Apa itu SEM? Kenali perbedaannya dengan SEO

Dalam dunia online, pastinya Anda akan lebih sering bertemu dengan SEM di dunia Digital marketing. Lalu apa itu SEM? Perlu diketahui bahwa SEM mempunyai tujuan untuk meningkatkan traffic promosi maupun pemasaran untuk penjualan produk. Baik itu produk berupa jasa maupun barang. 

SEO dan SEM mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperoleh tampilan website maupun blog di halaman utama search engine result page. Sedangkan pengguna sistem secara umum identik dengan adanya penawaran produk.

Perbedaan SEO dan SEM

Diantara keduanya memang tidak sama, namun banyak orang yang belum mengetahui SEO dan SEM  lebih mendalam. Perlu diketahui dengan baik bahwa pengguna dari SeM beriklan melalui search engine dan toko-toko online yang mempunyai produk atau jasa untuk dijual. 

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan sem dan seo yang perlu Anda ketahui dengan sebaik mungkin, yaitu:

  • SEM

Secara umum hal ini memang jarang dijumpai pada pengguna yang sudah mempromosikan konten berupa tulisan saja. Hal lain yang membedakan antara Seo dan SEM yaitu dari segi biaya. Perlu diketahui dengan baik bahwa SEM adalah trik pemasaran internet yang tidak gratis.

Sementara SEO bisa digunakan tanpa biaya sama sekali alias gratis. Jika dilihat dari segi teknis pembayaran search engine marketing atau SEM dilakukan dengan cara pay per Click maupun menggunakan ketentuan beberapa waktu lamanya. 

Hasil dari sem dianggap jauh lebih cepat terlihat di beberapa besar dana yang telah dialokasikan. Sementara SEM mempunyai fungsi dalam meningkatkan pengunjung maupun popularitas sekaligus keyword yang hendak ditargetkan. 

Sementara SEO dan mempunyai tingkat kesulitan yang yang tidak berbeda jauh. Meskipun demikian, tidak jarang dari beberapa orang yang lebih memilih menggunakan SEM dibanding SEO.

  • SEO 

SEO adalah search engine optimization maupun optimasi mesin pencari yang merupakan suatu strategi maupun serangkaian teknik secara sistematis. Seo menempatkan website maupun blog di halaman utama search engine results maupun potensial sesuai keyboard yang telah ditentukan. 

Jika melakukan pastinya membutuhkan ketekunan dan keterampilan. Sedangkan SEO membutuhkan keterampilan competitive analysis dan juga strategis. Alasannya karena membutuhkan analisis dalam meneliti kata kunci apa yang hendak ditargetkan. 

Jika diperhatikan secara teknis sem dan seo lebih membutuhkan waktu minimal 3 bulan agar dapat memperoleh hasil secara optimal. Sementara tujuan utama dalam melakukan SEO yaitu supaya bisa meningkatkan traffic visitor maupun kunjungan keyboard yang telah ditargetkan. 

Jika posisi website atau blog semakin tinggi dengan keyboard tertentu, maka jumlah pengunjung website pun juga semakin tinggi. Anda harus memahami hal ini dengan sebaik mungkin.

Supaya Anda lebih mudah berada di halaman pertama di pencarian Google maka Anda dapat menggunakan jasa SEO.

Manfaat SEM 

Setelah mengetahui apa itu SEM, kini saatnya mengetahui manfaat yang bisa diperoleh. SEM sudah mencangkup teknik SEO dan beberapa teknik marketing yang lainnya. Tidak hanya digunakan untuk mengoptimalkan pada mesin telusur saja. 

Melainkan dan juga telah menyertakan penggunaan penelusuran yang berbayar untuk dijadikan sebagai komponen utamanya. Seperti contohnya daftar bayar per klik maupun Ppc serta iklan seperti Google ads. Sehingga sebagian besar berbentuk iklan atau kampanye beserta kegiatan PPC. 

Apabila Anda melakukan SEO tentu hal ini juga termasuk sebagai upaya SEM. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila Anda menggunakan SEM di antaranya: 

  • Meningkatkan Percakapan

Percakapan bisa meningkat karena SEM itu sendiri mempunyai target pemasaran bersama dengan pengunjung secara relevan. Dengan begitu maka tingkat konversi search marketing secara otomatis akan meningkat kontrol. 

  • Sebagai Promosi

Untuk Iklan atau promosi dapat dilakukan hingga menyeluruh, karena SEM mempunyai tugas sebagai sarana promosi yang lebih memungkinkan untuk kesempatan bagi siapapun untuk mengontrol. Baik itu mulai dari biaya timeline atau yang lainnya sampai Anda bisa meraih apa yang diinginkan. 

Pengontrolan juga bisa dilakukan di beberapa pemilihan jenis iklan maupun keyword yang sesuai. Hal ini bertujuan supaya produk maupun website bisa dipromosikan lebih optimal dan mudah. 

  • Pencapaian Target Menjadi Lebih Mudah 

Fokus utama dari SEM yaitu target pemasaran. Sedangkan perbedaan target yang spesifik dan relevan bisa membuat produk maupun website menjadi lebih mudah untuk dipromosikan.  Hal ini pun juga mencangkup pelanggan yang lebih luas. 

Dengan begitu maka Anda tidak hanya berfokus terhadap satu titik saja. Melainkan di beberapa lokasi lainnya. 

  • Penggunaannya Sangat Mudah 

SEM mudah dikontrol karena bisa disesuaikan terhadap jangka waktu dan biaya yang ditentukan. Sehingga hal ini sangat cocok bagi Anda yang dalam masa tahap belajar dan belum bisa mengeluarkan banyak biaya. 

Menggunakan iklan berbayar sangat memberikan keuntungan dalam memperoleh konsumen yang baru. Alasannya karena SEM akan memastikan bahwa website Anda akan muncul di tempat yang tepat tidak hanya itu saja. 

Pihak dari SEM itu sendiri akan bekerja dengan cepat melalui target pengunjung yang telah ditarik melalui jasa atau produk yang sudah Anda tawarkan tersebut. Hal ini sesuai dengan pengertian dari apa itu SEM?  yang lebih memudahkan setiap penggunaannya.

Manfaat SEO 

Setelah mengetahui manfaat dari SEM, kini saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh jika Anda menggunakan SEO. Sebagai pelaku bisnis digital pastinya Anda harus memahami di antara keduanya supaya lebih mudah dalam mencari peluang pada usaha di era digital seperti saat ini. 

Berikut ini daftar manfaat SEO:

  • Meningkatkan Brand Awareness 

Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh jika menggunakan SEO yaitu secara otomatis bisa meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda tersebut. Untuk brand awareness itu sendiri yaitu sebagai cara atau kemampuan bagi calon konsumen dalam mengingat atau mengenali brand produk. 

Jika produk tersebut lebih terkenal dan sering ditawarkan maka intensitas penjualannya pun juga akan semakin meningkat. Sedangkan merek produk yang mudah dikenali maupun mudah diingat membuat para konsumen berkeinginan untuk melakukan pembelian.Setelah itu ikut mempromosikannya.

  • Memperoleh Data Konsumen 

Penggunaan dari SEO ini memberikan banyak manfaat bagi Anda karena bisa memperoleh data konsumen yang secara gratis. Pada saat menggunakan Anda lebih mudah untuk memperoleh data konsumen tersebut. 

Contohnya seperti data konsumen yang memang dibutuhkan supaya mempermudah Anda ketika menghubungi mereka datang. Konsumen tersebut juga lebih memudahkan Anda pada saat ingin memberikan informasi yang berhubungan dengan produk terbaru maupun produk yang ingin ditawarkan.

  • Mendatangkan Traffic Positif 

Manfaat selanjutnya jika menggunakan SEO yaitu pembuatan website yang teroptimasi dengan baik secara otomatis. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari maupun menemukan pencarian seperti di Google. 

Alasan inilah yang membuat para pengunjung maupun traffic website akan semakin meningkat. Jika banyak orang yang mengunjungi website maka akan banyak juga konsumen potensial yang bisa memperolehnya sampai akhirnya bisa menjadi pelanggan setia.

SEO Vs SEM yang Lebih Baik? 

Jika sudah mengetahui apa itu SEM dan SEO seperti informasi yang ada di atas, mungkin saja Anda merasa bingung dan dilema dalam menentukan pilihan di antara keduanya, mana yang lebih baik.

Supaya lebih yakin dengan pilihan yang Anda tentukan tersebut bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Pesaing 

Pada poin pertama sebelum Anda memutuskan pilihan apakah menggunakan SEO atau SEM maka Anda dapat mempertimbangkan pesaing terlebih dahulu. Anda bisa melihat bagaimana strategi mereka. Cari tahu apa yang mereka cari. 

Pertimbangkan juga apakah Anda dapat membuat suatu rencana yang dapat merebut posisi mereka bagi yang menggunakan SEO. Jika dirasa tidak yakin dapat mengalahkan pesaing melalui SEO maka Anda dapat melihat keyword berbayar yang sedang mereka gunakan. 

Silahkan perhatikan keyword berbayar apa saja yang cukup menarik traffic pada website mereka. Dengan begitu maka Anda bisa mencari tahu dimana celah untuk memasuki penggunaan dari SEM  yang sedang digeluti. 

  • Memahami Audiens

Selanjutnya, Anda harus memahami audiens sesuai yang diinginkan. Sehingga sebaiknya mulailah untuk merencanakan strategis dalam jangka waktu panjang dibandingkan menggunakan SEM. Apabila Anda kurang merasa yakin terhadap reaksi kompetitor atau audience maka dapat menggunakan SEO.

Cara ini tepat dijadikan sebagai testing sambil membuat perencanaan dalam jangka waktu panjang. Melalui testing ini Anda dapat menguji produk, jasa dan ide-ide yang hendak ditawarkan kepada audiens.

  • Mempertimbangkan Biaya 

Pertimbangan selanjutnya saat Anda dilema dalam menentukan SEO atau SEM maka lakukan riset terhadap biaya yang ingin Anda keluarkan. Sesuaikan biaya tersebut dengan anggaran. Apakah anggaran tersebut cukup untuk salah satu saja atau disesuaikan melakukan SEO dan SEM.

  • Umur Website 

Pertimbangan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu perihal umur website. Apabila Anda sedang membuat sebuah website maupun bisnis yang baru saja atau masih seumuran jagung maka sebaiknya gunakan SEO maupun SEM di waktu yang sama. 

Alasannya SEO dapat membantu Anda untuk mendatangkan trafik pada awal-awal sekaligus Anda bisa mengoptimasi jika suatu saat nanti website telah berjalan lama. Jika optimasi Seo membuahkan hasil maka Anda dapat memutuskan ulang perihal pilihan SEM atau SEO.

Tentukan pilihan,  apakah tetap ingin menggunakan keduanya atau melepas SEM dan berfokus pada SEO saja. 

  • Melihat Status Website 

Penting sekali untuk melakukan riset terhadap status website Anda terlebih dahulu. Melakukan riset ini bertujuan agar mengetahui apakah website tersebut mempunyai potensi tumbuh menggunakan strategi Seo atau tidak. Jika strategis memperoleh status buruk maka pertimbangkan menggunakan SEM. 

Anda dapat memanfaatkan SEM untuk bisa menarik trafik selagi Anda dapat memperbaiki strategis agar memperoleh hasil terbaik. Perihal SEO pada website Anda dapat menggunakan alat berbayar seperti Alexa audit tools. 

Melalui bantuan ini maka Anda dapat memperoleh penjelasan secara mendetail perihal apa itu SEM, status on page maupun SEO on Page pada website yang Anda miliki.

Dalam mengambil sebuah kesimpulan mana yang terbaik dan keunggulannya maka Anda harus membandingkan Seo dan SEM. Setelah mengetahui apa itu SEM pastinya Anda sudah mempunyai bayangan mana yang lebih baik untuk kemajuan website Anda tersebut bukan?

Buat Website Mu Sekarang Gratis SSL di Niagaweb

Leave a Comment