Apa itu Blog? Pengertian, Fungsi dan Contoh Contohnya

Pengertian blog adalah sebuah website yang mempunyai konten personal. Bisa dalam bentuk video, artikel, link ke website lain atau foto yang sudah disediakan oleh penulis blog. Jadi apa itu Blog? Pada dasarnya blog ini mempunyai sebuah pemikiran  maupun beberapa penulis dan juga mempunyai urutan posting yang secara kronologis. 

Baik itu konten terbaru ke konten terlama dan untuk saat ini blog mempunyai tampilan dan juga tatanan yang cukup beragam. Hal ini tergantung dari isi blog itu sendiri. Misalnya mulai dari blog dengan beberapa sidebar sampai blog yang hanya mempunyai satu kolom saja.

Apa itu Blog dan strukturnya?

Berdasarkan dari pengertian blog, mempunyai struktur standar yang seharusnya diperhatikan dengan baik supaya Anda dapat mempunyai blog yang sesuai dengan aturan. Berikut ini daftar struktur yang ada di blog di antaranya: 

  • Header

Untuk struktur blog berupa header ini terletak di bagian atas blog yang berisi perihal judul blog, menu blog dan juga deskripsi blog. 

  • Navbar

Elemen navbar pada biasanya terletak di bagian atas header. Sementara fungsinya untuk mempermudah pemilik blog atau editor pada saat mengelola blog nya. Navbar ini tidak akan muncul apabila diakses oleh user selain dari pemilik blog. 

  • Main blog

Pada biasanya main blog ini terletak pada bagian tengah blok dan disinilah tempat dimana postingan blog akan berada di main blog. Terdapat beberapa struktur seperti judul tulisan, tanggal, Nama penulis, dan kolom komentar. Di elemen ini pada biasanya ada popular post dan archive. 

Anda juga bisa menambahkan widget lainnya. Contohnya seperti jam. kalender. dan widget lain yang lebih menarik. Untuk letaknya dapat di sebelah kanan atau sebelah kiri. 

  • Blogfooter 

Struktur yang terakhir ini berada di bagian paling bawah dari blog dan berisi informasi singkat pemilik blog kontak maupun form subscribe untuk diisikan dengan alamat email.

Jenis blog beserta contohnya

Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui pengertian blog dan contohnya. Agar tidak lagi mengalami kesulitan. Seiring dengan perkembangan zaman blog, ternyata tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi saja. Melainkan blog juga bisa dijadikan sebagai alat untuk berbagai macam tujuan. 

Jika blog dijadikan sebagai ladang bisnis yang bisa menghasilkan uang, baik itu uang pribadi maupun uang perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar beberapa jenis blog yang bisa Anda ketahui di antaranya: 

  • Blog Pribadi 

Sejak awal kemunculan blog memang dimanfaatkan untuk memenuhi tujuan pribadi. Seperti pengertian blog yang disinggung di atas bahwa blog bersifat personal, sehingga siapapun bisa menggunakan blog untuk menuliskan cerita pribadinya secara online. 

Tidak mengherankan apabila blog juga seringkali disebut sebagai jurnal online, karena lebih memungkinkan para penggunanya untuk mencatat buku harian ke dalam blog untuk konten. Blog pribadi ini pada biasanya sangat bebas karena tidak terikat dengan aturan tertentu. 

Sementara pemilik blog mempunyai kebebasan dalam menentukan konten seperti apa yang hendak ditulisnya. Bisa menuliskan sebuah cerita liburan, cerita tentang keluarga, sekolah atau kisah asmaranya. Blogger yang telah sukses yaitu seperti Agus Mulyadi dan Raditya Dika.

Bahkan Raditya Dika juga sudah berhasil menerbitkan bukunya berdasarkan dari pengalaman yang ditulis melalui bloggernya. 

  • Blog Profesional 

Penulisan di blog profesional pastinya berbeda dengan blog pribadi, karena untuk blog profesional mempunyai batasan tertentu terhadap konten yang hendak diterbitkan. Pada biasanya blog profesional akan berisi sebuah konten yang bisa menunjukkan profesionalitas pemilik dari blog.

Terutama untuk menunjukan suatu bidang, contohnya Anda ahli dalam bidang CEO maupun Digital marketing, maka dapat mengisi blog profesional dengan konten yang berkaitan CEO dan Digital marketing. Selain itu Anda juga dapat membahas topik-topik yang berhubungan dengan tema tersebut.

Dengan begitu maka pembaca akan benar-benar memahami apa yang Anda tulis. Beberapa contoh blog profesional yang bisa dijadikan sebagai referensi yaitu seperti Niagaweb dan Niagahoster. Untuk kedua blog tersebut sudah berhasil mengumpulkan banyak pengunjung.

Bahkan telah dipercaya sebagai ahli dalam bidang digital marketing SEO maupun pembuat template blog keren. 

  • Blog Bisnis Atau Content Marketing 

Fungsi blog adalah untuk mendatangkan traffic di website perusahaan maupun toko online. Khususnya untuk penggunaan dari blog bisnis atau content marketing ini. Sehingga blog ini tidak hanya digunakan sebagai tujuan pribadi saja. Melainkan juga bisa dimanfaatkan dengan fungsi yang lainnya. 

Alasan mengapa harus menggunakan blog yaitu karena blog dianggap lebih dinamis dan dapat merilis update konten tanpa adanya batasan. Hal ini berbeda dengan website perusahaan maupun toko online yang kontennya berisi informasi produk saja. 

Apabila ingin memanfaatkan blog demi tujuan content marketing maka Anda dapat mendatangkan pengunjung melalui kata kunci yang dicari oleh calon konsumen. Contohnya Anda dapat memiliki toko online tas dan Anda dapat membuat konten blog yang berhubungan dengan tas. 

Misalnya seperti tips merawat tas bahan kanvas maupun tips memilih tas yang cocok dengan fashion. Perlu diingat dengan baik bahwa kebanyakan dari calon konsumen akan mencari informasi produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pembeliannya. 

Sebab itu Anda diharuskan untuk memunculkan hasil pencarian mereka. Cara yang paling efektif agar dapat mendatangkan trafik organic search yaitu dengan menggunakan content marketing atau blog.

Baca juga : Jenis-jenis Website dan Contohnya

Fungsi dan Manfaat Blog 

Setelah mengetahui apa itu blog, kini saatnya Anda mengetahui fungsi dan manfaatnya. Setiap jenis blog mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya:

  • Penghasil Uang 

Untuk blog yang mempunyai kunjungan tinggi pada biasanya bisa bekerjasama dengan layanan iklan yang dimiliki oleh Google tersebut. Langkah kedua Anda dapat memperoleh uang yang berasal dari Endorsement produk. Perusahaan bisa mendatang berdatangan dan mengajak kerjasama. 

Jika Anda merupakan key opinion leader atau pada biasanya merupakan seorang profesional dalam bidang tertentu yang bisa menggerakkan opini pembaca semakin banyak yang mengenal karya tulisan Anda maka akan semakin terbuka pula peluang sebagai jasa freelance. 

Anda bisa membuka jasa freelance sesuai keahlian yang dimiliki. Contohnya dapat copywriting, desain, fotografi, ilustrasi maupun keahlian lain yang sekiranya dibutuhkan oleh banyak orang. Agar dapat menghasilkan uang dari blog maka Anda harus memiliki domain sendiri beserta web hosting. 

Mengapa demikian? Karena jika memiliki domain sendiri maka blog menjadi lebih terpercaya. Di sisi lain peran dari web hosting sangat berguna sebagai penyimpan data-data pada blog Anda. Sehingga pastikan untuk membeli domain serta web hosting Indonesia pada perusahaan yang terbaik. 

  • Sarana Branding 

Secara umum, pengertian blog dan fungsinya tidak hanya sebagai sumber penghasilan saja. Melainkan juga menjadi sarana untuk branding untuk konten-konten yang ada di blog. Dapat juga menjadi portofolio online yang dapat diakses oleh siapapun. 

Termasuk perusahaan yang ingin merekrut Anda. Terlebih lagi rekrutan di era digital ini memang tidak terbatas di CV yang dikirimkan saja. Melainkan juga harus mempunyai jejak digital yang dimiliki. Sebab itulah pentingnya bagi para kalangan anak milenial untuk mengetahui apa itu blog lebih jauh lagi.

  • Bukti Profesionalitas 

Setelah memahami pengertian blog Anda juga harus mengetahui bahwa blog juga bisa dimanfaatkan sebagai petunjuk profesionalitas Anda dalam bidang tertentu. Misalnya Anda profesional dalam bidang marketing maka harus dapat membuat sebuah blog berkaitan dengan marketing sebagai media publikasi. 

Jika sudah selesai menulis artikel maupun cerita maka Anda pastinya berkeinginan orang lain akan membacanya bukan? Untuk blog ini juga dapat dilakukan publikasi jika Anda mengirimkan tulisan pada sebuah media dan tidak ada seleksi. 

 

Jika kemungkinan tulisan yang Anda kirimkan tersebut tidak terbit melalui blog, maka Anda dapat menerbitkan tulisan maupun karya Anda kapanpun.

  • Mengasah Kemampuan Menulis 

Menulis merupakan keahlian yang sangat penting dan bisa dilakukan bagi siapapun. Anda dapat mengasah kemampuan tersebut dengan cara melalui blog. Anda mempunyai kebebasan menulis segala jenis artikel sebanyak-banyaknya hingga kemampuan menulis Anda semakin baik. 

Sering banyak berlatih maka akan lebih terbiasa dalam merangkai kata-kata. Terlebih lagi platform blog paling cocok digunakan untuk berbagai jenis tema. Baik itu dari travelling, parenting, kesehatan kuliner dan masih banyak lagi.

Cara Memperoleh Uang Dari Blog

Jika sudah mengetahui pengertian blog, tidak lengkap rasanya apabila kurang mengetahui bagaimana cara memperoleh uang dari sumber blog. Untuk langkahnya dapat dikatakan susah-susah gampang, karena bagi orang awam kurang mengetahui bagaimana teknik yang perlu dilakukan. 

Sedangkan Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengikuti beberapa jejak berikut ini di antaranya:

  • Meningkatkan Brand Awareness 

Pada langkah pertama Anda harus mengembangkan berbagai artikel dengan proses writing dengan tepat. Cara ini bisa meningkatkan brand awareness pada produk situs Anda. Dengan begitu maka bisa memperoleh dukungan traffic yang jauh lebih tinggi sesuai kampanye bisnis. 

  • Menjadikannya Sebagai Media Publikasi 

Perlu diketahui bahwa blog menjadi media publikasi yang cukup efektif tanpa mengeluarkan biaya mahal. Untuk jenis publikasi ini lebih mengutamakan peningkatan pengunjung dengan cara melalui metode organik search tanpa pemasangan iklan atau penggunaan teknik search engine marketing.

  • Melakukan Riset 

Riset yang dilakukan harus berhubungan dengan kompetitor keyword atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Hal ini wajib dilakukan agar mempermudah dalam hal mencapai traffic sesuai topik bahasan yang hendak dikerjakan. 

Tidak sampai disitu saja pastikan terlebih dahulu bahwa kompetitor blog Anda juga mengetahui out line dan bisa membuat artikel supaya berkualitas dan lebih optimal. 

  • Menentukan Topik 

Penentuan topik perlu dipertimbangkan di awal supaya lebih mempermudah saat perancangan struktur. Untuk topik bisa disesuaikan dengan keahlian dan minat Anda. Setelah itu gunakan struktur konten yang menarik dan baik. 

Tujuannya supaya pembaca tidak mudah merasa bosan dan bisa memahami isi konten yang sedang disajikan.

  • Konsisten 

Tips yang terakhir yaitu harus menerapkan diri sebagai penulis yang konsisten. Artinya bahwa Anda harus rajin mempublish artikel secara kontinu. Cara ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung di halaman blog Anda. 

Tidak sampai disitu saja, ternyata trik ini bisa membantu dalam hal meningkatkan authority pada website. Apabila menggunakan CMS seperti blogspot maupun WordPress maka lebih memudahkan dalam memonitoring serta mengelola artikel yang sedang dibuat.

Pengertian blog dan manfaat pertama dari sebuah blog yaitu dapat dijadikan sebagai sumber penghasil uang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar menghasilkan uang melalui blog.  Demikian artikel mengenai apa itu blog semoga dapat bermanfaat.

Buat Blog Mu Sekarang Gratis SSL di Niagaweb
 

Leave a Comment