Apa Itu Hosting? Pengertian, Fungsinya, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian hosting merupakan layanan yang memastikan website bisa ditampilkan melalui internet. Jika Anda sudah membuat website, pasti sudah familiar dengan istilah hosting. Hosting sangat penting untuk website karena saling berhubungan untuk membuat website bisa bekerja. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui pengertian hosting, fungsinya, dan juga jenis-jenisnya.

Apa Itu Hosting?

Apa itu hosting? Hosting merupakan layanan online yang bisa digunakan untuk mengelola data dari suatu website atau aplikasi web. Nantinya data akan ditampilkan kepada para pengguna melalui internet. File yang tersimpan dalam hosting berupa gambar, video, script, email, database, dan aplikasi. Dengan menggunakan hosting bisa membuat website menjadi bekerja sebagaimana mestinya.

Selain itu, hosting dapat dianalogikan. Hosting dianalogikan menjadi tanah dari bangunan sedangkan website merupakan bangunannya. Domain dan internet protocol menjadi alamat dari bangunan tersebut. Fungsi domain memberikan identitas pada website agar sifatnya menjadi tetap unik dan tidak terjadi duplikasi yang tidak diinginkan. Pada hosting menyimpan informasi dan data yang dimiliki oleh website.

Apa Itu Hosting dan Fungsinya

Sudah dijelaskan sebelumnya mengenai apa itu hosting. Hosting merupakan layanan untuk menyimpan data dari suatu website. Ada berbagai fungsi dari hosting yang bisa bermanfaat untuk suatu website. Maka, tak heran jika website dan hosting tidak bisa dipisahkan karena saling berhubungan. Hosting mempunyai banyak manfaat untuk pengembangan website pribadi atau perusahaan.

Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari hosting yang penting untuk diketahui :

  • Membuat Halaman Website

Pengertian hosting dan fungsinya penting diketahui. Fungsi dari hosting yang pertama adalah membuat halaman website. Dengan menggunakan hosting, bisa menyimpan banyak informasi dan dokumen terkait dengan website. Dengan menggunakan paket hosting, halaman website akan bisa ditampilkan pada mesin pencari. Dengan begitu, website akan bisa diakses oleh banyak orang.

  • Menyimpan Data Website

Fungsi dari hosting yang kedua adalah menyimpan data website. Website berisi banyak data yang harus disimpan pada penyimpanan khusus. Data berupa gambar, video, script, database dan lain sebagainya memerlukan penyimpanan khusus. Dengan menggunakan hosting, data-data website tersebut bisa menjadi tersimpan dengan baik dan bisa ditampilkan dengan baik pula pada website.

  • Mengembangkan Situs Jual Beli Online

Fungsi hosting yang ketiga adalah untuk mengembangkan situs jual beli online. Jika Anda ingin membuat suatu website yang berupa toko online maka Anda harus menggunakan hosting. Dengan menggunakan hosting, informasi-informasi akan ditampilkan pada website Anda. Selain itu, situs jual beli online milik Anda akan muncul pada mesin pencari. Pengembangan situs akan menjadi lebih mudah.

  • Membuat Email Profesional

Apa itu hosting dan fungsinya yang selanjutnya adalah untuk membuat email profesional. Dengan menggunakan hosting, Anda bisa membuat email yang profesional. Email yang profesional ini biasanya digunakan oleh perusahaan. Perusahaan bisa memiliki domain email tersendiri sehingga nampak lebih profesional. Kredibilitas perusahaan akan menjadi lebih baik dan lebih meningkat.

  • Melindungi Website Dengan SSL

Fungsi terakhir dari hosting adalah melindungi website dengan SSL. Dengan begitu, website akan menjadi lebih aman. Website akan aman dari serangan virus, malware, dan serangan DDOS atau spam. Dengan menggunakan hosting, website akan menjadi lebih terlindungi. Sehingga, website menjadi lebih aman dan lebih optimal ketika sedang digunakan.

Baca juga: Apa itu domain? Pengertian dan Contoh contohnya

Jenis-Jenis Hosting

Setelah mengetahui banyak fungsi dari hosting, kini Anda akan mengetahui berbagai jenis-jenis hosting. Ada beragam jenis hosting yang tersedia dan bisa digunakan. Jenis hosting ini mempunyai ciri khasnya tersendiri. Dengan menggunakan hosting, website akan bisa digunakan secara optimal. Maka, hosting sangat penting untuk dimiliki oleh website agar bisa digunakan.

Berikut ini adalah jenis-jenis hosting :

  1. Cloud Based Hosting

Cloud based hosting merupakan salah satu paket hosting yang paling banyak digunakan dan diminati. Hal ini disebabkan karena cloud based hosting tidak mempunyai downtime sehingga bisa membuat website menjadi lebih optimal.

Cloud based hosting menggunakan sekelompok server. Sekelompok server tersebut berupa file dan resource yang kemudian direplikasi pada setiap servernya. Ketika salah satu server sibuk, maka secara otomatis trafik situs akan diarahkan menuju server-server lain yang terdapat dalam suatu klaster server.

Kelebihan dari cloud based hosting adalah resource yang tersedia banyak. Selain itu, hosting ini juga dapat menampung traffic yang sangat tinggi. Kemudian, hosting ini juga full managed oleh penyedia hosting. Lalu, Anda tidak perlu pengetahuan teknis yang mendalam untuk menjalankannya.

  1. Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan salah satu jenis hosting lainnya. Hosting ini menarik karena menawarkan kontrol yang maksimal. Sehingga, Anda bisa mengelola website menjadi lebih baik. Penggunaan dari dedicated hosting juga fleksibel. Selain itu, Anda juga akan mampu mengoperasikan antara sistem operasi dengan software yang digunakan.

Kelebihan dari dedicated hosting adalah resource nya yang besar dan mampu menampung traffic yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan data yang sangat banyak pada hosting ini. Sehingga, hosting ini juga disebut sebagai penyimpanan big data. Kemudian, Anda juga memiliki akses root untuk bisa mengatur server. Anda juga bisa bebas memilih sistem operasi yang digunakan. 

  1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan paket hosting yang tradisional. Hosting ini membagi satu server menjadi untuk beberapa pengguna yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dari server. Kelebihan dari shared hosting adalah harganya yang terjangkau. Selain itu juga hosting ini bisa menjalankan website atau blog secara sederhana.

Selain harga yang ekonomis, shared hosting juga dikelola dan dirawat oleh penyedia hosting. Kemudian, shared hosting juga cocok untuk pemula. Fasilitas dari shared hosting juga lengkap. Mulai dari unlimited bandwidth, database, disk space, hingga SSL.

  1. VPS Hosting

Pengertian hosting merupakan layanan yang bisa memberikan keleluasaan untuk website agar bisa diakses. Jenis hosting yang selanjutnya adalah VPS Hosting. VPS merupakan kependekan dari Virtual Private Server. Hosting ini merupakan perpaduan antara dedicated hosting dan cloud based hosting.

Pengguna dapat menggunakan fungsi mirip seperti dedicated server dan harga seperti pada cloud hosting. VPS hosting ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan website dengan traffic yang tinggi. Hosting ini mempunyai banyak sekali kelebihan yang menjadikannya banyak digunakan oleh para pengguna.

Kelebihan dari hosting ini adalah resource tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain. Selain itu, akan bebas melakukan kustomisasi pada server. Kemudian, Anda juga dapat mengelola banyak akun hosting dan bebas memilih sistem operasi. Kelebihan lainnya adalah harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan dedicated server.

  1. WordPress Hosting

Jenis hosting yang terakhir adalah wordpress hosting. WordPress hosting merupakan bentuk lain dari shared hosting yang dirancang untuk para pengguna wordpress. Pada paket ini sudah dilengkapi oleh fitur pre-installed plugin dengan konfigurasi yang optimal. Pada paket ini juga tersedia berbagai fitur tambahan. Pengertian hosting wordpress adalah hosting yang dibuat khusus untuk wordpress.

Buat Website Mu Gratis Hosting di Niagaweb
 

Leave a Comment