Apa Itu Media Sosial? Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis [Edisi 2022]

Media Sosial

Di zaman sekarang, hampir semua orang dari berbagai kalangan mempunyai media sosial. Mulai dari anak SD, orang dewasa, hingga orang tua sekalipun. Hampir tidak ada orang yang saat ini tidak membutuhkan layanan internet untuk berinteraksi. 

Nah, selayaknya tempat bersosialisasi di dunia nyata, di dunia maya pun media berkumpulnya banyak orang menimbulkan potensi ekonomi. Pasti Anda juga sering menemukan orang berjualan di media sosial Anda, kan? Tak heran karena sosial media bisa menjadi platform pemasaran ampuh bagi berbagai macam bisnis. 

Lalu, apa itu media sosial sebenarnya? Manfaat apa saja yang bisa diberikan sosial media pada bisnis Anda? Yuk, temukan penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Pengertian Media Sosial

Seperti namanya, sosial media adalah media atau tempat untuk bersosialisasi antar satu sama lain di jagat maya. Artinya, melalui sosial media, orang-orang bisa bebas berinteraksi tanpa mengenal jarak dan waktu. Baik itu ke keluarga, teman, komunitas tertentu, hingga artis idola Anda.

Seiring berjalannya waktu, media sosial tak terbatas hanya digunakan untuk bersosialisasi saja. Melainkan sudah menjadi sarana berjualan dan promosi oleh berbagai brand dan bisnis di seluruh dunia. Baik brand raksasa yang namanya tentu familiar bagi Anda, hingga UMKM. Sebab, memang media sosial terbukti bermanfaat bagi bisnis Anda.

Baca juga: Ide Produk Jualan Online dengan Modal Kecil yang Laris

Oh ya, media sosial sendiri biasanya berbentuk website atau aplikasi yang mengharuskan Anda membuat akun dulu agar dapat menggunakannya. Aturan tiap sosial media berbeda-beda terkait akun. Ada yang mengharuskan Anda menggunakan nama asli, tapi ada juga yang membolehkan Anda menggunakan nama samaran.

Menariknya, setiap media sosial mempunyai keunikannya masing-masing. Misalnya, Twitter yang penggunaannya lebih ke berbagai link atau menulis pesan pendek atau TikTok yang berfokus untuk berbagi video pendek ke antar pengguna. Kami akan membahas keunikan ini lebih lanjut di bagian selanjutnya.

Media Sosial Terpopuler

Berikut penjelasan lengkap beberapa media sosial terpopuler yang paling banyak digunakan oleh warga Indonesia berdasarkan riset Katadata. Apa saja?

1. YouTube

YouTube sebagai media sosial terpopuler di Indonesia

Memimpin di posisi pertama dengan 82% pengguna adalah YouTube. YouTube adalah sosial media berbasis video yang didirikan pada tahun 2005. Popularitasnya meroket dengan cepat karena kaya akan fitur dan minimnya kompetisi saat itu. Kemudian, pada November 2006 YouTube dibeli oleh Google seharga 1,65 milyar dollar.

YouTube merupakan media sosial terbaik untuk menjalankan video marketing bagi bisnis Anda. Bagaimana tidak? Menurut data dari YouTube, para penggunannya menghabiskan lebih dari satu milyar jam untuk menonton video setiap harinya! Wow!

Tak heran, sebab jenis video yang bisa Anda tayangkan di YouTube juga sangat beragam. Jadi, pengguna tak akan bosan dan Anda juga mempunyai kebebasan lebih untuk membuat video khas bisnis Anda sendiri.

2. Facebook

Facebook sebagai sosial media terpopuler kedua di Indonesia

Di posisi kedua dengan hasil 77% diduduki oleh media sosial ciptaan Mark Zuckerberg yaitu Facebook. Pertama kali diluncurkan pada Februari 2004, sekarang Facebook merajai dunia dengan lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif.

Jumlah yang masif tersebut tak lain karena kombinasi dari kemudahan dan lengkapnya fitur yang ditawarkan Facebook. Bahkan, tak berlebihan mengatakan kalau banyak fitur media sosial saat ini berawal atau pengembangan dari fitur Facebook.

Nah, beberapa fitur Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan bisnis adalah Fanpage dan Facebook Ads. Fanpage memungkinkan Anda untuk berjualan barang buatan sendiri, sedangkan Facebook Ads berfungsi untuk membuat iklan yang akan ditampilkan ke pengguna.

Baca juga: Cara Membuat Facebook Business Manager

3. Instagram

Sosial media favorit anak muda ini mendapatkan nilai yang sama dengan Facebook yaitu 77%. Sebuah kebetulan yang menarik karena Instagram telah dibeli Facebook pada tahun 2012 silam.

Instagram merupakan media sosial yang awalnya berfokus untuk berbagi konten foto atau gambar. Tapi, seiring berjalannya waktu, Anda juga bisa berbagi video-video pendek di Instagram. Mulai dari Stories, Reels, hingga IGTV. Baik konten gambar maupun video sangat digandrungi oleh penggunannya.

Baca juga: Manfaat Instagram Untuk Bisnis Anda

Maka dari itu, banyak bisnis yang menggunakan Instagram sebagai sarana promosi. Sebab, selain fleksibilitas pemasaran melalui gambar maupun video, rata-rata pengguna menghabiskan waktu hingga 30 menit per hari di Instagram menurut riset emarketer. Jauh dibandingkan Facebook yang hanya 1,4 menit saja.

4. TikTok

Sosial media TikTok

Di posisi keempat dengan 43% adalah sosial media yang akhir-akhir ini sedang naik daun, yaitu TikTok. Media sosial asal Negeri Tirai Bambu ini berhasil menjadi aplikasi terpopuler di seluruh dunia pada tahun 2020 lalu. Jumlah penggunanya pun tidak main-main, yakni hingga 800 juta pengguna aktif per bulannya

Sebenarnya, apa yang membuat TikTok cepat populer? Utamanya, karena pengguna bisa membuat video pendek berbagai jenis dan topik. Mulai dari sekedar lucu-lucuan, hingga edukasi sekalipun. Lalu, alasan kedua karena TikTok juga bisa menjadi sarana promosi bagi bisnis.

Selain promosi melalui menciptakan video pendek, Anda juga bisa memanfaatkan TikTok Ads. Menariknya, TikTok Ads menyediakan berbagai jenis iklan yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Misalnya, In-Feed Video yang muncul di antara video yang pengguna tonton atau Brand Takeover yang muncul beberapa detik saat pengguna membuka aplikasi.

5. Twitter

Sebesar 30% koresponden menggunakan Twitter, ini menempatkannya di nomor lima media sosial terpopuler di Indonesia saat ini. Diciptakan di tahun 2016, Twitter merupakan media sosial yang cukup unik, lho. Utamanya, karena Anda hanya dibolehkan mengirim pesan pendek maksimal 280 karakter saja. 

Bagi pebisnis, terbatasnya karakter tersebut memberikan beberapa manfaat bagi strategi pemasaran mereka. Apa saja?

Pertama, pemasaran yang Anda sampaikan akan lebih to-the-point. Ini tentu saja lebih menarik ke pengguna karena mereka bisa langsung paham apa yang Anda maksud tanpa perlu membaca terlalu panjang.

Kedua, Anda bisa menerapkan strategi pemasaran yang berbeda di Twitter. Bayangkan bila karakter di Twitter tak terbatas, pasti tak ada bedanya dengan media sosial lain, kan? Alhasil, pengguna tak akan cepat bosan dengan pemasaran Anda.

6. Pinterest

Di posisi selanjutnya dengan 11% adalah media sosial berbagi gambar Pinterest. Namun, berbeda dari media sosial berbagi gambar lain seperti Instagram, Pinterest membagikan gambar dengan cara Pin.

Melalui Pin, Anda bisa membagikan gambar yang Anda upload sendiri atau dari seluruh sudut jagat maya. Artinya, bila menemukan gambar yang menarik, Anda bisa Pin gambar tersebut dan akan muncul di profil Anda. Bila orang lain melihat gambar tersebut, mereka akan diarahkan ke website sumbernya. Menarik, bukan?

Nah, hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk pemasaran bisnis. Caranya, Anda Pin produk atau konten Anda dari website. Jadi, pengguna akan langsung diarahkan ke website Anda bila mereka tertarik. Tak main-main, 85% pengguna membeli sesuatu setelah mereka melihat Pin dari suatu brand, lho.

7. LinkedIn

Di posisi selanjutnya ada LinkedIn dengan 11 % dari responden yang menggunakannya. LinkedIn merupakan media sosial yang dikhususkan untuk profesional melakukan networking atau perusahaan mencari karyawan. Lalu, apakah LinkedIn tak bisa digunakan untuk promosi bisnis? Tentu saja bisa!

LinkedIn sangat cocok digunakan sebagai platform pemasaran bagi bisnis berjenis B2B alias business to business. Sebab, banyak bisnis dan perusahaan yang menggunakan LinkedIn dan bisa menjadi calon konsumen potensial Anda. Jadi, bila bisnis Anda B2B, LinkedIn bisa menjadi media sosial yang patut dilirik.

Anda bisa melakukan pemasaran di LinkedIn menggunakan LinkedIn Ads. Biasanya, LinkedIn Ads digunakan sebagai sarana mencari karyawan, tapi Anda juga bisa menggunakannya untuk promosi produk. Biayanya juga bervariasi dan Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

8. Snapchat

Posisi terakhir ditempati oleh Snapchat dengan 7% responden yang menggunakannya. Snapchat merupakan aplikasi media sosial yang memungkinkan Anda berbagi foto maupun video pendek ke orang terdekat Anda. Diciptakan pada tahun 2011, sekarang Snapchat memiliki sekitar 218 juta pengguna aktif setiap harinya berdasarkan data Hootsuite.

Walaupun tidak setenar media sosial lainnya di daftar ini, Snapchat juga bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis, lho. Terutama, bila target pasar Anda adalah anak muda karena sekitar 82% pengguna Snapchat berusia 34 tahun ke bawah. Atau bila Anda ingin menampilkan sisi playful bisnis melalui pemasaran Anda, maka Snapchat juga bisa dicoba.

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Berikut beberapa manfaat media sosial untuk bisnis Anda. 

1. Sarana Promosi Bisnis

Manfaat media sosial untuk bisnis yang pertama adalah sebagai sarana promosi bisnis Anda. Promosi melalui media sosial ini disebut dengan social media marketing dan merupakan salah satu strategi digital marketing terbaik yang bisa Anda coba di zaman sekarang.

Faktanya, menurut Statista ada sekitar 3,7 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Bayangkan, berapa banyak potensi calon konsumen yang bisa Anda dapatkan bila melakukan pemasaran melalui media sosial.

Tak berhenti sampai di sana, sekitar 54% dari seluruh pengguna tersebut menggunakan media sosial untuk mencari suatu produk. Maka dari itu, sudah merupakan kewajiban untuk melakukan promosi di media sosial bila Anda ingin menjaring lebih banyak konsumen.

2. Memperluas Pangsa Pasar Anda

Seperti yang Anda tahu, media sosial dapat digunakan oleh siapapun. Mulai dari anak SD, hingga orang tua berbondong-bondong menggunakan media sosial. Mereka juga tak dibatasi oleh lokasi. Artinya, asalkan ada internet, mereka bisa mengakses media sosial dari mana saja.

Efeknya, media sosial mampu memperluas pasar Anda dari Sabang sampai Merauke, hingga ke luar negeri sekalipun. Dengan media sosial, bisnis Anda tak terbatas di kota tempat Anda tinggal saja. Melainkan, siapapun di belahan dunia ini bisa menjadi calon konsumen potensial Anda.

Hasilnya bisa ditebak: semakin banyak orang yang tahu bisnis Anda, semakin besar pula kemungkinan profit yang bisa Anda kantongi. Banjir cuan, deh!

3. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Apakah Anda mengira promosi di media sosial yang bisa memperluas pangsa pasar membutuhkan banyak biaya? Untungnya, biayanya ramah di kantong Anda, kok. Bahkan, Anda juga dapat melakukannya tanpa mengeluarkan biaya sama sekali, lho. Serius!

Pertama, Anda tak ditarik biaya saat membuat akun media sosial untuk keperluan bisnis. Lalu, Anda juga bebas posting konten secara gratis. Anda juga bisa membuat grup maupun fanspage tanpa dipungut biaya.

Nah, Anda baru dipungut biaya bila Anda memutuskan memanfaatkan iklan di media sosial tersebut. Itupun biayanya tak terlalu mahal mengingat jangkauannya sangat luas dibandingkan iklan tradisional seperti di radio, baliho, dan sebagainya.

4. Memudahkan Komunikasi ke Konsumen

Tak bisa dipungkiri kalau komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Utamanya, komunikasi antara Anda dengan konsumen. Tanpa komunikasi yang baik, hampir dipastikan kalau konsumen Anda akan lari ke pelukan kompetitor yang memperlakukannya dengan lebih baik.

Nah, melalui media sosial Anda bisa lebih mudah menjalin komunikasi dengan konsumen dan sebaliknya. Sebab, memang interaksi merupakan fungsi utama media sosial. Dengan kata lain, Anda bisa saling mengirim pesan, meninggalkan komentar di konten, mention akun bisnis Anda, dan sebagainya. 

5. Menarik Trafik ke Website Anda

Terakhir, media sosial bermanfaat untuk menarik trafik ke website Anda. Jadi, website Anda akan mendapat tambahan trafik yang tentunya juga berefek positif ke performa bisnis keseluruhan.

Baca juga: Manfaat Website Secara Umum & Untuk Bisnis Perusahaan [Terlengkap]

Cara menarik trafik ke website dari media sosial juga sangat mudah, lho. Anda tinggal memasukkan link website di post Anda yang memang relevan. Atau Anda juga bisa post ulang konten website Anda di media sosial. Nantinya, followers Anda tinggal mengklik link tersebut dan dibawa ke website Anda.

Tips Bisnis Melalui Media Sosial

Sebagai penutup artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips bisnis melalui media sosial Anda. Apa saja?

1. Tentukan Media Sosial yang Sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap media sosial memiliki keunikannya masing-masing. Mulai dari perbedaan fitur, demografi pengguna, dan sebagainya. Jadi, Anda harus menentukan mana media sosial yang sesuai dengan bisnis Anda sebelum memutuskan menggunakannya.

Misalnya, Anda merupakan bisnis berjenis B2B sehingga LinkedIn merupakan pilihan yang terbaik. Atau strategi pemasaran Anda berfokus ke video-video pendek, maka Anda bisa menggunakan TikTok dan Instagram.

Begitu juga dengan demografi target pasar Anda. Misalnya demografi Anda lebih menyasar ke anak muda, Anda bisa menggunakan Instagram atau Pinterest. Tapi, bila menyasar ke orang dewasa atau orang tua, Facebook yang lebih cocok.

2. Bangun Hubungan yang Baik dengan Followers

Salah satu manfaat media sosial adalah memudahkan komunikasi dengan konsumen Anda. Tak lain karena tujuan media sosial memang untuk berkomunikasi dan berinteraksi antara satu sama lain. Maka dari itu, Anda harus benar-benar menjaga komunikasi agar bisa membangun hubungan yang baik dengan followers Anda.

Caranya juga tak sulit, kok. Pastikan Anda membalas setiap komentar atau pesan yang masuk, sesekali mention followers di salah satu post Anda, hingga membuat grup/fanspage yang menjadi tempat berkumpul konsumen Anda. Dengan begitu, konsumen Anda akan merasa dihargai, sehingga akan lebih setia pada Anda.

3. Selalu Awasi Tren di Media Sosial

Bagi Anda yang aktif di media sosial pasti menyadari kalau tren di media sosial berubah-ubah dengan sangat cepat. Nah, penting bagi Anda sebagai bisnis untuk selalu mengawasi tren tersebut. Sebab, Anda dapat menciptakan konten fresh yang memang relate dengan kondisi saat ini. 

Hal tersebut didukung oleh penelitian dari Hootsuite dimana alasan pertama orang menggunakan media sosial adalah untuk mengetahui berita atau kejadian terbaru. Dengan kata lain, Anda tak hanya promosi, tapi juga memberikan apa yang orang-orang butuhkan saat membuka media sosial. Win-win solution, bukan?

4. Post Jenis Konten yang Bervariasi

Usahakan Anda berganti-ganti variasi konten yang dipost di media sosial. Kenapa? Selain menghindari kebosanan dari followers, Anda juga bisa bereksperimen untuk mengetahui konten mana yang paling disukai oleh mereka. Dengan begitu, ke depannya Anda bisa memperbanyak menciptakan jenis konten tersebut.

Maka dari itu, bila selama ini Anda hanya post gambar, sebaiknya juga mencoba video pendek atau GIF. Selain itu, usahakan Anda juga menggunakan semua jenis format yang disediakan media sosial tersebut. Mulai dari Stories, Reels, Twitter Space, Live Video, dan sebagainya.

5. Manfaatkan Tools yang Tersedia

Tips terakhir yang bisa Anda coba adalah memanfaatkan tools atau alat pendukung yang tersedia. Dengan menggunakan tools tersebut, Anda bisa melakukan banyak hal. Mulai dari analisis performa, melakukan otomasi, dan masih banyak lainnya.

Nah, beberapa tools media sosial yang bisa Anda coba adalah Instagram Insights, Awario, Sked, Sprout Social, dan masih banyak lainnya. Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan. 

Mana Media Sosial Pilihan Anda?

Itulah penjelasan mengenai media sosial dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Ternyata, media sosial sekarang tak terbatas digunakan untuk kepentingan bersosialisasi saja, ya. Melainkan juga bisa sebagai platform untuk berjualan dan promosi.

Manfaat media sosial untuk bisnis pun juga tak main-main. Mulai dari memperluas pangsa pasar, menghemat pengeluaran, memudahkan komunikasi, hingga menarik trafik ke website Anda. 

Nah, agar promosi Anda optimal dan menghasilkan cuan yang maksimal, usahakan Anda juga mempunyai website ya. Tak perlu khawatir bingung membuat website, sebab Niagaweb siap membuatkan website untuk bisnis Anda.

Saya Ingin Dibuatkan Website Bisnis Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog