Apa itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh [Terlengkap]

Fungsi Landing Page, Pengertian dan Contoh - Contohnya

Bagi website bisnis, landing page adalah suatu kewajiban. Kenapa? Alasannya, landing page bisa berpotensi meningkatkan profit Anda berkali-kali lipat, lho.

Lalu, apa itu landing page sebenarnya? 

Nah, di artikel ini, kami akan membahas landing page dengan lengkap. Mulai dari pengertian landing page, fungsi landing page, hingga contoh landing page. 

Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai!

Apa Itu Landing Page?

ilustrasi apa itu landing page

Landing page adalah halaman di website Anda yang didesain khusus untuk keperluan pemasaran. Landing page juga hanya mempunyai satu tujuan saja seperti berjualan produk, mendownload sesuatu, mengisi survey, dan semacamnya.

Baca juga: Ide Produk Jualan Online dengan Modal Kecil yang Laris

Maka dari itu, di akhir landing page biasanya terdapat CTA (Call to Action) yang mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. CTA ini bisa berupa gambar, button, maupun link.

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Sekilas, homepage dianggap mirip dengan landing page meskipun secara konsep keduanya jauh berbeda. 

Bila diibaratkan sebuah bangunan atau rumah, homepage merupakan bagian depannya. Jadi, orang lain bisa tahu seberapa besar, serapi apa, hingga sekilas terlihat karakter pemilik website tersebut.

Baca juga: Jenis-jenis Website dan Contohnya

Sedangkan landing page bisa diibaratkan salah satu ruangan di bangunan atau rumah tersebut. Misalnya, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan sebagainya. Setiap ruangan di dalam rumah mempunyai satu tujuan tertentu. Mirip dengan landing page, bukan?

Nah, untuk memudahkan Anda memahami perbedaan landing page dan homepage, berikut ciri-ciri singkat keduanya:

Ciri-Ciri Landing Page

  1. Suatu halaman di dalam website.
  2. Halaman khusus yang mempunyai satu tujuan tertentu.
  3. Terdapat CTA yang berisi ajakan di dalamnya.

Ciri-Ciri Homepage

  1. Halaman muka atau depan suatu website.
  2. Berisi berbagai informasi tentang website tersebut.
  3. Terdapat menu navigasi yang mengarahkan ke halaman-halaman tertentu.

Sampai sini, Anda sudah paham kan apa itu landing page dan perbedaannya dengan homepage? Selanjutnya, Anda akan belajar apa saja fungsi landing page.

Fungsi Landing Page

ilustrasi fungsi landing page

Landing page sendiri mempunyai dua fungsi, yaitu:

  • Mengumpulkan leads — leads merupakan data pengunjung potensial yang kemungkinan besar akan menjadi konsumen Anda di masa depan. Nah, landing page bisa mengumpulkan leads melalui formulir, survey, dan semacamnya.
  • Mempercepat transaksi — umumnya, landing page tak berisi banyak menu yang mengganggu pengunjung. Alhasil, pengunjung bisa lebih cepat dan fokus dalam melakukan transaksi.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Jenis Landing Page dan Contoh Landing Page

Jenis landing page dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Lead Generation Landing Page — Jenis landing page ini bukan untuk membuat pengunjung langsung membeli, melainkan mengumpulkan data (leads) untuk ditindaklanjuti melalui kontak yang diberikan. Contoh landing page ini dapat Anda lihat pada halaman Portofolio Niagaweb.
  • Click-Through Landing Page — Biasanya hanya terdapat satu tombol yang terletak di bagian akhir halaman. Tombol tersebut biasanya bertuliskan kata-kata seperti “beli sekarang”, “check out now”, dan sebagainya. Contoh landing page ini bisa Anda temukan pada halaman Harga Website Niagaweb.

Tips Membuat Landing Page

ilustrasi tips membuat landing page

Sebelum membuat landing page, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut. Apa saja?

1. Buat Headline yang Menarik

Bisa dikatakan, headline adalah salah satu kunci penting dari landing page Anda. Kenapa? Sebab, headline merupakan hal yang pertama kali pengunjung lihat. 

Bila headline tidak menarik, kemungkinan besar pengunjung tak akan melanjutkan dan meninggalkan website Anda. Sayang sekali, kan? Maka dari itu, usahakan Anda membuat headline landing page yang singkat, padas, dan jelas tak lebih dari 20 kata.

2. Perhatikan Kata dan Kalimat yang Digunakan

Tahukah Anda kalau kata dan kalimat yang Anda gunakan pada landing page itu juga berefek besar pada penjualan? Maka dari itu, Anda harus memperhatikan kata dan kalimat pada landing page Anda.

Usahakan Anda menggunakan kata dan kalimat sederhana yang mudah dipahami. Jadi, pengunjung tak bertanya-tanya maksud Anda.

3. Sesuaikan Desain Landing Page dengan Produk

Setiap produk Anda pasti memiliki warna, nuansa, kegunaan, dan hal-hal khusus yang menarik perhatian. Dengan mendesain landing page sesuai tema produk tersebut, maka produk akan terlihat jauh lebih menarik bagi calon pembeli Anda.

Sebagai contoh, katakanlah Anda menjual produk tas karil yang lekat dengan nuansa alam atau pegunungan.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mendesain landing page yang sesuai dengan tas karil tersebut. Misalnya, foto produk di alam bebas, warna hijau army yang mendominasi, dan dilengkapi dengan spesifikasi bahan serta kapasitas barang.

4. Jangan Lupa Call to Action

Call to Action merupakan bagian tak terpisahkan dari landing page. Oleh karena itu, Anda jangan lupa memasukkan CTA pada landing page. Baik itu dalam bentuk tombol, gambar, ataupun link.

CTA biasanya ditempatkan pada bagian akhir landing page. Jadi, bisa menjadi penutup saat pengunjung sudah membaca semua informasi ataupun penawaran di bagian atas. 

Oh ya, usahakan CTA Anda benar-benar mencolok sehingga pengunjung bisa langsung menemukannya. Misalnya, menggunakan kombinasi font atau warna yang unik.

Yuk, Buat Landing Page Sekarang!

Bagaimana, ternyata landing page berperan penting dalam kesuksesan bisnis Anda, kan? 

Melalui landing page, pengunjung akan lebih mudah melakukan transaksi dan Anda juga lebih mudah dalam mempromosikan sesuatu. Hasilnya, profit Anda berpotensi meningkat banyak.

Namun, sebelum membuat landing page, pastikan Anda mengikuti tips-tips di atas, ya! Tujuannya, agar landing page Anda maksimal dan menarik bagi calon konsumen. 

Bila Anda ada pertanyaan tentang landing page, tak perlu sungkan meninggalkan komentar di bawah ya. Atau Anda juga bisa langsung menghubungi kami melalui halaman Kontak. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog