proses belajar ini artinya bahwa Anda tidak harus mencari pintasan metodologi, karena dari sini Anda bisa mengetahui bagaimana proses belajar yang paling efektif dan mudah. Sebaiknya jangan melakukan metodologi maupun mencari kebenaran pada proses belajar yang salah. 

Anda tidak hanya fokus terhadap satu teknik saja, melainkan juga harus memahami banyak teknik. Contohnya seperti belajar SEO Off page yang mengenai link building. Apabila hanya berfokus pada satu teknik saja hal ini justru membuat proses belajar Anda membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Sementara Anda wajib mengetahui dan melakukan identifikasi perihal proses belajar yang digunakan. Termasuk menentukan pilihan, mana yang harus digunakan dan mana yang perlu diganti. Pada saat Anda sudah menerapkan hal ini maka akan lebih mudah dalam memahami CEO bagi pemula.

  • Fokus Apa yang dikerjakan 

Selanjutnya Anda harus fokus terhadap teknik yang sedang Anda kerjakan. Meskipun ada banyak sekali teknik yang Anda pelajari, namun lakukan secara bertahap supaya tidak bingung nantinya. Ingat bahwa belajar seo wordpress memiliki teknik yang sangatlah luas. 

Oleh karena itu pilihlah yang menurut Anda paling mudah di improvisasi maupun dipahami. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda tidak berhenti di tengah jalan kemudian berganti dengan teknik lainnya. Sebelum menggunakan teknik tertentu Anda harus mengetahui bagaimana tingkat kemudahan dan kesulitan nya.

Dengan hal ini maka Anda bisa memahami dari awal dan menentukan pilihan teknik mana yang sesuai dengan keinginan maupun kemampuan. Jika sudah menemukan teknik SEO yang terbaik maka Anda tinggal fokus belajar yang menurut Anda itu terbaik. Cara ini membantu Anda agar memahami ilmu SEO.

  • Tekun dan Banyak Praktek 

Supaya proses belajar CEO segera berakhir Anda dituntut untuk selalu tekun, konsisten dan juga lebih banyak praktek. Pastinya Anda tidak mau bukan jika harus selalu dalam tahap belajar? 

Oleh karena itu supaya bisa mengembangkan blog Anda dan menjadi menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari SEO maka perbanyaklah belajar. Waktu yang dibutuhkan untuk belajar memang tidaklah sebentar, karena banyaknya pengetahuan yang harus diketahui dan dipraktekkan. 

Namun Anda harus konsisten dan jangan sampai menyerah. Tetap tekuni segala ilmu yang berhubungan dengan SEO hingga menemukan cara belajar seo yang paling tepat. Ingat bahwa SEO bukanlah hal instan. Sebab itulah untuk belajar harus memahami dengan baik dan mempunyai kesabaran. 

Tidak semua yang dipraktekkan bisa secara langsung muncul hasilnya. Namun segala sesuatunya pasti membutuhkan proses, termasuk link building yang membutuhkan banyak waktu agar bisa memunculkan hasilnya. 

Hal ini pun juga sama seperti website yang mana Anda dapat berkembang terlebih dahulu sebelum website tersebut mempunyai banyak trafik.

Baca Juga : Apa itu SEM? Kenali perbedaannya dengan SEO

  • Optimasi Kecepatan Website 

Sebelum memutuskan untuk masuk ke beberapa optimasi lain, maka secara umum pada tahap belajar Seo diharuskan untuk memulai optimasi website supaya lebih cepat. Hal ini dikarenakan bahwa kecepatan merupakan salah satu rangking dari faktor Google. 

Anda tidak perlu menggunakan asumsi bahwa melakukan pengecekan menggunakan beberapa tool perlu dilakukan. Sementara Anda harus melakukan optimasi sesuai yang sudah direkomendasikan apabila sudah memperoleh hasilnya. 

Jika mengalami kendala di bagian server maka pastikan terlebih dahulu bahwa kualitas dari hosting maupun lokasi server sudah optimal. Jika terjadi kesalahan konfigurasi yang mengganggu segera lakukan perbaikan dan jangan lupa untuk selalu mengaktifkan teknik kompresi.

Salah satu syarat supaya bisa memperoleh hasil optimal maka Anda harus memastikan bahwa website tersebut sudah teroptimasi dengan baik.

  • Optimasi Mobile Friendly

Selain diharuskan untuk mengoptimasi kecepatan website, Anda pun juga harus melakukan optimasi website lain supaya mobile friendly. Pengguna smartphone hingga saat ini memang sudah semakin meningkat. Sedangkan akses internet jauh lebih banyak dilakukan di perangkat mobile. 

Namun hal ini tidak membuat sebuah website di mobile friendly sebuah kesalahan. Terlebih lagi untuk website yang mobile friendly jauh lebih diprioritaskan oleh Google karena bisa muncul di peringkat atas pada hasil pencarian. 

Untuk cara melakukannya Anda dapat melakukan pemasangan tema website secara responsif. Tidak sampai disitu saja, Anda juga harus menggunakan font yang lebih mudah dibaca. Untuk itu selalu sediakan Whitespace yang lebih cukup supaya lebih optimal dan gunakan accelerated mobile.

  • Riset Keyword 

tahapan belajar Seo untuk pemula selanjutnya yaitu melakukan riset keyboard. Teknik ini adalah bahasan yang tidak kalah penting pada saat memulai belajar. Membuat sebuah konten tanpa keyword menjadi sebuah kesalahan yang harus dihindari. 

Alasannya reset keyword bisa membantu Anda untuk memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh pengguna internet untuk saat ini. Beberapa hal yang wajib diperhatikan pada saat melakukan riset keyword yaitu search volume yang dapat menunjukkan banyaknya kata kunci di Google. 

Pada saat melakukan pencarian keyword difficulty digunakan untuk memahami seberapa tingkat kesulitan kata kunci di halaman pertama pada mesin pencarian Google. Tidak sampai disitu saja, terdapat keyword suggestion yang bisa bermanfaat untuk mengetahui keyboard. 

Hal ini memiliki tujuan yang sama dan hasil pencarian sangatlah penting sebagai penganalisa kompetitor agar dapat menduduki peringkat paling atas. Dengan menentukan keyboard maka Anda akan menjadi lebih paham dan mengetahui apa yang terbaik untuk sebuah konten yang ada di website Anda.

Baca Juga : Cara Riset Keyword Paling Jitu Gratis untuk Blog & Website

  • Membuat Konten 

Proses pembuatan konten menjadi tahapan saat belajar SEO. Apabila Anda sudah menentukan reset keyboard agar dapat menghasilkan konten berkualitas maka terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. 

Persyaratan pertama pastikan terlebih dahulu bahwa konten yang dibuat tersebut relevan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Apabila tidak, maka website atau blog Anda tidak akan dikunjungi. Persyaratan kedua yaitu buatlah konten yang unik dengan mempunyai volume pencarian paling baik. 

Silahkan berikan informasi yang valid atau benar berdasarkan dari sumber yang dapat dipercaya. Untuk itu jangan hanya berpacu pada satu sumber, melainkan carilah beberapa sumber yang dapat dijadikan sebagai referensi. 

  • Lakukan On Page SEO

Anda bisa lebih dalam saat belajar Seo dengan cara memahami On page SEO. Cara ini menjadi upaya optimasi yang lebih menekankan terhadap perbaikan faktor internal pada sebuah website. Ada beberapa langkah optimasi tersebut seperti penggunaan permalink yang tepat. 

Hal ini bisa dijadikan sebagai cara untuk memperjelas isi dari sebuah konten. Masih ada tips lain yang bisa dilakukan yaitu seperti menuliskan meta title maupun meta description secara relevan dengan isi, akan tetapi tidak terpotong pada hasil pencariannya terkait dengan konten. 

Optimasi ini harus dilakukan sebagai upaya penataan heading maupun subheading dengan cara yang benar, sekaligus menempatkan keyword yang tepat. Berhubung bahwa upaya optimasi on page Seo ini cukuplah banyak, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memahaminya.

  • Off Page SEO

Untuk langkah belajar Seo selanjutnya ini berbeda dengan On Page Seo yang mana off page seo ini lebih menekankan pada upaya diluar website Anda. Pada saat belajar melakukan optimasi off page seo maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Contohnya seperti memperoleh brand mention. 

Hal ini menjadi cara paling efektif supaya bisa memperoleh traffic paling berkualitas. Google akan mempertimbangkan website yang memperoleh mention pada media dalam memperoleh ranking atas. Setelah itu membuat profil Google bisnisku yang akan lebih memudahkan para konsumen.

Khususnya untuk menemukan informasi yang berhubungan dengan deskripsi bisnis, jam operasional, alamat, maupun foto bisnis Anda. Beberapa upaya optimasi pada Off Page SEO lain yaitu seperti review maupun media social sharing yang harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Belajar Seo untuk pemula memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebab itulah berjanjilah pada diri sendiri bahwa Anda akan menyelesaikan proses belajar dan mencapai tujuan yang Anda inginkan sesuai dengan ekspektasi. Sebab itu membutuhkan konsisten saat proses belajar

Buat Website SEO Friendly di Niagaweb
 

Leave a Comment