Apa itu SSL Certificate? Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian SSL merupakan singkatan Secure Socket Layer yang menjadi komponen paling penting dan wajib dimiliki oleh sebuah website. Dengan adanya SSL ini, maka transfer data yang terdapat di website akan menjadi aman dan juga terenkripsi. 

Google sudah melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai not secure karena sangking pentingnya peran dari SSL itu sendiri. Jika sistem keamanan ditambahkan pada website, otomatis url website berubah menjadi https. SSL mempunyai tujuan yaitu sebagai pengaman pertukaran data melalui internet.

Apa Itu SSL Certificate? 

Bila Anda masih belum tahu tentang apa itu SSL Certificate, Sebenarnya pengertian SSL itu berbeda dengan TLS, yang mana untuk SSL untuk saat ini tidak lagi digunakan sama sekali dan telah tergantikan oleh TLS. Meskipun demikian, namun kebanyakan dari orang lebih familiar dengan adanya istilah SSL. 

Bahkan beberapa perusahaan juga tetap menggunakan istilah tersebut. Padahal jika dilihat dari dasarnya fitur enkripsi yang disediakan merupakan TLS. Untuk keduanya memang mempunyai fungsi sama, yaitu sama-sama untuk mengamankan transfer data yang ada pada website. 

Akan tetapi teknologi TLS jauh lebih baik karena lebih baru dan telah melakukan upgrade dari SSL. Sehingga Anda tidak lagi merasa khawatir dengan adanya perbedaan istilah di antara keduanya.

Pengertian ssl dan cara kerjanya ini membantu pengguna untuk mengamankan komunikasi dua komputer. Namun komputer tersebut harus terhubung pada jaringan internet. 

Untuk pertukaran data seperti pengiriman maupun penerimaan email, mengunjungi website, membeli barang online, maupun data penting yang ada di perusahaan akan dienkripsi. 

Tujuannya supaya tidak terdapat oknum yang tidak bertanggung jawab dan berusaha menggunakan data-data penting tersebut secara ilegal. Sertifikat SSL itu sendiri memiliki dua kombinasi seperti private key dan public key. 

Untuk publik key digunakan sebagai pengaman enkripsi data yang hendak dikirim. Sedangkan private key digunakan untuk deskripsi data pada format yang digunakan oleh penerima data.

Alasan Mengapa SSL Atau TLS Itu Penting 

Jika dilihat dari pengertian SSL, SSL sangat dibutuhkan sebagai pengaman website dari ancaman kejahatan. Akan tetapi ternyata masih ada beberapa alasan spesifik yang mengharuskan bagi para penggunanya untuk menggunakan SSL atau TLS. 

Berikut ini alasan pentingnya menggunakan keamanan dari SSL atau TLS di antaranya:

  • Meningkatkan Ranking Website 

Algoritma dari Google menyukai website yang mempunyai sertifikat SSL atau TLS. Hal ini tidak hanya sekedar suka saja, melainkan Google melarang penggunanya agar tidak mengunjungi website yang sekiranya tidak memiliki sertifikat SSL atau TLS. 

Tidak mengherankan jika komponen penting ini sangat berpengaruh terhadap ranking website yang ada di mesin pencari. 

  • Meningkatkan Reputasi 

Pada saat telah terinstal SSL atau TLS, maka browser menunjukkan notifikasi tertentu melalui Internet Explorer. Pada biasanya notifikasi berwujud block yang berwarna hijau pada address bar. 

Keberadaan dari notifikasi tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan atau reputasi Anda di mata pengunjung. Melalui notifikasi tersebut, pengunjung website tidak akan merasa ragu pada saat ingin mengakses website. 

Contohnya seperti website toko online yang secara tidak langsung bisa membuat calon pembeli merasa tidak ragu untuk berbelanja berbelanja di website Anda. SSL atau TLS mempunyai peran penting juga sebagai otentikasi. 

Hal ini berarti bahwa komponen ini akan memastikan bagi penggunanya bahwa pengiriman informasi maupun data ke server sesuai dengan tujuan. Sehingga hal ini bisa meminimalisir adanya kesalahan dalam pengiriman data atau informasi ke pihak-pihak yang memang tidak bertanggungjawab.

  • Terhindarkan Dari Pencurian Data 

Pencurian data melalui internet memang seringkali membuat Anda merasa was-was dan khawatir. Namun tenang saja, karena SSL atau TLS bisa melindungi dari ancaman pencurian data tersebut. Untuk untuk caranya yaitu dengan melakukan enkripsi maupun pengacakan data sensitif. 

Dengan demikian maka tidak sembarang orang dapat membaca data yang Anda miliki tersebut. Sebab itulah pentingnya peran dari SSL yang harus Anda perhatikan dengan sebaik mungkin.

Manfaat Menggunakan SSL Atau TLS 

Setelah mengetahui apa itu ssl kini saatnya mengetahui manfaat yang bisa diperoleh. Sebagai pemilik sebuah website, tentunya sangat penting untuk memikirkan keberadaan dari SSL atau TLS. Secara tidak langsung hal ini membantu Anda pada saat bertransaksi dengan customer atau client. 

Jika mempunyai website jenis e-commerce, hal ini menjadi pusat perhatian yang cukup serius. Alasannya karena Anda dan customer atau klien seringkali pertukaran informasi yang penting. Seperti nomor rekening, data pribadi, maupun data yang lainnya. 

Berikut ini daftar manfaat apabila website Anda sudah terenkripsi SSL atau TLS di antaranya:

  • Meningkatkan Kualitas SEO

Untuk pemasangan sertifikat SSL pada website ternyata sangat berpengaruh positif pada kualitas. Sejak tahun 2014 Google sudah menerapkan algoritma yang telah mengutamakan website menggunakan SSL dibandingkan dengan website tanpa SSL. 

Meskipun SSL hanya salah satu dari sekian banyaknya faktor yang telah diterapkan oleh Google, namun alangkah baiknya jika Anda mengaktifkannya terlebih lagi. Untuk saat ini juga tersedia SSL secara gratis.

  • Mengamankan Transfer Data 

Manfaat selanjutnya apabila Anda sudah menggunakan SSL yaitu sebagai pengaman transfer data yang ada di website. Dengan data yang terenkripsi maka akan menjadi lebih aman. Sedangkan pertukaran data yang ada antara komputer satu dengan komputer yang lainnya akan dilindungi oleh public key.

Bisa juga dilindungi dengan private key dan sudah menggunakan label gembok maupun https yang bisa membantu pihak visitor pemula supaya lebih tenang dan tidak khawatir. Khususnya ketika mengakses website Anda. 

  • Meningkatkan Reputasi Website 

jika url website sudah menggunakan protokol http maka secara otomatis Google akan menampilkan adanya peringatan not secure pada setiap kali visitor mengunjungi website untuk peringatan tersebut muncul ketika visitor mengisi informasi Sensitif atau data. 

Contohnya seperti data login dengan password form nomor rekening atau data pribadi yang lainnya lihat dari Google akan memaksa pemilik website agar mengamankan serta mengenkripsi data yang ada di jaringan internet

Bagaimana Cara Memilih SSL Atau TLS 

Bagi Anda yang masih terlalu awam perihal pengertian SSL tidak perlu khawatir bagaimana cara dalam memilih komponen penting pada website tersebut. Perlu diketahui bahwa SSL atau TLS tersedia dua pilihan yaitu ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang apa itu ssl certificate dan cara dalam menentukan pilihannya agar Anda tidak galau dalam menentukannya:

  • Domain Validated

Apabila Anda berkeinginan untuk bereksperimen tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun maka dapat mencoba SSL gratis yang berasal dari Cloudflare. Akan tetapi apabila memilih versi gratis maka Anda tidak bisa memperoleh fitur-fitur premium yang sudah disediakan oleh cloudflare. 

Jika blog maupun website yang Anda bangun tersebut sudah mulai berkembang maka bisa memilih SSL yang berbayar dengan jenis DV SSL. Untuk SSL ini memang sangat direkomendasikan bagi bisnis berkembang atau SMB yang membutuhkan solusi harga terjangkau. 

Sertifikat SSL dengan level DV ini hanya membutuhkan kepemilikan domain saja yaitu email atau validasi DNS. Sementara DV SSL hanya menampilkan informasi website yang aman dan juga terenkripsi. Sehingga tidak disarankan bagi pemilik ecommerce untuk menggunakan SSL dengan level ini.

Sedangkan Domain Validated ini cenderung cocok digunakan untuk situs internal bisnis atau website testing. Jika menggunakan sertifikat ini maka dapat dijadikan sebagai tanda bahwa domain sudah aman dan diperlihatkan icon gembok warna hijau beserta https.

  • Organization Validated SSL 

Apabila mempunyai website yang dijadikan sebagai bisnis maupun sebuah organisasi, maka pilihan yang tepat yang bisa dipilih yaitu organization validated SSL. Dengan memilih Organization SSL ini maka akan memastikan bahwa kepemilikan domain sudah terdaftar dengan nama organisasi atau perusahaan.

Otomatis untuk lokasinya sudah pasti jelas dan informasi penting lainnya pun juga valid. Sejatinya pengertian SSL dan komponen SSL ini hampir sama seperti DV SSL. Hanya saja pemilik dari domain diharuskan untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu. 

Caranya dengan menunjukkan legitimasi domain dan juga bukti kepemilikan. Hal ini berarti bahwa penerbit sertifikat maupun CA harus memastikan bahwa domain tersebut sudah terdaftar dengan lokasi, nama bisnis dan juga informasi legal lainnya. 

SSL pada biasanya akan digunakan pada website perusahaan supaya tampil lebih aman dan juga terpercaya untuk visitor. Jika menggunakan sertifikat ini maka secara otomatis menjadi sebuah tanda bahwa domain aman dengan https dan gembok warna hijau.

  • Extended Validated SSL

Bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis online atau e-commerce, maka jenis SSL yang tepat untuk dijadikan sebagai pilihan yaitu Extended Validation SSL. Untuk pilihan komponen ini menjadi pilihan yang terbaik karena memiliki tingkat keamanan yang paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. 

Tidak lagi dipungkiri bahwa keamanannya sangat tinggi dan paling direkomendasikan bagi pemilik bisnis online. Ciri khas dari Extended validation SSL ini yaitu mempunyai tulisan nama bisnis Anda warna hijau di bagian URL bar yang ada di dekat nama domain. 

Sebelum menggunakan SSL ini, maka Anda sebagai pemain harus memverifikasi kepemilikan domain terlebih dahulu. Alasannya karena pada biasanya SSL ini akan digunakan bagi orang yang mempunyai badan usaha terpercaya. Contohnya seperti Departemen negara, CV maupun PT.

Cara Memasang SSL 

Pemasangan instalasi SSL itu sendiri bisa dilakukan tanpa langkah yang sulit. Namun Anda hanya mempersiapkan panduannya saja. Dalam menentukan pilihan SSL Anda bisa memilihnya berdasarkan dari kebutuhan maupun anggaran yang dimiliki. 

Beberapa SSL yang gratis sudah menyediakan fitur penting yang memang dibutuhkan oleh sebuah website. Meskipun demikian, Anda tetap saja memperoleh fitur yang lengkap. Jika sekiranya Anda ingin menggunakan SSL gratis maka dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini: 

    • Pada saat Anda memasang SSL melalui cpanel, maka akan diarahkan ke website alamat baru yaitu yang sebelumnya http akan menjadi https. Hal ini berlaku untuk SSL gratis atau SSL berbayar. Untuk cara ini Anda dapat melakukannya dengan menggunakan plug in. Anda dapat memanfaatkan plugin really simple SSL. 
    • Apabila sudah selesai maka bisa melakukan aktivasi. 
    • Kemudian buka menu setting dan pilih SSL. 
  • Di bagian paling atas halaman Anda dapat melihat pesan apabila redirect https belum aktif Anda dapat klik tombol go ahead. 
  • Setelah itu pilih activate SSL. 
  • Langkah selanjutnya Anda cukup refresh Browser dan jika berhasil Anda bisa melihat pesan sukses yang artinya bahwa SSL pada blog WordPress sudah aktif.

Berdasarkan dari pengertian SSL di atas, maka diharapkan Anda bisa menentukan pilihan SSL yang tepat. Selain itu juga lebih bisa memahami tentang Apa itu SSL certificate dan betapa pentingnya peran dari sertifikat SSL pada sebuah website.

Buat Website Mu Sekarang Gratis SSL di Niagaweb
 

Leave a Comment