3 Tips Menemukan Kata Kunci yang Tepat untuk Iklan Google Adwords Anda

Kata kunci adalah sumber kesuksesan kampanye iklan AdWords Anda!

Kata kunci adalah ujung tombak kesuksesan iklan Anda, maka hati-hatilah untuk menentukan kata kunci yang tepat. Banyak orang yang membuang-buang waktu, kesempatan, dan uangnya dengan memilih kata kunci yang tidak membawa keuntungan apapun karena tidak berhubungan dengan usaha yang dijalankannya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai menyisihkan waktu untuk benar-benar memikirkan hal ini.

Kata kunci jugUntitled-3-03a merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan Quality Score yang bisa membuat cost-per-click lebih rendah. Sebagai contoh, kata kunci yang mengundang CTR (jumlah klik) tinggi dan relevan (dengan landing page dan iklan website tersebut) akan menjadi pertimbangan kualitas website tersebut. Ketika memilih kata kunci, kita tidak boleh terlihat berlebihan menggunakannya. Yang paling penting bukanlah kuantitas atau jumlah, melainkan kualitasnya.

Pikirkan mengenai kata apa yang digunakan oleh pelanggan potensial Anda ketika mencari produk/layanan Anda di mesin pencarian Google. Anda mungkin akan terkejut dengan pola pencarian yang mirip namun bervariasi pada detailnya. Hubungan antara daftar pencarian dan kata kunci harus menjadi pijakan dalam membuat kampanye iklan.

 

1. Temukan kata kunci pilihan

Ada beberapa sumber yang bisa membantu Anda untuk mempelajari kata kunci yang tepat untuk mengiklankan website Anda. Sumber manapun yang menjadi acuan Anda, jangan lupa bahwa kunci utamanya adalah kata apa yang digunakan oleh pembeli potensial Anda untuk mencari produk/layanan yang Anda sediakan dan bagaimana cara mereka menemukannya.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pencarian melalui Google Analytic, masukkan nama produk, layanan, atau nama brand produk Anda. Anda akan menemukan beberapa kata kunci spesifik untuk model atau produk yang Anda sediakan. Pelanggan akan lebih tertarik melakukan transaksi untuk sebuah produk atau layanan yang spesifik. Maka, pilihlah kata kunci yang spesifik dan jangan lupa memasukkan nama brand produk Anda. Kata kunci yang berhasil adalah kata kunci yang bisa memuat nama brand dan produk yang spesifik sekaligus!

Pikirkan kata apa yang digunakan oleh pelanggan potensial Anda ketika mencari produk/layanan Anda di mesin pencarian Google!

Coba posiUntitled-3-02sikan diri Anda menjadi calon pelanggan potensial. Seorang calon pelanggan biasanya akan melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci seperti “jual” atau “beli” yang dikombinasikan dengan nama atau jenis produk/layanan. Contohnya “beli furniture” atau “jual furniture”.

Ketika menentukan kata kunci, berhati-hatilah dengan menggunakan kata kunci yang panjang. Kata kunci yang panjang biasanya lebih murah karena kurang kompetitif. Apa standar yang digunakan sehingga sebuah kata kunci dikatakan telalu panjang? Mudahnya begini, jika kata kunci yang Anda pilih terdiri dari 5 kata atau lebih, maka kata kunci tersebut tidak akan menciptakan lebih banyak hasil pencarian.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Ads dengan Mudah [Terbaru]

2. Mengatur kata kunci

Lakukan pengaturan kata kunci yang spesifik dan lakukan kategorisasi kata kunci sebagai kunci kesuksesan Anda! Proses pengaturan tersebut memang memakan waktu dan memerlukan perencanaan, namun dapat memberikan hasil yang maksimal. Lupakan kelompok iklan yang berisi puluhan kata kunci. Bagaimana kata-kata tersebut bisa mendulang kesuksesan sedangkan sebenarnya Anda memiliki budget harian yang terbatas. Kata kunci dapat dikategorikan dengan beberapa cara.

Untitled-3-01

Tergantung pada strategi yang digunakan, Anda akan menemukan bahwa ada kelompok kata kunci yang berhasil dan ada yang tidak. Anda bisa melakukan pengelompokan dengan membuat satu kelompok dengan kata kunci yang umum dan satu lagi dengan kata kunci yang lebih spesifik lalu lakukan pengamatan.

3. Buang kata kunci yang tidak mengarahkan banyak pencarian

Hapus kata kunci yang tidak menghasilkan impresi!

Kata kunci yang tidak menghasilkan impresi (tidak banyak muncul dalam pencarian) tidak akan membawa Anda pada kesuksesan mendapatkan calon pelanggan baru. Dengan kata lain, kata kunci ini justru merugikan Anda. Solusi yang harus segera Anda lakukan adalah menghapuskan kata kunci-kata kunci yang tidak bermanfaat tersebut dari iklan Google Adwords Anda.

Kami Niagaweb melayani jasa pembuatan website Jogja dan seluruh wilayah Indonesia via online, Jadi bila Anda membutuhkan website untuk menunjang kamapaye iklan Anda bisa langsung menghubungi kami dengan mengeklik tombol di bawah ini.

Buat Website Perusahaan dan Toko Online Sekarang Gratis SSL di Niagaweb
 
0

Share

By About

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Niagaweb Blog